Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak : Mikrotik adalah sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan penggunanya. Mikrotik memiliki fitur VPN atau DDNS Tunel yang berguna untuk monitoring jaringan. Pada penelitian ini, Sistem yang akan dibangun oleh penulis adalah sistem jaringan menggunakan API routeros sebagai voucher management dan monitoring. Dengan memanfaatkan API routeros dapat menghubungkan smartphone yang dapat saling berkomunikasi sehingga mempermudah monitoring jaringan dan payment voucher melalui router mikrotik. Sistem yang akan dibangun oleh penulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Javascript dengan framework React native. Sistem yang akan dibangun oleh penulis menggunakan metode VPN Tunnel sebagai membuka jalur internet protocol sendiri untuk mempermudah administrator dalam mengontrol jaringan jarak jauh melalui aplikasi android. Data yang digunakan diambil dari penelitian terapan terhadap usaha Ruko Queen Kostel. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, sistem jaringan menggunakan API routeros ini mampu melakukan monitoring, membagi bandwidth dan usaha voucher melalui API router mikrotik melalui smartphone berbasis android, melakukan payment gateway melalui aplikasi telegram serta Server dapat melakukan perhitungan besar kapasitas pengaksesan internet, perhitungan pendapatan keuangan secara tepat dan akurat.

Kata kunci : Mikrotik, API (Application Program Interface), Voucher,VPN Tunnel, RouterOS API Class.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Assyahid Hasan Albana, Universitas Bengkulu

Program Studi Infomatika, Fakultas Teknik

Ernawati Ernawati, Universitas Bengkulu

Program Studi Infomatika, Fakultas Teknik

Funny Farady Coastera

Program Studi Infomatika, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Albana, A. H., Ernawati, E., & Coastera, F. F. (2020). Sistem Informasi Monitoring User Manager dan Voucher Payment Mikrotik Router Melalui Routeros Api Class Berbasis Web Mobile (Studi Kasus: Ruko Queenkostel Kota Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 8(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v8i2.11521

Referensi

  1. A. M. Law and W. D. Kelton, Simulation modeling and analysis, McGraw-Hill: International, 1991.
  2. R. Knight, "Quantitative Genetics, Statistics and Plant breeding," in Plant Breeding, Brisbane, Australia Vice Consellors Comite, 1979, pp. 41-78.
  3. W. E. Lewis, Software Testing and Continuous Quality Improvement Second Edition, United States of America: AUERBACH PUBLICATIONS, 2005.
  4. Manurung.P, "Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa Dendan Metode AHP dan Topsis," Universitas Sumatra Utara, 2010.
  5. E. Ardianto, K. Lukiati and K. Siti , Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2004.
  6. R. Agustina, M. Z. Yusuf, I. Purnama and M. N. Anwar, "Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik OS dan The Dude," Jurnal Teknologi, vol. 6, no. 2, pp. 108-201, 2013.
  7. M. Michelsen, M. Lapkin and M. Thompson, "Money transfer notification systems and methods.," Patent Application Publication, no. 10, p. 201, 2005.
  8. A. Iriawan, "MikroTik User Meeting," 1 November 2013. [Online]. Available: https://mum.mikrotik.com//presentations/ID13/agus.pdf. [Accessed 26 Desember 2019].
  9. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.