Isi Artikel Utama

Abstrak

Candi merupakan bangunan kuno sebagai bukti nyata teknologi masyarakat zaman dahulu yang mampu membuat bangunan kuat dari bebatuan yang megah, tinggi, dan kokoh. Kunjungan wisatawan ke candi sangat sedikit dan candi-candi di Yogyakarta masih belum banyak diketahui oleh wisatawan sehingga perlu dibuat sistem pencarian informasi wisata candi di Yogyakarta dengan bahasa alami berbasis aturan produksi agar wisatawan dapat mencari informasi dengan efektif. Sistem yang dibuat memiliki tujuan agar dapat memberikan kemudahan kepada wisatawan dalam mencari informasi mengenai candi di Yogyakarta.

Penelitian ini menggunakan metode aturan produksi yang digunakan untuk mengenali bahasa manusia yang diimplementasikan kedalam sistem pencarian sehingga mendapatkan hasil berupa kalimat atau kata yang dimengerti oleh sistem dan manusia. Sistem pencarian memberikan kemudahan dalam mencari informasi wisata candi di Yogyakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan studi pustaka. Tahap pengembangan sistem meliputi perancangan proses, aturan produksi, basis data, dan antar muka sistem. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan sistem ini meliputi bahasa PHP dengan framework codeigniter. Pengujian penelitian menggunakan metode Recall dan Precision oleh pengelolh candi di Yogyakarta.

Penelitian yang dilakukan menghasilkan sistem pencarian informsi wisata candi dengan bahasa alami berbasis aturan produksi dengan kemampuan dapat memberikan informasi candi di Yogyakarta dengan kata kunci berupa kata dan kalimat. Pengujian menggunakan Recall didapatkan nilai 100% dari ketepatan data yang diambil dari sistem yang diuji. Pengujian Precision mendapatkan nilai 86% dari ketepatan data yang diambil dari sistem yang diuji. Pengujian aturan produksi mendapatkan hasil 100% dari ketepatan data yang diuji pada sistem. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem yang dibuat layak untuk digunakan oleh wisatawan sebagai sarana dalam mencari informasi candi di Yogyakarat.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Freddy Alpino, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri

Dewi Soyusiawaty, Universitas Ahmad Dahlan

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri

Cara Mengutip
Alpino, F., & Soyusiawaty, D. (2020). Pencarian Informasi Wisata Candi Di Yogyakarta Dengan Bahasa Alami Berbasis Aturan Produksi. Rekursif: Jurnal Informatika, 8(2). https://doi.org/10.33369/rekursif.v8i2.12874

Referensi

  1. Artbanu Wishnu Aji, S.Sn., M. . (2018). Candi-Candi di Jawa Tengah dan Yogyakarta.
  2. Hasanah, N. (2017). Sistem Pencarian Skripsi Berbasis Information Retrieval Di FASTIKOM UNSIQ, 105- 113.
  3. Bunyamin, H. (2005). Algoritma Umum Pencarian Informasi Dalam Sistem Temu Kembali Informasi Berbasis Metode Vektorisasi Kata dan Dokumen, 85-91.
  4. Raharjo, S., & Sri, H. (2014). Antarmuka Bahasa Alami Untuk Melakukan Query Terhadap Terjemahan Al- Quran, 12-19.
  5. Andayani, S. (2006). Penyusunan Aturan Produksi Bahasa Pengganti Query Untuk Basis Data Matakuliah Program Studi Matematika FMIPA UNY.
  6. Djohan, A. D. (2017). Aplikasi Pohon Pengurai pada Natural Language Processing.
  7. Karter D. Putung, Arie , L., & Agustinus, J. (2016). Penerapan Sistem Temu Kembali Informasi Pada Kumpulan Dokumen Skripsi.
  8. Wangsanegara, N. K., & Subaeki, B. (2015). Implementasi Natural Language Processing Dalam Pengukuran Ketepatan Ejaan Yang Disempurnakan (Eyd ) Pada Abstrak Skripsi Menggunakan Algoritma Fuzzy Logic.
  9. B Very Christioko, A. F. (2018). Sistem Temu Kembali Informasi Untuk Pencarian Judul Tugas Akhir Berbasis Kata Kunci, 41-49.