Isi Artikel Utama

Abstrak

Sekolah Menengah Atas (SMA) Merupakan salah satu dari penyelenggara pendidikan berbasis umum. SMAN  9 Kaur merupakan sekolah menengah atas yang masih termasuk sekolah baru di kabupaten kaur. Pada saat ini di SMAN 9 Kaur belum memiliki koneksi internet, oleh karena itu kepala sekolah SMAN 9 Kaur berencana untuk menyediakan fasilitas internet untuk menunjang kelancaran administrasi dan proses belajar mengajar di sekolah tersebut sekolah tersebut membutuhkan rancangan jaringan komputer. VLAN merupakan suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, hal ini mengakibatkan suatu network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation. Mikrotik merupakan sebuah perusahaan pembuatan perangkat keras dengan merek RouterBoard, RouterBoard terus mengembangkan desain baru dengan menggunakan sistem operasi RouterOS.

Kata kunci:  Mikrotik RouterBoard, VLAN,  workstation, RouterOS

 

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Rio Nando, Universitas Bengkulu

Informatika, Fakultas Teknik

Aan Erlansari, Universitas Bengkulu

Informatika, Fakultas Teknik

Funny Farady Coastera, Universitas Bengkulu

Informatika, Fakultas Teknik
Cara Mengutip
Nando, R., Erlansari, A., & Coastera, F. F. (2021). Analisis Dan Perancangan Jaringan Komputer Berbasis Virtual Local Area Network (VLAN) Menggunakan Router Mikrotik (Studi Kasus SMAN 9 Kaur). Rekursif: Jurnal Informatika, 9(2), 165–171. https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i2.15961

Referensi

  1. Andi Supriyadi, D. G. (2007). MEMILIH TOPOLOGI JARINGAN DAN HARDWARE. Informatika Pertanian , 6.
  2. Discher, S. R. (2011). Understanding MikroTik RouterOS. texas..
  3. Fatriawans, R. (2010). Pengertian dan Fungsi Gatway. Fakultas Komputer, 2.
  4. Hidayat, A. (2018). Perancangan Virtual Local Area Network (VLAN) Pada Lab Komputer D-III Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro). Konferensi Nasional Sistem Informasi 2018 STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 8 – 9 Maret 2018 , 1-7.
  5. Micro, A. (2012). In dasar dasar jaringan komputer (p. 10). Banjar Baru: www.andimicro.com.
  6. O'Brien, M. (2011). Equality and fairness: Linking social justice and social work practice. Journal of Social Work.
  7. Saliu, A. M., Kolo, M. I., & Muhammad, M. K. (2013). Internet authentication and billing (hotspot) system using. International Journal of Wireless Communications and Mobile Computing, 53.