Isi Artikel Utama

Abstrak

Edukasi terhadap anak mengenai pendidikan seksual dan cara melindungi diri dari kekerasan seksual harus diintegrasikan ke dalam sektor pendidikan, karena pendidikan menjadi faktor utama dalam menunjang tingkat pemahaman anak terhadap edukasi seksual. Menggunakan teknologi smartphone sebagai media edukasi seksual untuk anak  merupakan pilihan alternatif media edukasi yang dapat menunjang proses edukasi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi smartphone sebagai media edukasi seksual untuk anak dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan serta mengetahui ada tidaknya pengaruh aplikasi ini terhadap aspek pemahaman cara melindungi diri dari kekerasan seksual. Aplikasi ini menyediakan interaksi  dari media video animasi dan materi-materi edukasi yang dapat menunjang pembelajaran mengenai edukasi seksual anak dan cara melindungi diri dari kekerasan seksual, aplikasi ini juga menyediakan kuis evaluasi pembelajaran. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, hasil pre-tes dan post-tes t_tabel = 1,990 dan nilai t = -4,72 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, menunjukkan bahwa Pengembangan Media Interaktif Sexual Education For Children Berbasis Android Sebagai Bekal Perlindungan Diri Dari Sexual Abuse berpengaruh terhadap aspek pemahaman anak mengenai pembelajaran melindungi diri dari kejahatan seksual. Hasil yang diperoleh dari uji kelayakan aplikasi termasuk dalam kategori “SANGAT BAIK” dengan rata-rata persentase pengoperasian aplikasi sebesar 76,25%, tampilan 47% dan isi tampilan 65,63%.

Kata Kunci

Anak Android Edukasi Seksual Kekerasan Seksual Media Edukasi.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Desi Andreswari, Universitas Bengkulu

Program Studi Informatika, Fakultas Teknik

Nurmukaromatis Saleha, Universitas Bengkulu

Program Studi D3 Keperawatan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Cara Mengutip
Satriawan, N., Andreswari, D., & Saleha, N. (2022). Pengembangan Media Interaktif Sexual Education For Children berbasis Android Sebagai Bekal Perlindungan Diri Dari Sexual Abuse. Rekursif: Jurnal Informatika, 10(2), 107–121. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/rekursif/article/view/23219

Referensi

  1. I. Paramastri dan M. A. Priyanto, “Early Prevention Toward Sexual Abuse on Children,” J. Psikol., vol. 37, no. 1, hal. 1–12, 2015, doi: 10.22146/jpsi.7688.
  2. A. Hurairah, Kekerasan Terhadap Anak. Bandung: Nuansa Press, 2012.
  3. R. Justicia, “Program Underwear Rules Untuk Mencegah Universitas Pendidikan Indonesia Masa dini sering penyerapan informasi yang sangat proses Komnas tersebut jauh melebihi kenyataannya,” J. Pendidik. Usia Dini, vol. 9, no. 2, hal. 217–232, 2016.
  4. L. Counterwood dan D. Kirkwood, “Understanding Healthy sexuality development in young children,” Dimens. Early Child., vol. 8, no. 2, hal. 4–5, 2013.
  5. E. Lestari dan J. Prasetyo, Peran Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seks Sedini Mungkin Di Tk Mardisiwi Desa Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. NUGROHO, 2014.
  6. H. Coleman dan G. Charles, “Sexual Development and Behavior in Young Children,” NCTSN, 2009, [Daring]. Tersedia pada: https://www.nctsn.org/sites/default/files/resources/sexual_development_and_behavior_in_children.pdf.
  7. A. Sadiman dan R. Rahardjo, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.
  8. A. Suhandi, P. Sinaga, I. Kaniawati, dan E. Suhendi, “Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual Pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Meminimalkan Miskonsepsi,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 12, no. 1, hal. 48, 2008, doi: 10.18269/jpmipa.v12i1.317.
  9. T. W. A. Sutjiono, “Pendayagunaan Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Penabur, vol. 7, no. 04, hal. 76–84, 2005.
  10. M. Nawita, Bunda, Seks itu apa. Bandung: Yrama Widya, 2013.
  11. D. Finkelhor, H. Hammer, dan A. J. Sedlak, Sexually Assaulted Children: National Estimates and Characteristics. Journal Juvenile Justice Bulletin, 2008.
  12. N. Safaat, Android; Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.
  13. B. Sutesyo, Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: Rineka Aditama, 2010.
  14. H. Sugiarto, “Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. Vol.3 No.1, no. 1, hal. 26–31, 2018.
  15. R. Sadewa, D. Andreswari, dan A. Erlansari, “Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Bencana Tanah Longsor untuk Siswa Sekolah Dasar,” Rekursif J. …, vol. 7, no. 2, hal. 187–193, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/article/view/9025.