Keefektifan Penggunaan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Lubuklinggau

Authors

  • Sri Murti STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia pada mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development model Borg and Gall. Penelitian ini akan dilaksanakan di STKIP PGRI Lubuklinggau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar kelas A, B, C, D, dan E. Sampel penelitiannya terdiri dari 1 kelas yang diambil secara acak yaitu kelas 1B dengan jumlah mahasiswa sebanyak 37 Mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara,  kuesioner, dan tes. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia melalui tiga tahap, yaitu tahap menganalisis, tahap mengembangkan, serta tahap evaluasi dan revisi. Adapun hasil validasi ketiga ahli mengenai bahan ajar Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia berada pada komponen kelayakan kategori baik dari kebahasaan, desain grafis, dan materi. Berdasarkan hasil angket uji coba lapangan, dapat disimpulkan bahwa respons mahasiswa terhadap bahan ajar Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sangat positif dengan persentase 87,80%. Dengan demikian, bahan ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia efektif digunakan dalam proses perkuliahan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklingau.

Kata kunci: keefektifan, bahan ajar, konsep dasar bahasa dan sastra Indonesia

Author Biography

Sri Murti, STKIP PGRI Lubuklinggau

Dosen STKIP PGRI Lubuklinggau

References

Amri, S. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ansyar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Asyani, Y. S. (2017). Efektivitas Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 1(1). doi:10.35194/alinea.v1i1.86

Muslich, M. (2009). Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4), 6631.

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, http://repository.unib.ac.id/11133/

Simarmata, M. Y., & Agustina, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kesantunan Tindak Tutur Imperatif Bahasa Melayu Pontianak. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 173–183. doi:10.15408/dialektika.v6i2.8504

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, S. (2019). Bahan Ajar Matakuliah Bahasa Indonesia untuk Jurusan Ilmu Hukum. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 15(2). doi:10.25134/fjpbsi.v15i2.2161

Supriyati, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Monolog Teks Recount dengan Metode Demonstrasi Media Picture Series. Academy of Education Journal, 10(02), 122–130. doi:10.47200/aoej.v10i02.275

Published

2020-10-21