Respons Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau terhadap Bahan Ajar Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kontekstual

Authors

  • Dian Ramadan Lazuardi STKIP PGRI Lubuklinggau

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan respons mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau terhadap bahan ajar Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yaitu dengan tahap deskripsi, tahap klasifikasi, tahap analisis, interpretasi data, evaluasi, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui  bahwa respons mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Lubuklinggau terhadap bahan ajar Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia positif dengan persentase rata-rata 71,88%. Kemudian, bahan ajar Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia dapat memotivasi kegiatan pembelajaran dan layak untuk digunakan.

Kata kunci: respons, bahan ajar, konsep dasar bahasa dan sastra Indonesia, berbasis kontekstual

Author Biography

Dian Ramadan Lazuardi, STKIP PGRI Lubuklinggau

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Lubuklinggau

References

Johnson, Elaine B. (2014). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Media Utama (MMU).

Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Murti, S., & Lazuardi, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Kontekstual STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(1), 1-16. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i1.972

Noermanzah, N. (2015). Peran Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Mempertahankan Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Era Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa 2015. Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, p. 282. http://repository.unib.ac.id/11133/

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 307, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/11151/5537

Noermanzah, N. N. (2017). Plot in a Collection of Short Stories “Sakinah Bersamamu” Works of Asma Nadia with Feminimism Analysis. Humanus, 16(1), 28. doi:10.24036/jh.v16i1.7015

Nugroho, A., & Fitri, L. (2018). Respons Siswa SMP Negeri se-Kota Lubuklinggau terhadap Bahan Ajar Cerita Rakyat Lubuklingau. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(1), 116-137. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i1.11

Nugroho, A., Lazuardi, D. R., & Murti, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar LKS Menulis Pantun Berbasis Kearifan Lokal Siswa Kelas Vii Smp Xaverius Tugumulyo. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 3. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.1-12

Prastowo, A. (2011). Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Satinem, S., Juwati, J., & Noermanzah, N. (2020). Developing Teaching Material of Poetry Appreciation Based on Students Competency Analysis. English Review: Journal of English Education, 8(2), 237. doi:10.25134/erjee.v8i2.2707

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Zelika, Z., Satinem, Y., & Lazuardi, D. R. (2020). Pengembangan Model Bahan Ajar Merancang Karya Ilmiah Berbasis Kontekstual. LITERATUR: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 1(1), 51, https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/LITERATUR/article/view/1537

Published

2020-10-21