Metode Sugestopedia sebagai Alternatif Pembelajaran Retorika di Perguruan Tinggi
Abstract
Pembelajaran keterampilan retorika di perguruan tinggi hendaknya menjadi fokus tersendiri, sebab kemampuan retorika yang baik harus dimiliki oleh setiap mahasiswa, karena hal ini menjadi salah satu modal dasar mereka ketka mengabdikan diri di masyarakat nantinya. Tanpa kemampuan retorika yang baik, mustahil mereka bisa mentransformasikan pengetahuan, ide, gagasan, dan perasaan kepada orang lain. Penggunaan metode sugestopedia dalam pembelajaran retorika ini, akan menjadikan sebuah pembelajaran yang bermakna. Penelitian yang pernah penulis lakukan menjadi modal dasar penulis untuk mengajak tenaga pendidik menggunakan metode sugestopedia dalam pembelajaran berbahasa khususnya pembelajaran retorika dalam berbicara. Berdasarkan hasil penelitian pada yang pernah penulis lakukan, metode sugestopedia dapat dijadikan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan beretorika mahasiswa karena dengan metode sugestopedia mahasiswa akan lebih aktif dan semangat dalam belajar karena diberikan rangsangan positif melalui penciptaan suasana yang menyenangkan dan adanya iringan musik yang membawa mahasiswa pada pembelajaran berbasis kontekstual.
Kata kunci: metode sugestopedia, pembelajaran retorika, perguruan tinggi
References
Fauziya & Saefuloh, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Sugestopedia dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Jamblang. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 59-60. doi:10.24235/ibtikar.v7i1.3067
Imran, A. A. (2015) Retorika Bahasa Indonesia. https://blogmateri.wordpress.com/2015/02/12/makalah-retorika-bahasa-indonesia/
Kurniawan, R., & Kartini, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Menggunakan Metode Sugestopedia pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. ESTETIK?: Jurnal Bahasa Indonesia, 2(1), 33-34. doi:10.29240/estetik.v2i01.892
Lasmiyanti, A., Sarwono, S., & Gumono, G. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Cerita Rakyat Musi Rawas Siswa Kelas VIII SMP Negeri Pedang. Diksa?: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 52–53. doi:10.33369/diksa.v5i1.9443
Nababan, S. U. S. (1993). Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pusataka Utama.
Noermanzah, Emzir, & Lustyantie, N. (2018). President Joko Widodo’s Rhetorical Technique of Arguing in the Presidential Speeches of the Reform Era. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 7(5), 118. doi:10.7575/aiac.ijalel.v.7n.5p.117
Noermanzah, N., Emzir, E., & Lustyantie, N. (2017). Variety of Rhetorics in Political Speech President of the Republic of Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono and Joko Widodo in Educational Field. Humanus, 16(2), 221-222. doi:10.24036/humanus.v16i2.8103
Rakhmat, J. (2009). Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saputri, R., Satinem, S., & Murti, S. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMP Ar-Risalah Lubuklinggau. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(1), 124–125. doi:10.31540/silamparibisa.v3i1.933
Tarigan, H. G. (2009). Metode Pengajaran Bahasa. Bandung: Angkasa Bandung.