Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Dear Nathan Karya Erisca Febriani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pendidikan karakter tokoh utama dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani. Penelitian ini menggunakan teori pendidikan karakter, unsur-unsur karakter, dan nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian ini memperlihatkan ada beberapa nilai pendidikan karakter antara lain nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, cinta damai, tanggung jawab, gemar membaca, peduli sosial. Dari nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama yang ada, nilai paling dominan adalah nilai tanggung jawab dan nilai pesahabatan. Hal ini diharapkan memberikan pandangan kepada para pembaca tentang karakter tokoh utama dalam novel Dear Nathan karya Erisca Febriani.
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Tokoh Utama, NovelReferences
Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter Konsep dan Implikasi. Bandung: Alfabeta.
Mu’in, F. (2016). Pendidikan Karakter, Konstruksi Teoretik dan Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Noermanzah & Friantary, H. (2019). Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(4). 6631.
Noermanzah, N. (2017). Plot in a Collection of Short Stories “Sakinah Bersamamu” Works of Asma Nadia with Feminimism Analysis. Humanus, 16(1), 28. doi:10.24036/jh.v16i1.7015
Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.