Main Article Content

Abstract

Saat ini gaya hidup masyarakat khususnya generasi X mengalami perubahan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi di era digital. Hal ini terlihat pada sistem pembayaran dari era tradisional hingga era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu utama adopsi mobile banking generasi X di Indonesia dengan teori Technology Acceptance Model 2 (TAM 2), yang diperluas dengan menambahkan konstruk norma subjektif dan kepercayaan. Penelitian ini mengadaptasi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei untuk proses pengumpulan datanya. Sampel penelitiannya adalah generasi X di Indonesia yang menggunakan mobile banking. Lembar kuesioner yang digunakan berupa link dan barcode disebar secara acak melalui media sosial. Sampel penelitian yang dikumpulkan sebanyak 224 responden. Metode analisis data menggunakan PLS-SEM untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil penelitian adalah persepsi kemudahan penggunaan dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap niat berperilaku. Sedangkan persepsi manfaat dan norma subjektif tidak berpengaruh positif signifikan terhadap niat berperilaku. Di sisi lain, persepsi kemudahan penggunaan juga berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi kegunaan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa niat berperilaku memiliki dampak positif yang signifikan terhadap penggunaan aktual. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan aplikasi mobile banking untuk generasi X di Indonesia.

Keywords

Celebrity Endorser Brand Image Purchasing Decision : Celebrity Endorser Brand Image Purchasing Decision

Article Details

Author Biography

Daniel Edy Susanto, Magister Manajemen, Universitas Bengkulu

Publon ID: 2977047

Scopus ID: 56938576500

Google Scholar: RRcl-dUAAAAJ

 

How to Cite
Susanto, D. E., Kamaludin, Hadi, E. D., Hayu, R. S., & Usman, B. (2023). Analisis Penggunaan Mobile Banking Oleh Generasi X Di Indonesia. Student Journal of Business and Management, 6(2), 135–144. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/sjbm/article/view/33454

References

  1. Afifah, Anis, Sri Wahyuni, Mukhamad Zulianto (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan
  2. Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Produk Kosmetik Wardah (Studi
  3. Kasus Pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016-2019 Universitas Jember). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, Vol. 16 No.1. Agustin Assa, Sudarwati, Siti Maryam (2021). Purchase Decision Based On The Brand
  4. Image, Product Design And Lifestyle On Converse Shoes In Surakarta. International
  5. Journal Of Economics, Business And Accounting Research (Ijebar), Peer Reviewed –
  6. International Journal Vol-5, Issue-1, 2021 (Ijebar). E-Issn: 2614-1280 P-Issn 2622- 4771. Anas Ahmad Aulia dan Sudarwanto Tri (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap
  7. Keputusan Pembelian Di EigerStore Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata
  8. Niaga (JPTN) Vol. 8 No.3. Angelyn, and Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase
  9. Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of
  10. Review Management Business and Enterpreneurship (RMBE), 1(1), 2797–9237. Aysegul, Ermec Sertoglu, Ozlem Catli And Sezer Korkmaz, (2014). Examining The Effect
  11. Of Endorser Credibility On The Consumers' Buying Intentions: An Empirical Study In
  12. Turkey. International Journal Of Management And Marketing. 4(1): H:66-77. Bimal Anjum, Dr, Sukhwinder Kaur Dhanda And Sumeet Nagra, (2012). Impact Of Celebrity
  13. Endorsed Advertisiments On Consumers. Asia Pacific Journal Of Marketing &
  14. Management Review. 1 (2): H: 22-33. Damanik, Bidan Tringani. (2011). Persepsi Remaja Putri Di Kota Ambon Tentang Resiko
  15. Terpapar Kosmetik Berbahaya Dan Perilakunya Dalam Memilih Dan Menggunakan
  16. Kosmetik. Berita Kedokteran Masyarakat (Online), Vol. 27, No. 1. Fitriani Aulia dan Ahmad Gusti Noorlitaria (2021). The Effect Of Brand Identification And
  17. Brand Image On Brand Love And Brand Loyalty On Iphone Smartphone Product Users
  18. In Samarinda. International Journal of Economics, Business and Accounting Research
  19. (IJEBAR)Peer Reviewed – International JournalVol-5, Issue-2. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21
  20. Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Istikhomah Ika Dan Mawarti Fithri Setya (2021). Purchase Decision In View Of Brand Image, Product Quality, And Promotion. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Volume 5, No. 1. Karamoy Tiffany Sayako (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap
  21. Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline Di Kota Manado. Bata Ilyas Educational
  22. Management Review. Volume 2, Issue 1. Kolinug Mawar S. Lisbeth Mananek, Jeffry L.A. Tampenawas (2021). Pengaruh Brand
  23. Ambassador Dan Brand Image Terhadap KeputusanPembelian Kosmetik Revlon
  24. s3(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal Emba Vol. 10 No. 3. Rachbini Widarto (2018). The Influence of Celebrity Endorsements on Purchase Intention (A
  25. Study on VIVO V7). IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), Vo. 20
  26. Issue 8. Ramadhani Ira, Nadya Prameswara Samofa (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand
  27. Image Terhadap KeputusanPembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi
  28. Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA). ISSN: 2776-1177. Rosita Dewi dan Novitaningtyas Ivo (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image
  29. Terhadap KeputusanPembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. urnal
  30. Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia. Volume 04, Nomor 04.
  31. Student Journal of Business and Management 10
  32. A mSuryaningrum, Irma dan Sumitro (2018). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand
  33. Attachment, Brand Trust, terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi Kasus
  34. Mahasiswi Institut Stiami Cempaka Putih). Jurnal Manajemen STEI Vol. 01 No. 0. Upadana, M. wahyu K., dan Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi
  35. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal
  36. Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. Wabang Nafira Damaris, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi (2023). Pengaruh Celebrity
  37. Endorser Dan Brand ImageTerhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over
  38. DiKota Singaraja.Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 5 No. 1

Most read articles by the same author(s)