Main Article Content

Abstract

Saat ini gaya hidup masyarakat khususnya generasi X mengalami perubahan seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi di era digital. Hal ini terlihat pada sistem pembayaran dari era tradisional hingga era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu utama adopsi mobile banking generasi X di Indonesia dengan teori Technology Acceptance Model 2 (TAM 2), yang diperluas dengan menambahkan konstruk norma subjektif dan kepercayaan. Penelitian ini mengadaptasi pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei untuk proses pengumpulan datanya. Sampel penelitiannya adalah generasi X di Indonesia yang menggunakan mobile banking. Lembar kuesioner yang digunakan berupa link dan barcode disebar secara acak melalui media sosial. Sampel penelitian yang dikumpulkan sebanyak 224 responden. Metode analisis data menggunakan PLS-SEM untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil penelitian adalah persepsi kemudahan penggunaan dan kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap niat berperilaku. Sedangkan persepsi manfaat dan norma subjektif tidak berpengaruh positif signifikan terhadap niat berperilaku. Di sisi lain, persepsi kemudahan penggunaan juga berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi kegunaan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa niat berperilaku memiliki dampak positif yang signifikan terhadap penggunaan aktual. Temuan penelitian ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan aplikasi mobile banking untuk generasi X di Indonesia.

Article Details

How to Cite
Analisis Penggunaan Mobile Banking Oleh Generasi X Di Indonesia. (2023). Student Journal of Business and Management, 6(2), 135–144. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/sjbm/article/view/33454

References

    Afifah, Anis, Sri Wahyuni, Mukhamad Zulianto (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan
    Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Produk Kosmetik Wardah (Studi
    Kasus Pada Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016-2019 Universitas Jember). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, Vol. 16 No.1. Agustin Assa, Sudarwati, Siti Maryam (2021). Purchase Decision Based On The Brand
    Image, Product Design And Lifestyle On Converse Shoes In Surakarta. International
    Journal Of Economics, Business And Accounting Research (Ijebar), Peer Reviewed –
    International Journal Vol-5, Issue-1, 2021 (Ijebar). E-Issn: 2614-1280 P-Issn 2622- 4771. Anas Ahmad Aulia dan Sudarwanto Tri (2020). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap
    Keputusan Pembelian Di EigerStore Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata
    Niaga (JPTN) Vol. 8 No.3. Angelyn, and Kodrat, D. S. (2021). The Effect of Social Media Marketing on Purchase
    Decision with Brand Awareness as Mediation on Haroo Table. International Journal of
    Review Management Business and Enterpreneurship (RMBE), 1(1), 2797–9237. Aysegul, Ermec Sertoglu, Ozlem Catli And Sezer Korkmaz, (2014). Examining The Effect
    Of Endorser Credibility On The Consumers' Buying Intentions: An Empirical Study In
    Turkey. International Journal Of Management And Marketing. 4(1): H:66-77. Bimal Anjum, Dr, Sukhwinder Kaur Dhanda And Sumeet Nagra, (2012). Impact Of Celebrity
    Endorsed Advertisiments On Consumers. Asia Pacific Journal Of Marketing &
    Management Review. 1 (2): H: 22-33. Damanik, Bidan Tringani. (2011). Persepsi Remaja Putri Di Kota Ambon Tentang Resiko
    Terpapar Kosmetik Berbahaya Dan Perilakunya Dalam Memilih Dan Menggunakan
    Kosmetik. Berita Kedokteran Masyarakat (Online), Vol. 27, No. 1. Fitriani Aulia dan Ahmad Gusti Noorlitaria (2021). The Effect Of Brand Identification And
    Brand Image On Brand Love And Brand Loyalty On Iphone Smartphone Product Users
    In Samarinda. International Journal of Economics, Business and Accounting Research
    (IJEBAR)Peer Reviewed – International JournalVol-5, Issue-2. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21
    Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Istikhomah Ika Dan Mawarti Fithri Setya (2021). Purchase Decision In View Of Brand Image, Product Quality, And Promotion. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Volume 5, No. 1. Karamoy Tiffany Sayako (2022). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap
    Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline Di Kota Manado. Bata Ilyas Educational
    Management Review. Volume 2, Issue 1. Kolinug Mawar S. Lisbeth Mananek, Jeffry L.A. Tampenawas (2021). Pengaruh Brand
    Ambassador Dan Brand Image Terhadap KeputusanPembelian Kosmetik Revlon
    s3(Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal Emba Vol. 10 No. 3. Rachbini Widarto (2018). The Influence of Celebrity Endorsements on Purchase Intention (A
    Study on VIVO V7). IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), Vo. 20
    Issue 8. Ramadhani Ira, Nadya Prameswara Samofa (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand
    Image Terhadap KeputusanPembelian Fesyen Muslim Hijup. Prosiding Konferensi
    Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA). ISSN: 2776-1177. Rosita Dewi dan Novitaningtyas Ivo (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image
    Terhadap KeputusanPembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa. urnal
    Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia. Volume 04, Nomor 04.
    Student Journal of Business and Management 10
    A mSuryaningrum, Irma dan Sumitro (2018). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand
    Attachment, Brand Trust, terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah (Studi Kasus
    Mahasiswi Institut Stiami Cempaka Putih). Jurnal Manajemen STEI Vol. 01 No. 0. Upadana, M. wahyu K., dan Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi
    Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal
    Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1921. Wabang Nafira Damaris, Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi (2023). Pengaruh Celebrity
    Endorser Dan Brand ImageTerhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over
    DiKota Singaraja.Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 5 No. 1