Isi Artikel Utama
Abstrak
PDAM Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu sebagai perusahaan daerah yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan air bersih di wilayah perkotaan memiliki peran penting. Sesuai dengan hal tersebut, tentunya PDAM harus menjaga kinerja karyawannya agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal. Kinerja merupakan tingkat baik buruknya hasil kerja yang diberikan oleh seseorang dan jumlah hasil kerja yang diberikan oleh seseorang dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai seorang pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh personal values, knowledge sharing terhadap kinerja yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian yaitu desain survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PDAM Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu. Penelitian ini memiliki 48 pernyataan yang diberikan kepada responden. Jumlah responden dalam penelitian ini yang diolah sebanyak 245 responden. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa personal value berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, personal value berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, knowledge sharing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, kepuasan kerja memediasi pengaruh personal value terhadap kinerja karyawan, dan kepuasan kerja memediasi pengaruh knowledge sharing terhadap kinerja karyawan.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Muhaimin Naim, Praningrum Praningrum

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Burhanudin, W. R. (2012). Pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Makassar.
George, J. M. (2012). Understanding and managing organizational behavior (6th ed). Pearson Education.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (edisi 7). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hau, P. N., dan Thuy, L. N. (2010). Service personal values and customer loyalty. International Journal of Bank Marketing, 28(6), 465-478.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Dan Praktik). PT Raja Grafindo Persada.
Kaygin, E., & Gulluce, C. (2013). The relationship between career choice and individual values: A case study of a Turkish University. International Journal of Humanities and Social Science, 3(3), 119-134.
Lumbantobing, Paul. (2011). Manajemen Knowledge Sharing Berbasis Komunitas. Knowledge Management Society Indonesia.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Manajemen sumber daya manusia perusaahaan. PT Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.
Moeheriono, (2012), Indikator Kinerja Utama (IKU): Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan. Rajawali Pers.
Rismawati, & Mattalata. (2018). Evaluasi kinerja: Penilaian kinerja atas dasar prestasi kerja berorientasi kedepan). Celebes Media Perkasa.
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Peursahaan dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo.
Robbins (2016) Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Penerbit Gaya Media.
Schwartz, S. H., Verkasalo, M., Antonovsky, A., & Sagiv, L. (1997). Nilai prioritas dan keinginan sosial. Journal of Social Psychology, 36, 3-18.
Sekaran, U. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (1st ed). Salemba Empat.
Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Center for Academic publishing.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada. Media Group
Tai, S. H. C. (2008). Relationship between the personal values and shopping orientation of Chinese consumers. Asia Pasific Journal of Marketing and Logistics, 20(4), 381–395.
Widodo. (2013). Peran knowledge sharing terhadap kinerja UKM berbasis sikap kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 14(2), 17-27.
Yusup, P. M. (2012). Perspektif manajemen pengetahuan informasi, komunikasi, pendidikan, dan perpustakaan. Rajawali Press.
Referensi
George, J. M. (2012). Understanding and managing organizational behavior (6th ed). Pearson Education.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi (edisi 7). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hau, P. N., dan Thuy, L. N. (2010). Service personal values and customer loyalty. International Journal of Bank Marketing, 28(6), 465-478.
Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori Dan Praktik). PT Raja Grafindo Persada.
Kaygin, E., & Gulluce, C. (2013). The relationship between career choice and individual values: A case study of a Turkish University. International Journal of Humanities and Social Science, 3(3), 119-134.
Lumbantobing, Paul. (2011). Manajemen Knowledge Sharing Berbasis Komunitas. Knowledge Management Society Indonesia.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Manajemen sumber daya manusia perusaahaan. PT Remaja Rosdakarya.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.
Moeheriono, (2012), Indikator Kinerja Utama (IKU): Perencanaan, Aplikasi dan Pengembangan. Rajawali Pers.
Rismawati, & Mattalata. (2018). Evaluasi kinerja: Penilaian kinerja atas dasar prestasi kerja berorientasi kedepan). Celebes Media Perkasa.
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Peursahaan dari Teori ke Praktik. PT Raja Grafindo.
Robbins (2016) Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Penerbit Gaya Media.
Schwartz, S. H., Verkasalo, M., Antonovsky, A., & Sagiv, L. (1997). Nilai prioritas dan keinginan sosial. Journal of Social Psychology, 36, 3-18.
Sekaran, U. (2010). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (1st ed). Salemba Empat.
Sunyoto, D. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Center for Academic publishing.
Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, Kencana Prenada. Media Group
Tai, S. H. C. (2008). Relationship between the personal values and shopping orientation of Chinese consumers. Asia Pasific Journal of Marketing and Logistics, 20(4), 381–395.
Widodo. (2013). Peran knowledge sharing terhadap kinerja UKM berbasis sikap kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 14(2), 17-27.
Yusup, P. M. (2012). Perspektif manajemen pengetahuan informasi, komunikasi, pendidikan, dan perpustakaan. Rajawali Press.