Main Article Content

Abstract

Ketahanan pangan merupakan salah satu fokus pemerintah Indonesia untuk menuju kemandirian pangan nasional. Sebagai bentuk keseriusan pemerintah, ketahanan pangan menjadi tema besar dalam KKN Kebangsaan ke-X yang diselenggarakan di Kalimantan Tengah. Desa Anjir Serapat Tengah merupakan salah satu desa di Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas yang menjadi lokasi KKN Kebangsaan ke-X. Desa Anjir Serapat Tengah memiliki beragam potensi meliputi industri, perikanan, perkebunan, dan potensi terbesar yaitu pertanian. Mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani. Meskipun memiliki potensi pertanian yang besar, terdapat permasalahan yang dihadapi masyarakat Desa Anjir Serapat Tengah seperti serangan hama dan penyakit tanaman, prevalensi stunting meningkat, dan kurang beragamnya konsumsi pangan masyarakat. Hal tersebut melatarbelakangi kelompok KKN menerapkan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). P2L merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan yang ada di Desa Anjir Serapat Tengah melalui pemberdayaan kelompok masyarakat dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami tanaman buah dan hortikultura. Penerapan program P2L dengan partisipasi aktif dari kelompok masyarakat yaitu Kelompok Tani Bahagia dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Anjir Serapat Tengah.


Kata Kunci: Ketahanan Pangan, KKN, Anjir Serapat Tengah, Pertanian


 


ABSTRACT


IMPLEMENTATION OF THE SUSTAINABLE FOOD YARD PROGRAM (P2L) IN ANJIR SERAPAT TENGAH VILLAGE AS AN EFFORT TO SUPPORT THE NATIONAL FOOD SECURITY (FOOD ESTATE) PROGRAM. Food security is one of the focuses of the Indonesian government towards national food self-sufficiency. As a form of the government's seriousness, food security is the big theme in the Xth National KKN held in Central Kalimantan. Anjir Serapat Tengah Village is one of the villages in East Kapuas District, Kapuas Regency which is the location of the Xth National KKN. Anjir Serapat Tengah Village has various potentials including industry, fisheries, and plantations. The greatest potential is agriculture. The majority of people work as farmers. Even though it has great agricultural potential, there are problems faced by the people of Anjir Serapat Tengah Village such as attacks by pests and plant diseases, the prevalence of stunting is increasing, and the lack of diversity in people's food consumption. This is the background for the KKN group to implement the Sustainable Food Yard (P2L) program. P2L is one of the solutions to overcome the problems that exist in Anjir Serapat Tengah Village through empowering community groups by utilizing their yards to plant fruit and horticultural crops. Implementation of the P2L program with the active participation of community groups, namely the Happy Farmers Group and Empowerment and Family Welfare (PKK) of Anjir Serapat Tengah Village.


Keywords: Food Security, KKN, Anjir Serapat Tengah, Agriculture

Keywords

Ketahanan Pangan KKN Anjir Serapat Tengah Pertanian

Article Details

How to Cite
Atma, I. P., Makhrian, A., Amrullah, A. H. karim, & Sari, J. P. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) DI DESA ANJIR SERAPAT TENGAH SEBAGAI UPAYA MENDUKUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN (FOOD ESTATE) NASIONAL. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 3(2), 117–125. https://doi.org/10.33369/tribute.v3i2.25149

References

  1. Afni Z, Sari MF, Prihati. (2021). Pemulihan Ekonomi melalui Pembangunan Kebun Bibit Desa Menggunakan Metode Participatory Action Research (PAR). J Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 5(2): 356-364.
  2. Aisyah NE, Mahanani P. (2017). Pelatihan Menulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. J Abdimas Pedagogi. Vol 1(1): 22-26.
  3. Djamaluddin MI, Usman. (2019). Peranan Pendidikan Akhlak dalam Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Al-Musannif: J of Islamic Education and Teacher Training. Vol 1(2): 77-95.
  4. Fauzi M, Kastaman R, Pujianto T. (2019). Pemetaan Ketahanan Pangan pada Badan Koordinasi Wilayah I Jawa Barat. J Industri Pertanian. Vol 1(1): 1-10.
  5. Hanifah N. Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Bandung (ID): UPI Press.
  6. Ilhamdi LM, Idrus AG, Syahruddin AR. (2018). Pelatihan Pertanian Sistem Hidroponik bagi Masyarakat dengan Lahan Terbatas di Kota Mataram. J Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol 53(2): 107-123.
  7. Oemar, Hamalik. 1992. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
  8. Siberman M. (2021). Menyusun Sasaran Pelatihan Aktif. Bandung (ID): Nusamedia.
  9. Suyedi SS, Idrus Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Matakuliah Dasar Desai Jurusan IKK FPP UNP, Gorga Jurnal Seni Rupa