Main Article Content
Abstract
Kuliah kerja nyata (KKN) adalah salah satu bentuk pendidikan dengan bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk membaur di tengah – tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung mengidentifikasi serta memberikan solusi masalah – masalah yang dihadapi. Broken home adalah suatu masalah di dalam rumah tangga yang berdampak buruk bagi anak. Anak dari keluarga yang broken home cenderung memiliki tersendiri untuk berbaur dengan yang lain. O merupakan anak dengan status keluarga broken home. Ayahnya wafat pada saat ia berumur sebelas tahun, ibunya sibuk mencari nafkah, kakaknya pergi merantau untuk membantu perekonomian keluarga. Setelah pulang sekolah O membantu pekerjaan rumah sebelum pergi ke lapak dagangan ibunya. Ibu O berprofesi sebagai pedagang buah di Simpang Kandis, ia berjualan dari pagi hingga larut malam sehingga tidak memiliki waktu untuk mendampingi belajar anaknya. O memiliki masalah susah menangkap pembelajaran pelajaran hal ini yan membuat motivasi belajarnya rendah. Pengumpulan data dilakukan sembari melakukan pendampingan terhadap anak dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi pribadi dengan teknis menyimak dan memperhatikan aktivitas anak, dan menulis semua kegiatan dan perilaku anak. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan metode kualitatif dan dianalisis dengan analisa deskriptif. Anak dengan kasus broken home memiliki motivasi belajar tidak stabil dan cenderung rendah, maka dari itu sangat diperlukan peran orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak. Kesehatan mental anak adalah hal penting, diharapkan kepada orang tua dapat menyeimbangkan kebutuhan fisik dan rohani anak. Orang tua merupakan panutan dan teladan bagi anak-anaknya. Pada proses pertumbuhan anak orang tualah yang berperan penting dalam pembuatan karakter terdekat anak. Pemberian motivasi dan penguatan karakter pada anak broken home dapat meningkatkan semangat untuk menggapai cita-citanya di masa depan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy this form and after filling it, please send it to tributejournal@unib.ac.id
COPYRIGHT TRANSFER STATEMENT
When this article is accepted for publication, its copyright is transferred to TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer statement (Download) for signed by the corresponding author.
The author warrants that this article is original and that the author has full power to publish. The author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. In regard to all kind of plagiarism in this manuscript, if any, only the author(s) will take full responsibility.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Aziz, M. (2015). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home Dalam Berbagai Perspektif (Suatu Penelitian di SMPN 18 Kota Banda Aceh). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 1(1), 30– 50.
- Dewantara, K. H., & E-mail, S. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 11(2), 173–179.
- Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65.
- Jubaedah. (2022). Pendampingan Santri Broken Home (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Serang). Jurnal Al-Taujih Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 2 (2), 150-155.
- Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN). (2023). Panduan Kuliah Kerja Nyata Periode 99. LPPM : Bengkulu.
- Saikia, R. (2017). Broken family: Its causes and effects on the development of children. International journal of applied research, 3, 445-448.
References
Aziz, M. (2015). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home Dalam Berbagai Perspektif (Suatu Penelitian di SMPN 18 Kota Banda Aceh). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 1(1), 30– 50.
Dewantara, K. H., & E-mail, S. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 11(2), 173–179.
Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65.
Jubaedah. (2022). Pendampingan Santri Broken Home (Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Fathaniyah Serang). Jurnal Al-Taujih Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 2 (2), 150-155.
Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN). (2023). Panduan Kuliah Kerja Nyata Periode 99. LPPM : Bengkulu.
Saikia, R. (2017). Broken family: Its causes and effects on the development of children. International journal of applied research, 3, 445-448.