Main Article Content

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang termasuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pendidikan mahasiswa yang dilakukan dengan cara memberikan pengalaman belajar secara nyata untuk hidup di tengah-tengah masyarakat secara langsung, mengidentifikasi, serta membantu menangani masalah-masalah yang ada di lingkungan masyarakat. Tujuan dilaksanakannya KKN oleh Universitas Bengkulu adalah agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar melalui keterlibatannya dalam masyarakat secara langsung, dapat memberikan sumbangan pikiran berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh selama kuliah, serta dapat meningkatkan hubungan antara Universitas Bengkulu dengan pemerintahan daerah, Instansi serta warga di lokasi KKN. Salah satu lokasi KKN mahasiswa UNIB Periode 99 adalah di Kelurahan Sumber Jaya RT 18 RW 06, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Pelaksanaan KKN di samping dilakukan secara reguler, juga dilaksanakan melalui program khusus sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada pada masyarakat. Kegiatan mahasiswa KKN dilakukan dengan proses pendampingan dan kontrol oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) secara terprogram.


Melalui program KKN, Universitas Bengkulu menugaskan mahasiswa KKN dalam melaksanakan tema OSSOF (One Student Save One Family) serta menugaskan mahasiswa KKN untuk ikut serta memberikan gagasan, ide, pemikiran dan tindakan. Oleh karena itu kelompok kami menetapkan program kerja yang sesuai dengan tema KKN tersebut yaitu Membangun kejar (kampoeng belajar) untuk anak-anak di kelurahan sumber jaya RT 18 RW06 sebagai wadah anak-anak untuk meningkatkan minat belajar. Selain itu, kelompok kami juga memiliki proker lainnya, yaitu pembuatan plang nama untuk tokoh masyarakat (RT, RW, Ketua muda mudi) serta plang penunjuk jalan menuju TPS3R, sebagai penanda dan mempermudah untuk mencari sebuah alamat yang akan dituju.


Adapun metode yang digunakan dalam Kuliah Kerja Nyata ini adalah observasi, yaitu dilakukannya peninjauan atau pengamatan secara langsung dengan melihat kegiatan-kegiatan sekitar lokasi kegiatan pelaksanaan KKN. Pada tahapan pelaksanaan, mahasiswa mempersiapkan materi terlebih dahulu terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan.

Keywords

Kuliah Kerja Nyata OSSOF (One Student Save One Family)

Article Details

How to Cite
Abdillah, M. N., Fitriansyah , A., Nuraini , M., Anam, M. F., Wulandari, A., Alfath , H. T., Hanifan, M. D., Firdausa, N. A., Maysinta, Y., & Chanafiah, Y. (2023). MEMBANGUN KEJAR (KAMPOENG BELAJAR) DAN PENGADAAN SARANA PEMBUATAN PLANG NAMA TOKOH MASYARAKAT SERTA PENUNJUK JALAN TPS3R. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/tribute.v4i1.27456

References

  1. Ginting, Sarina. (2019). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Sd Negeri. 101802. Deli Serdang: Universitas Quality.
  2. P3KKN-UNIB. (n.d.). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata UNIB Periode 99 Tahun 2023. Bengkulu.
  3. Riska Herliafifah (2022). “Gangguan Belajar pada Anak, Ketahui Jenis, Ciri, dan Cara Mengatasinya” hellosehat.com, 27 oktober 2022, https://hellosehat.com/parenting/anak- 1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/gangguan-