Main Article Content
Abstract
Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang termasuk dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pendidikan mahasiswa yang dilakukan dengan cara memberikan pengalaman belajar secara nyata untuk hidup di tengah-tengah masyarakat secara langsung, mengidentifikasi, serta membantu menangani masalah-masalah yang ada di lingkungan masyarakat. Tujuan dilaksanakannya KKN oleh Universitas Bengkulu adalah agar mahasiswa memperoleh pengalaman belajar melalui keterlibatannya dalam masyarakat secara langsung, dapat memberikan sumbangan pikiran berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh selama kuliah, serta dapat meningkatkan hubungan antara Universitas Bengkulu dengan pemerintahan daerah, Instansi serta warga di lokasi KKN. Salah satu lokasi KKN mahasiswa UNIB Periode 99 adalah di Kelurahan Sumber Jaya RT 18 RW 06, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Pelaksanaan KKN di samping dilakukan secara reguler, juga dilaksanakan melalui program khusus sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada pada masyarakat. Kegiatan mahasiswa KKN dilakukan dengan proses pendampingan dan kontrol oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) secara terprogram.
Melalui program KKN, Universitas Bengkulu menugaskan mahasiswa KKN dalam melaksanakan tema OSSOF (One Student Save One Family) serta menugaskan mahasiswa KKN untuk ikut serta memberikan gagasan, ide, pemikiran dan tindakan. Oleh karena itu kelompok kami menetapkan program kerja yang sesuai dengan tema KKN tersebut yaitu Membangun kejar (kampoeng belajar) untuk anak-anak di kelurahan sumber jaya RT 18 RW06 sebagai wadah anak-anak untuk meningkatkan minat belajar. Selain itu, kelompok kami juga memiliki proker lainnya, yaitu pembuatan plang nama untuk tokoh masyarakat (RT, RW, Ketua muda mudi) serta plang penunjuk jalan menuju TPS3R, sebagai penanda dan mempermudah untuk mencari sebuah alamat yang akan dituju.
Adapun metode yang digunakan dalam Kuliah Kerja Nyata ini adalah observasi, yaitu dilakukannya peninjauan atau pengamatan secara langsung dengan melihat kegiatan-kegiatan sekitar lokasi kegiatan pelaksanaan KKN. Pada tahapan pelaksanaan, mahasiswa mempersiapkan materi terlebih dahulu terkait dengan kegiatan yang akan dilakukan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy this form and after filling it, please send it to tributejournal@unib.ac.id
COPYRIGHT TRANSFER STATEMENT
When this article is accepted for publication, its copyright is transferred to TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer statement (Download) for signed by the corresponding author.
The author warrants that this article is original and that the author has full power to publish. The author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. In regard to all kind of plagiarism in this manuscript, if any, only the author(s) will take full responsibility.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Ginting, Sarina. (2019). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Sd Negeri. 101802. Deli Serdang: Universitas Quality.
- P3KKN-UNIB. (n.d.). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata UNIB Periode 99 Tahun 2023. Bengkulu.
- Riska Herliafifah (2022). “Gangguan Belajar pada Anak, Ketahui Jenis, Ciri, dan Cara Mengatasinya” hellosehat.com, 27 oktober 2022, https://hellosehat.com/parenting/anak- 1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/gangguan-
References
Ginting, Sarina. (2019). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Sd Negeri. 101802. Deli Serdang: Universitas Quality.
P3KKN-UNIB. (n.d.). Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata UNIB Periode 99 Tahun 2023. Bengkulu.
Riska Herliafifah (2022). “Gangguan Belajar pada Anak, Ketahui Jenis, Ciri, dan Cara Mengatasinya” hellosehat.com, 27 oktober 2022, https://hellosehat.com/parenting/anak- 1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/gangguan-