Main Article Content
Abstract
Universitas Bengkulu dalam menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan KKN dilakukan secara mandiri. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa S1 Universitas Bengkulu yang sudah menempuh semester 6 atau mencapai SKS minimal 100 SKS dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam berbagai sudut kehidupan bermasyarakat. Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 99 Universitas Bengkulu tahun 2023 bertemakan KKN Tematik One Students Save One Family (OSSOF).
Program kerja yang dilaksanakan oleh Kelompok Satu terdiri dari dua program kerja, yaitu Penerapan Nilai-Nilai Norma & Moral Kebangsaan pada Anak dan Penerapan Digitalisasi Bank Sampah. Tujuan dari kegiatan ini yaitu dapat membantu memberikan pemahaman terkait pentingnya nilai-nilai kebangsaan untuk anak-anak dalam membekali untuk kehidupan di masa depan dan meningkatkan kemampuan serta ketertarikan anak-anak belajar memahami nilai-nilai kebangsaan.
Program tersebut ditujukan kepada masyarakat RT.03 / RW.01 dan donatur bank sampah di sekitar Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.
Luaran yang didapat yaitu melaksanakan pembimbingan dan pengarahan terhadap pentingnya nilai religius dan kebangsaan bagi orang tua dan anak dalam mendidik tanpa harus menggunakan kekerasan, serta memberikan sosialisasi tentang pentingnya media digitalisasi untuk menjaga dan mengelola lingkungan dengan memanfaatkan bank sampah yang telah tersediakan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy this form and after filling it, please send it to tributejournal@unib.ac.id
COPYRIGHT TRANSFER STATEMENT
When this article is accepted for publication, its copyright is transferred to TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer statement (Download) for signed by the corresponding author.
The author warrants that this article is original and that the author has full power to publish. The author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. In regard to all kind of plagiarism in this manuscript, if any, only the author(s) will take full responsibility.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Fitri, M. dan Na'imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
- Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (2012). Buku: Profil Bank Sampah Indonesia. Jakarta: Asisten Deputi Pengelolaan Sampah.
- Mufarochah, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini Dimasa Pandemi.
- AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 80-89.
- Mumtazah, D., & Sutama, S. (2021). Program Home Visit: Penguatan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Era New Normal. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 37-46. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-04
- Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43-59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177
- Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
- Saputro, Y. E., Kismartini, K., & Syafrudin, S. (2016). Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4(1).
- Zulkifli, Suryanti, D. S., & Nurhayati. (2017). Pembelajaran Terpadu Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.
References
Fitri, M. dan Na'imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-15. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6500
Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (2012). Buku: Profil Bank Sampah Indonesia. Jakarta: Asisten Deputi Pengelolaan Sampah.
Mufarochah, S. (2020). Pentingnya Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini Dimasa Pandemi.
AT-THUFULY: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 80-89.
Mumtazah, D., & Sutama, S. (2021). Program Home Visit: Penguatan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di Era New Normal. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(1), 37-46. https://doi.org/10.14421/jga.2021.61-04
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43-59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177
Putri, D. P. (2018). Pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Saputro, Y. E., Kismartini, K., & Syafrudin, S. (2016). Pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui bank sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4(1).
Zulkifli, Suryanti, D. S., & Nurhayati. (2017). Pembelajaran Terpadu Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Pekanbaru: Kreasi Edukasi.