Main Article Content

Abstract

Pengabdian dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dilakukan di Desa Purwodadi dengan skema kegiatan KKN-PPM yang dilaksanakan oleh kelompok 138. Pada pelaksanaan pengabdian masyarakat ini, salah satu aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia adalah kesehatan sehingga salah satu program kerja utama adalah Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Tanaman obat keluarga adalah jenis tanaman yang dapat ditanam di lahan pekarangan rumah yang dipergunakan untuk memenuhi keperluan obat-obatan keluarga yang dapat dibuat sendiri tanpa campuran kimia. Tanaman obat keluarga bertujuan agar masyarakat sehat dengan memanfaatkan TOGA sebagai sumber penyediaan obat-obatan tradisional dan masyarakat mendapatkan pertolongan pertama dengan memanfaatkan tanaman yang ada di sekitarnya. Hal ini karena pada dasarnya setiap tanaman memiliki manfaatnya masing-masing. Metode yang dilakukan dari kegiatan penanaman tanaman obat keluarga ini dimulai dari sosialisasi, diskusi dan tanya jawab, gotong royong, monitoring, dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan penanaman tanaman obat keluarga tersebut didapat indikator capaian yaitu pemahaman masyarakat tentang jenis-jenis tanaman obat keluarga yang bermanfaat untuk kesehatan, pengetahuan terkait cara penanaman tanaman obat keluarga yang baik dan benar, serta kemampuan dalam mengolah tanaman obat keluarga dengan baik.


Kata Kunci: Kuliah Kerja Nyata, Pemberdayaan Masyarakat, Tanaman Obat Keluarga

Keywords

Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Tanaman Obat Keluarga

Article Details

How to Cite
Sylvia, T., Denisman Pasaribu, T., Bagas Andika, M., Rizqy Harahap, M., Shorim Ar Giffary, M., Alfarisi, S., Putri Khairunnisa, Z., Michael Sarumaha, J., Febila Nasikin, J., Novalendra, G., Komala Dewi, J., Alfaridho, M., Bima Sobirin, M., Fitriyani, N., Fuady Aziz Zakian, N., & Desty Safitri, R. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM EDUKASI PENANAMAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI DESA PURWODADI, KECAMATAN WAY SULAN, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 4(1), 64–70. https://doi.org/10.33369/tribute.v4i1.27687

References

  1. Naway, F.A., Arifin, dan Ardini, P.P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dalam Rangka Pencegahan Pandemi Covid-19. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 149-164.
  2. Puspitasari, I., Sari, G.N.F., Indrayati, A. (2021). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) sebagai Alternatif Pengobatan Mandiri. Jurnal Warta LPM, 24 (3): 456-465.
  3. Sari, I.D., Yuniar, Y., Siahaan, S., Riswati, dan Syaripuddin, M. (2015). Tradisi Masyarakat dalam Penanaman dan Pemanfaatan Tumbuhan Obat Lekat di Pekarangan. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 5(2): 123-132.
  4. Saari, N. dan Andjasmara, T.C. (2023). Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA) untuk Mewujudkan Masyarakat Sehat. Jurnal Bina Desa, 5(10:124-128.