Main Article Content

Abstract

Permainan tradisonal memiliki hubungan erat dengan budaya tertentu, dengan mengembangkan interaksi sosial antar para pemain. Perkembangan teknologi saat ini, mengakibatkan permainan tradisonal semakin jarang dilakukan, padahal permainan tradisonal memiliki banyak manfaat khususnya menanamkan nilai karakter positif pada anak-anak. Permainan tradisional Gobak sodor sering dijadikan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motorik kasar dan halus pada anak-anak, dengan memanfaatkan unsur fisik dalam permainan tersebut sehingga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Pengabdian ini dilakukan dengan cara sosialisasi dan praktek langsung permainan tradisional Gobak sodor. Hasil dari sosialisasi pengabdian ini menunjukkan bahwa dalam permainan Gobak Sodor terdapat beberapa unsur yaitu keterampilan motorik, kognitif (kemampuan berpikir), keterampilan sosial, dan kemampuan mengendalikan emosi.

Keywords

Desa Talang Kering Gobak Sodor Permainan Tradisional Keterampilan Motorik

Article Details

How to Cite
Gusriani, I. (2023). SOSIALISASI PERMAINAN GOBAK SODOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN SOSIAL ANAK-ANAK DI DESA TALANG KERING KABUPATEN BENGKULU UTARA. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 4(2), 121–126. https://doi.org/10.33369/tribute.v4i2.29316

References

  1. Erdiana, L. (2016). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor terhadap Perkembangan Motorik Kasar dan Sikap Kooperatif Anak TK Kelompok B di Kecamatan Sidoarjo. Jurnal Pedagogi, 2(3), 9–17.
  2. Kirom, S. (2017). Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran Sastra Dengan Model Permainan Gobak Sodor. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(2), 225–234. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i2.39
  3. Nuraliyah, E., Fadilah, A., Handayaningsih, E., Ernawati, E., & Oktadriani, S. L. (2022). Penggunaan Handphone dan Dampaknya bagi Aktivitas Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(4), 1585–1592. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.961
  4. Puspitasari, N., Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Meningkatkan Kerjasama Anak Usia 10 Tahun. Jurnal Basicedu, 6(2), 2540–2546. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2458
  5. Setiawan, I., & Triyanto, H. (2014). Pengembangan Permainan Tradisonal Gobak Sodor Bola dalam Pembelajaran Penjas pada Siswa SD. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 4(1), 2088–6802. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/miki
  6. Susena, Y. B., santoso, D. A., & Setyaningsih, P. (2021). Ethnosport Permainan Tradisional Gobak Sodor. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 450–462. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1185