Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Program kerja KKN individu ini berjudul “Pemanfaatan Bahan Organik Untuk Pembuatan Karya Seni Kolase di SD Negeri 195 Bengkulu Utara”. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan pemahaman dan wawasan bagi siswa SD Negeri 195 Bengkulu Utara dalam pembelajaran seni budaya. Pembelajaran seni buday adi SD yan biasanya monoton menghasilkan siswa yang kurang kreatif dan mudah bosan dalam pembelajaran. Untuk itu, melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat mendapatkan pengalaman baru, pengalaman yang terus diingat dan juga semakin memahami esensi seni itu sendiri, anak-anak bebas untuk membuat karya seni sesuai dengan ekspresi dan kreativitas yang dimilikinya. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan kegiatan memanfaatkan bahan organik untuk membuat karya seni,. Sehingga lebih ramah lingkungan.


Kata Kunci : Bahan organik, Seni kolase
 

Abstract


The individual KKN work program is entitled "Utilization of Organic Materials for Making Collage Art Works at SD Negeri 195 North Bengkulu". This activity is an activity carried out to provide understanding and insight for students of SD Negeri 195 North Bengkulu in learning arts and culture. Learning arts and culture in elementary schools is usually monotonous, resulting in students who are less creative and easily get bored in learning. For this reason, through this activity it is hoped that students can gain new experiences, experiences that will be remembered and also understand more about the essence of art itself, children are free to make works of art according to the expression and creativity they have. Apart from that, this activity is also an activity of utilizing organic materials to create works of art. So it is more environmentally friendly.


Keywords: Organic materials, collage art

Keywords

karya seni sekolah dasar seni kolase bahan organik

Article Details

How to Cite
Putri, M. (2024). PEMANFAATAN BAHAN ORGANIK UNTUK MEMBUAT KARYA SENI KOLASE DI SD NEGERI 195 BENGKULU UTARA. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 5(1). https://doi.org/10.33369/tribute.v5i1.29840

References

  1. Dewi, Rahmi, & Indri. (2014). Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,. Vol 2. No 1.
  2. Faedin. (2016). Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Faruq Fathin Khoiri, Yulia Maftuhah Hidayati. (2022). Pemanfaatan Daun Kering untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 6. No 3. Tahun 2022. 5014-5020.
  4. Fatmawati, T. D. (2018). Peningkatan Keterampilan Teknik Kolase Dengan Bahan Alam Pada Siswa Kelas Iv Sd. Ptk A4 2018 Pgsd Fkip Universitas, 2. Http://Eprints.Umsida.Ac.Id/Id/Eprint/2975
  5. Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. Https://Doi.Org/10.31970/Gurutua.V4i1.67
  6. Linderman, E. W.(1984). 41-142. Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
  7. Nopriantina, (2013). Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Kolase Berbantuan Media Alam Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
  8. Rizqi, H. F. (2016). Pembelajaran Seni Rupa Dalam Membentuk Kreativitas Peserta Didik Kelas V Di Sdn Purwoyoso 03 Kota Semarang. Vol 1. No 1.
  9. Setiahati, I. P., & Lisnani, L. (2019). Student’s Interest and Creativity in Cultural Art and Craft Lessons. April. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.55
  10. Utami, F., Soetopo, S., & Puspita, L. (2018). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas V Sd Negeri 24 Palembang Dalam Pembelajaran Seni Rupa Melalui Teknik Kolase. Vol 1. N01.