Main Article Content

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Universitas Bengkulu dengan judul "Website Profil Desa Kebun Lebar sebagai Wadah Transparansi dan Pusat Informasi Desa." Tujuan utama dari website ini sebagai wadah transparansi dan pusat informasi bagi Desa Kebun Lebar. Metode pengembangan yang diterapkan dalam pembangunan website ini adalah Software Development Life Cycle dalam Waterfall Model, yang mengikuti tahapan-tahapan pengembangan perangkat lunak secara sistematis.


Dalam konteks analisis, penggunaan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) digunakan untuk memahami berbagai aspek yang relevan dalam pengembangan website profil desa. Hal ini membantu untuk merancang website yang memenuhi kebutuhan masyarakat desa secara komprehensif. Selain itu, untuk memastikan kualitas dan fungsionalitas website, metode pengujian Black Box Testing diterapkan.


Hasil dari pengabdian ini adalah sebuah website dengan alamat kebunlebar.my.id yang berperan sebagai pusat informasi dan wadah transparansi bagi masyarakat Desa Kebun Lebar. Website ini menyajikan informasi penting tentang desa, seperti profil desa, kegiatan masyarakat, potensi desa, serta informasi pemerintahan dan layanan publik. Diharapkan bahwa pengembangan website ini dapat memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan transparansi pemerintahan desa, akses informasi masyarakat, dan partisipasi aktif dalam pengembangan desa secara keseluruhan.


 


 

Keywords

KKN website profil sistem informasi Desa Kebun Lebar

Article Details

How to Cite
., A., & Stiadi, E. (2023). WEBSITE PROFIL DESA KEBUN LEBAR SEBAGAI WADAH TRANSPARANSI DAN PUSAT INFORMASI DESA. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 4(2), 169–175. https://doi.org/10.33369/tribute.v4i2.29883

References

  1. Damanik, F. N. S. 2012. Menjadi Masyarakat Informasi. JSM SIFO Mikroskil, 13(1), 73–82.
  2. Mashuri, & Nurjannah, D. 2020. Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). Jurnal Perbankan Syariah, 1(1), 97–112.
  3. Susilawati, T., Yuliansyah, F., Romzi, M., & Aryani, R. 2020. Membangun Website Toko Online Pempek Nthree Menggunakan Php Dan Mysql. JTIM: Jurnal Teknik nformatika Mahakarya, 3(1), 35–44.
  4. Universitas Bengkulu. 2023. Panduan Kuliah Kerja Nyata. https://sikkn.unib.ac.id/assets/frontend/uploads/materi_kkn_2019/ anduan_KKN_UNIB.pdf