Main Article Content

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa sekaligus sebagai bagian dari perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. KKN bersifat intrakurikuler atau wajib dilaksanakan secara interdisipliner pada jenjang pendidikan strata satu (S1) di Universitas Bengkulu (UNIB). Peranan Perguruan Tinggi dalam pembangunan, tidak saja mendidik generasi muda dalam menyiapkan dirinya menjadi manusia pembangunan dan mengkaji serta mengembangkan IPTEKS yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tetapi juga berusaha agar IPTEKS yang dikembangkan relevan dengan kebutuhan pembangunan. Sebagai program intrakurikuler, kegiatan KKN periode 100 bersifat formal yang terencana dan terpogram mulai dari 3 Juli hingga 16 Agustus 2023 dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan pelaksanaan KKN periode 100 difokuskan kepada Tematik “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal” yang dapat diterapkan melalui salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kelompok 78, yaitu sosialisasi stunting dan pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil. Sosialisasi stunting dan pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan edukasi mengenai stunting serta sebagai upaya pencegahan peningkatan angka stunting pada masyarakat Desa Kota Titik, Kecamatan Pematang Tiga, Kabupaten Bengkulu Tengah. Adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Kota Titik dari diseminasi mengenai informasi kesehatan

Keywords

Balita, Ibu Hamil, Makanan Tambahan, Stunting

Article Details

How to Cite
Kurniasari, H., Stiadi, E., Oktridaini, S., Luhur Priyangga, B., Permata Sari, D., Nisrina Muthi, M., Dwita Syafitri, N., Pitriana Br Ginting, S., Agnesia Purba, D., Jarot Widyanto, R., & Handoko, W. (2023). SOSIALISASI STUNTING DAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN BAGI BALITA DAN IBU HAMIL DI DESA KOTA TITIK. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 4(2), 176–180. https://doi.org/10.33369/tribute.v4i2.29889

References

  1. Daracantika, A., Ainin, A., & Besral, B. (2021). Pengaruh negatif stunting terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan (BIKFOKES), 1(2), 124-134.
  2. Kementerian Kesehatan RI. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Lap Nas RIskesdas 2018. 2018;
  3. Kemendesa. (2017). Buku Saku Desa dalam Penanganan Stunting. Jakarta.
  4. P3KKN dan LPPM. (2023). Panduan dan Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  5. Suksesty, C. E., Hikmah, H., & Afrilia, E. M. (2020). Efektifitas Program Pemberian Makanan Tambahan Menggunakan Kombinasi Jus Kacang Hijau Dan Telur Ayam Rebus Terhadap Perubahan Status Gizi Stunting Di Kabupaten Pandeglang. IMJ (Indonesian Midwifery Journal), 3(2).
  6. Vinci, A. S., Bachtiar, A., & Parahita, I. G. (2022). Efektivitas edukasi mengenai pencegahan stunting kepada kader: Systematic literature review. Jurnal Endurance, 7(1), 66-73.