Main Article Content

Abstract

Pada Proses pembelajaran, kurangnya kegiatan diawal proses belajar akan berdampak pada rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya motivasi siswa tersebut dapat dilihat dari kondisi siswa yang mengantuk dan lesu saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu dibutuhkan teknik pembelajaran yang lebih menarik dan dapat memotivasi siswa. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk memotivasi siswa dalam belajar adalah kegiatan ice breaking. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru dan siswa Lab School PAUD Unib tentang kegiatan ice breaking dan keterampilan menerapkan ice breaking. Metode pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pelatihan dan sosialisasi, tahap praktek terbimbing, dan tahap monitoring dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini adalah guru dan siswa Lab School PAUD Unib dapat memahami tentang ice breaking dan menerapkan dalam proses pembelajaran di sekolah.


Pada Proses pembelajaran, kurangnya kegiatan diawal proses belajar akan berdampak pada rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Rendahnya motivasi siswa tersebut dapat dilihat dari kondisi siswa yang mengantuk dan lesu saat proses pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu dibutuhkan teknik pembelajaran yang lebih menarik dan dapat memotivasi siswa. Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk memotivasi siswa dalam belajar adalah kegiatan ice breaking. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada guru dan siswa Lab School PAUD Unib tentang kegiatan ice breaking dan keterampilan menerapkan ice breaking. Metode pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pelatihan dan sosialisasi, tahap praktek terbimbing, dan tahap monitoring dan evaluasi. Hasil dari pengabdian ini adalah guru dan siswa Lab School PAUD Unib dapat memahami tentang ice breaking dan menerapkan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Keywords

Ice breaking Lab school PAUD Unib Motivasi Belajar

Article Details

How to Cite
Uliyandari, M. M. (2024). SOSIALISASI RAGAM ICE BREAKING BAGI GURU LAB SCHOOL PAUD UNIB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 5(2), 294–298. https://doi.org/10.33369/tribute.v5i2.35007

References

  1. Agusriana,C. F, (2021). Teachers’ Perception on The Use of Ice Breaking Strategy in Teaching and Learning Process. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
  2. Fauzan, G. A., & Arifin, U. (2019). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diiri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa. JPMI (Jurnal Pebelajaran Matematika Inovatif), 2 (1), 17 – 24.
  3. Febriandari, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 485–494.
  4. Kadir, A., & Asrohah, H. (2015). Pembelajaran tematik. Raja Grafindo Persada.
  5. Sunarto. (2012). Ice Breaker dalam Pembelajaran Aktif. Surakarta: Cakrawala Media.
  6. Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73–82.