Main Article Content

Abstract

Tujuan dari melakukan kegiatan yang diterapkan pada masyarakat yaitu memberi pemahaman mengenai nilai-nilai islam melalui ngaji kepada anak-anak dan memberi pemahaman mengenai pentingnya kebersihan gigi pada anak serta memberikan tindakan deteksi dini untuk gigi berlubang. Kegiatan tersebut akan meliputi metode pelaksanaan observasi, lokakarya, program kerja kelompok dan evaluasi. Dibalik keberhasilan kegiatan-kegiatan tesebut ada beberapa bahan pendukung dalam melaksanakan kegiatan tersebut yaitu Al-Qur’an, alat peraga sikat gigi dan odol, serta artikel atau jurnal-jurnal dalam mendukung penyampaian materi mengenai kebersihan gigi. Hasil dari kegiatan telah tercapai dengan terbentuknya kebiasaan menjaga kebersihan gigi untuk setiap harinya dan semangat akan melakukan kegiatan-kegiatan yang didasari oleh nilai-nilai islam. Dengan melakukan kegiatan ini anak-anak memahami dan mendapatkan ilmu mengenai nilai-nilai islam dan memahami menjaga kebersihan gigi untuk setiap harinya. Setelah melaksanakan program kerja KKN Periode 99 kepada masyarakat, saran yang bisa  kami berikan untuk masyarakat agar lebih merawat peninggalan atau atribut yang dibuat selama KKN dan pemerintah daerah setempat lebih memperhatikan kondisi keluarga disana terkhususnya anak – anak generasi muda Indonesia.

Keywords

: Observasi Lokakarya Evaluasi OSSOF

Article Details

How to Cite
Pangihutan Gultom, J., Sevtia, D., Siddik, M., Zanovid, V. Z., Muharam, H., Priambodo, A., Anggraini, H., Merinda, A. S., & Asriani, P. S. (2023). MENGAJARKAN NILAI-NILAI ISLAM PADA ANAK MELALUI KEGIATAN MENGAJI DAN SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KEBERSIHAN PADA ANAK. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 4(1). https://doi.org/10.33369/tribute.v4i1.27441

References

  1. Ardayani, Tri. Zandroto, T, H. (2020). Deteksi Dini Pencegahan Karies Gigi Pada Anak dengan Cara Sikat Gigi di Paud Balqis , Asifa dan Tadzkiroh di Desa Babakan. Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa, 1(2), 59–67.
  2. Ernawati, A., & Amin, S. (2011). Hubungan Antara Perilaku Mengkonsumsi Makan Makanan Manis Dan Perilaku Menggosok Gigi Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak TK Pertiwi 37 Gunung Pati. FIKkes Jurnal Keperawatan, 4(2), 183–193.
  3. Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179-194.
  4. Kemenkes, R.I. (2018). Hasil utama RISKESDAS 2018. Jakarta : Kemenkes RI.
  5. Lembaga P3KKN Universitas Bengkulu. (2023). Panduan Kuliah Kerja Nyata Periode 99. Universitas Bengkulu: LPPM P3KKN UNIB.
  6. Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220-233.
  7. Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., Nizar, M., Wirda, W., Yulinar, Y., Fadli, M., ... & Rizka, I. D. (2022). SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MULUT TERHADAP ANAK-ANAK DI KABUPATEN ACEH BESAR. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1554-1557.
  8. Oktaviani, E., Feri, J., Aprilyadi, N., Zuraidah, Z., Susmini, S., & Ridawati, I. D. (2022). Edukasi Kesehatan Gerogi (Gerakan Gosok Gigi) Untuk Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Pra Sekolah. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 363-371.
  9. Pratiwi, D., Ariyani, A. P., Sari, A., Wirahadikusumah, A., Nofrizal, R., Tjandrawinata, R., ... & Komariah, F. S. (2020). Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Dini Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Masyarakat Tegal Alur, Jakarta Community Services To Increase. Sejarah, 2(2).
  10. Rahmatika, V. (2021). implementasi Nilai-nilai moderasi beragama dalam TPQ melalui kegiatan mengaji Al-Qur'an di TQ Nurul Khikmah. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 1(2), 159-167.
  11. Safriyana, B. I. N., Oktavia, D. M., & Nurani, A. (2022). Sosialisasi Cara Merawat dan Menyikat Gigi Dengan Benar pada Anak Usia Sekolah di Desa Ungga, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 269-272.