Main Article Content

Abstract

One English Day Of a Week merupakan salah satu program pengabdian Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kelompok 51 Desa Tanjung Raman. Tujuan pelaksanaan program One English Day of a Week adalah meningkatkan minat belajar dan kompetensi siswa SDN 12 Tanjung Raman dalam Berbahasa Inggris. Berdasarkan survey yang telah dilakukan Kelompok KKNT 51, ditemukan bahwa siswa SDN 12 Tanjung Raman memiliki kesulitan dalam Berbahasa Inggris. Rendahnya minat belajar Bahasa Inggris serta kurangnya media pembelajaran yang edukatif menjadi hambatan siswa dalam menguasai Bahasa Inggris. Kelompok KKNT 51 memberikan program kerja sebagai solusi berupa les gratis Berbahasa Inggris satu kali seminggu selama 45 hari. Kelompok KKNT 51 Desa Tanjung Raman menerapkan metode yang efektif, inovatif dan futuristik untuk mendukung proses pembelajaran melalui media visual dan ice breaking. Program ini mendapat sambutan hangat dari para guru SDN 12 Tanjung Raman, dan diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar dan mengasah kompetensi siswa dalam Berbahasa Inggris.

Keywords

Bahasa Inggris Pendidikan Pengabdian Masyarakat

Article Details

How to Cite
Sapitra, D. (2024). IMPLEMENTASI PROGRAM ONE ENGLISH DAY OF A WEEK DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SDN 012 DESA TANJUNG RAMAN. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 5(2), 342–349. https://doi.org/10.33369/tribute.v5i2.36738

References

  1. Andika, M., & Mardiana, N. (2023). Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris Di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 246–251. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3961
  2. Ilyosovna, N. A. (2024). Importance of the English Language in Today’s World. International Journal of English Learning & Teaching Skills, 6(2), 22–24. https://doi.org/10.15864/ijelts.6205
  3. Jawaher, J. (2023). Penerapan Metode Team Quiz Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Mipa 4 Sman 1 Tualang. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 378–391. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.72
  4. Khoerunisa, T., & Amirudin, A. (2020). Pengaruh Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nuurusshiddiiq Kedawung Cirebon. EduBase : Journal of Basic Education, 1(1), 84. https://doi.org/10.47453/edubase.v1i1.47
  5. Lena, M. S., Nisa, S., Utari, T., & Anas, H. (2023). Efektivitas Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pustaka: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 240–248.
  6. Nugrahini, Y., & Rakhmawati, I. (2022). “Fun English” Melalui Storytelling Dan Crafting Untuk Meningkatkan Vocabulary. 1(2), 115–123. https://jurnal-adaikepri.or.id/index.php/JUPADAI
  7. Nurfadhillah, S., Nurfalah, K., Amanda, M., Kauniyah, N., Anggraeni, R. W., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Visual Untuk Siswa Kelas V Di Sdn Muncul 1. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 227. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
  8. Prananta, S. R., & Nainggolan, C. B. (2022). Penggunaan Metode Pembelajaran Tanya Jawab untuk Mendorong Keaktifan Siswa. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 4(3), 210–223.
  9. Purnama, S., Nasution, H., Yanhar, M. R., Riswanto, R., Hartinah, S., & Fitri, S. (2020). English education for student in globalization era: Teacher´s perspective in jabodetabek. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25(Extra 6), 413–421. https://doi.org/10.5281/zenodo.3987651
  10. Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
  11. Riani, D., Afrianto, Y., Hasnin, H. R., Kurnia, A. D., Ibn, U., & Bogor, K. (2023). Sosialisasi Dan Edukasi Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Di Era Globalisasi Untuk Siswa Mts Fitra Mulia Di Desa Nambo Socialization and Education on the Importance of Learning English in the Globalization Era for Mts Fitra Mulia Students in Nambo Village. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 7(1), 100–110.
  12. Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 334–346. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139
  13. Susini, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 37–48. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2732.37-48