Main Article Content

Abstract

Kampanye literasi di SD Negeri 029 Bengkulu Utara bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa sebagai upaya mengatasi rendahnya tingkat literasi di Indonesia. Kampanye ini dilakukan oleh kelompok KKN Tematik Universitas Bengkulu, dengan melibatkan 120 siswa dari kelas III hingga VI, menggunakan metode partisipatif yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam kegiatan literasi. Hasil dari kampanye menunjukkan bahwa, meskipun fasilitas perpustakaan dan koleksi buku di sekolah masih minim, kegiatan ini berhasil meningkatkan antusiasme siswa terhadap membaca. Siswa mulai mengenal berbagai jenis bahan bacaan, memanfaatkan waktu dengan lebih baik, dan mengembangkan kebiasaan membaca sebagai hobi baru. Kampanye ini juga menekankan pentingnya peningkatan fasilitas perpustakaan dan penyediaan buku-buku berkualitas untuk mendukung perkembangan literasi siswa lebih lanjut. Secara keseluruhan, kampanye ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesadaran akan pentingnya membaca dan membangun budaya literasi yang kuat di kalangan siswa SD Negeri 029 Bengkulu Utara, menunjukkan bahwa dengan upaya yang tepat, minat baca siswa dapat ditingkatkan meskipun terdapat keterbatasan sarana yang ada.

Keywords

Literasi Minat Baca Pendidikan Kampanye Literasi Literasi Siswa

Article Details

How to Cite
Yana Syafitri, L. (2024). KAMPANYE LITERASI: MENDORONG MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI BUKU NOVEL GRAFIS DI SD NEGERI 029 DESA SERUMBUNG. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 5(2), 356–361. https://doi.org/10.33369/tribute.v5i2.36884

References

  1. Djoh, D. A. (2018). Dampak Modernisasi Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Tani di Desa Kambata Tana Kabupaten Sumba Timur. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 2(4), 332–339. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2018.002.04.8
  2. Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
  3. OECD. (2023). Equity in education in PISA 2022. In PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in education (Vol. 1). https://www.oecd- ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_03c74bdd-en
  4. Sasmita, R. S. (2020). Research & Learning in Primary Education Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1, 1–5.
  5. Tahir, R., & Et.al. (2019). Dampak Modernisasi Pertanian Terhadap Petani Kecil Dan Perempuan Di Sulawesi Selatan. Agrokompleks, 19(2), 35–44. https://ppnp.e- journal.id/agrokompleks/article/view/138/88