Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji revitalisasi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui strategi spanduk dan labeling dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Gunung Besar, Kecamatan Arma Jaya. UMKM memiliki peran krusial dalam mendukung perekonomian lokal, namun tantangan yang dihadapi UMKM seperti keterbatasan akses pasar dan kurangnya pengenalan produk menjadikan penghambat pertumbuhan UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi spanduk dan labeling yang tepat dapat meningkatkan visabilitas produk UMKM, menarik minat konsumen, dan memperluas jangkauan pasar. Spanduk yang dirancang dengan estetika yang menarik dan informasi yang jelas mampu menarik perhatian konsumen potensial. Sementara itu, labeling yang informatif dan menarik dapat meningkatkan citra produk dan kepercayaan konsumen. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi spanduk dan labeling tidak hanya meningkatkan daya saing produk UMKM, tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Gunung Besar, Kecamatan Arma Jaya. Oleh karena itu, disarankan kepada pemerintah daerah dan lembaga terkait untuk memberikan dukungan yang lebih besar dalam bentuk pendampingan terhadap UMKM yang sedang berkembang. Dengan demikian UMKM dapat semakin berkembang secara berkelanjutan dan memberikan konstribusi yang lebih besar terhadap perekonomian desa. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya strategi spanduk dan labeling dalam pemberdayaan UMKM dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi desa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan dan praktisi dalam merancang program pemberdayaan UMKM yang lebih efektif dan berkelanjutan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy this form and after filling it, please send it to tributejournal@unib.ac.id
COPYRIGHT TRANSFER STATEMENT
When this article is accepted for publication, its copyright is transferred to TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer statement (Download) for signed by the corresponding author.
The author warrants that this article is original and that the author has full power to publish. The author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. In regard to all kind of plagiarism in this manuscript, if any, only the author(s) will take full responsibility.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
-
Fitriyani, Z. A., Dandy, D. A., & Prasetyo, D. (2024). Pendampingan
Pembuatan Label dan Banner Sebagai Upaya Strategi Pemasaran
Produk UMKM Cenil Mbok Mini. ASPIRASI: Publikasi Hasil
Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat.
Hutahuruk, F. N., Dewi, K., & Siregar, A. Z. (2024). Pentingnya
Pembuatan Kemasan Serta Labeling Home Industri Kue Basah dan
Kue Kering Kecamatan Medan Selayang. Jurnal Ilmiah Pengabdian
Kepada Masyarakat.
Kurniawan, B., & Sawitri, D. K. (2024). Design Branding Kemasan pada
UMKM Herbal Lestari Sebagai Strategi Daya Tarik Konsumen.
Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Mas'udah, K. W., Wuryandari, Y., & Nathania, Y. (2022). Pendampingan
UMKM dalam Meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa
Pulosari. Karya Unggul : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Maulana, H., Dhini H.S, L. N., & Aisyah, K. N. (2024). Strategi Rebranding
Label Kemasan Produk untuk Meningkatkan Brand Awareness
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Warung Makan Mbok
Sih di Desa Jatirejo. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat.
Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F. (2023). Strategi Peningkatan Penjualan
Melalui Desain Label Kemasan dan Banner Pada UMKM Surya
Makmur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.
Salman, S., & Sholihah, D. D. (2024). Pemanfaatan Desain Banner Guna
Meningkatkan Ketertarikan Konsumen PadaUMKMKelurahan
Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Nusantara.
Sarifah, S., & Andi, C. (2023). Pendampingan Branding dan Plotting
Lokasi UMKM Aneka Snack Tradisional di Desa Salamjaya
Pondoksalam Purwakarta. AdindaMas Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat.
Shofi, N. L., & Swasti, I. K. (2024). Strategi Pemasaran Pada UMKM di
Sirah Kencong Melalui Pembuatan Banner. Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat.
Tobing, D. S., & Ardhyansyah, G. (2022). Sosialisasi UMKM dan
Pembuatan Label Produk Sebagai Program Pengembangan UMKM
Lokal Desa Sumbersari Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian
Masyarakat Applied.
Wawan, Abidin, Z., Irawan, H., Jumardi, & Satria. (2023). Pembuatan
Spanduk dan Labeling Produk Sebagai Pemenuhan Strategi
Pemasaran Produk Kerupuk dan Keripik Pisang di Desa
Balangpesoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Ekonomi
Hukum.
Yulinda, E., Dharmawan, T. U., & Panjaitan, R. S. (2023). Pengemasan
dan Pemasaran Digital Produk UMKM Desa Empat Balai-Kuok,
Kampar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
References
Pembuatan Label dan Banner Sebagai Upaya Strategi Pemasaran
Produk UMKM Cenil Mbok Mini. ASPIRASI: Publikasi Hasil
Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat.
Hutahuruk, F. N., Dewi, K., & Siregar, A. Z. (2024). Pentingnya
Pembuatan Kemasan Serta Labeling Home Industri Kue Basah dan
Kue Kering Kecamatan Medan Selayang. Jurnal Ilmiah Pengabdian
Kepada Masyarakat.
Kurniawan, B., & Sawitri, D. K. (2024). Design Branding Kemasan pada
UMKM Herbal Lestari Sebagai Strategi Daya Tarik Konsumen.
Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Mas'udah, K. W., Wuryandari, Y., & Nathania, Y. (2022). Pendampingan
UMKM dalam Meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa
Pulosari. Karya Unggul : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Maulana, H., Dhini H.S, L. N., & Aisyah, K. N. (2024). Strategi Rebranding
Label Kemasan Produk untuk Meningkatkan Brand Awareness
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Warung Makan Mbok
Sih di Desa Jatirejo. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat.
Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F. (2023). Strategi Peningkatan Penjualan
Melalui Desain Label Kemasan dan Banner Pada UMKM Surya
Makmur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.
Salman, S., & Sholihah, D. D. (2024). Pemanfaatan Desain Banner Guna
Meningkatkan Ketertarikan Konsumen PadaUMKMKelurahan
Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Nusantara.
Sarifah, S., & Andi, C. (2023). Pendampingan Branding dan Plotting
Lokasi UMKM Aneka Snack Tradisional di Desa Salamjaya
Pondoksalam Purwakarta. AdindaMas Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat.
Shofi, N. L., & Swasti, I. K. (2024). Strategi Pemasaran Pada UMKM di
Sirah Kencong Melalui Pembuatan Banner. Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat.
Tobing, D. S., & Ardhyansyah, G. (2022). Sosialisasi UMKM dan
Pembuatan Label Produk Sebagai Program Pengembangan UMKM
Lokal Desa Sumbersari Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian
Masyarakat Applied.
Wawan, Abidin, Z., Irawan, H., Jumardi, & Satria. (2023). Pembuatan
Spanduk dan Labeling Produk Sebagai Pemenuhan Strategi
Pemasaran Produk Kerupuk dan Keripik Pisang di Desa
Balangpesoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Ekonomi
Hukum.
Yulinda, E., Dharmawan, T. U., & Panjaitan, R. S. (2023). Pengemasan
dan Pemasaran Digital Produk UMKM Desa Empat Balai-Kuok,
Kampar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.