Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji revitalisasi pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui strategi spanduk dan labeling dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Gunung Besar, Kecamatan Arma Jaya. UMKM memiliki peran krusial dalam mendukung perekonomian lokal, namun tantangan yang dihadapi UMKM seperti keterbatasan akses pasar dan kurangnya pengenalan produk menjadikan penghambat pertumbuhan UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan partisipatif dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi spanduk dan labeling yang tepat dapat meningkatkan visabilitas produk UMKM, menarik minat konsumen, dan memperluas jangkauan pasar. Spanduk yang dirancang dengan estetika yang menarik dan informasi yang jelas mampu menarik perhatian konsumen potensial. Sementara itu, labeling yang informatif dan menarik dapat meningkatkan citra produk dan kepercayaan konsumen. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi spanduk dan labeling tidak hanya meningkatkan daya saing produk UMKM, tetapi juga berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Gunung Besar, Kecamatan Arma Jaya. Oleh karena itu, disarankan kepada pemerintah daerah dan lembaga terkait untuk memberikan dukungan yang lebih besar dalam bentuk pendampingan terhadap UMKM yang sedang berkembang. Dengan demikian UMKM dapat semakin berkembang secara berkelanjutan dan memberikan konstribusi yang lebih besar terhadap perekonomian desa. Penelitian ini memberikan wawasan baru tentang pentingnya strategi spanduk dan labeling dalam pemberdayaan UMKM dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi desa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pengambil kebijakan dan praktisi dalam merancang program pemberdayaan UMKM yang lebih efektif dan berkelanjutan.

Keywords

UMKM Spanduk Labeling

Article Details

How to Cite
Nuraisyah, K. (2025). REVITALISASI PEMBERDAYAAN UMKM MELALUI STRATEGI SPANDUK DAN LABELING DALAM MENGAKSELERASI PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT DESA GUNUNG BESAR KECAMATAN ARMA JAYA. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 6(1), 6–14. https://doi.org/10.33369/tribute.v6i1.37024

References

    Fitriyani, Z. A., Dandy, D. A., & Prasetyo, D. (2024). Pendampingan
    Pembuatan Label dan Banner Sebagai Upaya Strategi Pemasaran
    Produk UMKM Cenil Mbok Mini. ASPIRASI: Publikasi Hasil
    Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat.
    Hutahuruk, F. N., Dewi, K., & Siregar, A. Z. (2024). Pentingnya
    Pembuatan Kemasan Serta Labeling Home Industri Kue Basah dan
    Kue Kering Kecamatan Medan Selayang. Jurnal Ilmiah Pengabdian
    Kepada Masyarakat.
    Kurniawan, B., & Sawitri, D. K. (2024). Design Branding Kemasan pada
    UMKM Herbal Lestari Sebagai Strategi Daya Tarik Konsumen.
    Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
    Mas'udah, K. W., Wuryandari, Y., & Nathania, Y. (2022). Pendampingan
    UMKM dalam Meningkatkan Branding dan Legalitas di Desa
    Pulosari. Karya Unggul : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
    Maulana, H., Dhini H.S, L. N., & Aisyah, K. N. (2024). Strategi Rebranding
    Label Kemasan Produk untuk Meningkatkan Brand Awareness
    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Warung Makan Mbok
    Sih di Desa Jatirejo. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat.
    Resti, N. C., & Ilmiyah, N. F. (2023). Strategi Peningkatan Penjualan
    Melalui Desain Label Kemasan dan Banner Pada UMKM Surya
    Makmur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.
    Salman, S., & Sholihah, D. D. (2024). Pemanfaatan Desain Banner Guna
    Meningkatkan Ketertarikan Konsumen PadaUMKMKelurahan
    Gunung Anyar Tambak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
    Nusantara.
    Sarifah, S., & Andi, C. (2023). Pendampingan Branding dan Plotting
    Lokasi UMKM Aneka Snack Tradisional di Desa Salamjaya
    Pondoksalam Purwakarta. AdindaMas Jurnal Pengabdian Kepada
    Masyarakat.
    Shofi, N. L., & Swasti, I. K. (2024). Strategi Pemasaran Pada UMKM di
    Sirah Kencong Melalui Pembuatan Banner. Jurnal Pengabdian
    Kepada Masyarakat.
    Tobing, D. S., & Ardhyansyah, G. (2022). Sosialisasi UMKM dan
    Pembuatan Label Produk Sebagai Program Pengembangan UMKM
    Lokal Desa Sumbersari Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian
    Masyarakat Applied.
    Wawan, Abidin, Z., Irawan, H., Jumardi, & Satria. (2023). Pembuatan
    Spanduk dan Labeling Produk Sebagai Pemenuhan Strategi
    Pemasaran Produk Kerupuk dan Keripik Pisang di Desa
    Balangpesoang. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Ekonomi
    Hukum.
    Yulinda, E., Dharmawan, T. U., & Panjaitan, R. S. (2023). Pengemasan
    dan Pemasaran Digital Produk UMKM Desa Empat Balai-Kuok,
    Kampar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.