Main Article Content

Abstract

KKN Tematik merupakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa yang sedang melaksanakan Magang Industri Pertanian (MIP) dengan fokus pada tema tertentu yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Bagi mahasiswa program S1, KKN dilaksanakan dalam bentuk pengintegrasian antara kegiatan-kegiatan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat secara interdisipliner. Kegiatan KKN Tematik tahun 2025 dilaksanakan di Desa Parungkuda, kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dimana permasalahan sampah telah menjadi masalah global yang semakin mengkhawatirkan, terlebih lagi infrastruktur pengelolaan sampah yang belum memadai. Kesadaran lingkungan dan kebersihan pada anak sekolah memegang peranan krusial dalam membentuk generasi yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Sesuai dengan permasalahan yang ada, KKN Tematik tahun 2025 di Desa Parungkuda mengusung tema, “Pahlawan Lingkungan” dengan beberapa subbab yang telah berhasil dilaksanakan selama masa KKN mahasiswa.

Keywords

Sampah, KKN Tematik, Desa Parungkuda

Article Details

How to Cite
-, intri, muhamad zentri guswa bakti, -, muhammad gilang alfasha, & Yulian. (2025). SOSIALISASI MEMILAH SAMPAH BERDASARKAN JENISNYA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 1 DESA PARUNGKUDA KECAMATAN PARUNGKUDA, KABUPATEN SUKABUMI JAWA BARAT. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 6(1), 64–75. https://doi.org/10.33369/tribute.v6i1.41969

References

  1. Almanda, D., H. Isyanto., dan R. Samsinar. (2018). Perancangan Prototype Pemilah Sampah Organik Dan Anorganik Menggunakan Solar Panel 100 Wp Sebagai Sumber Energi Listrik Terbarukan. Prosiding Semnastek.
  2. Dasril, O., dan R. F. Yuni, (2019). Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik Dan Anorganik Pada Siswa Sd 05 Tigo Tanjung Talawi. Jurnal Abdimas Saintika, 1(1), 79-88.
  3. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2020). Pedoman Pengelolaan Sampah di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
  4. Emilia, H. (2022). Bentuk dan Sifat Pengabdian Masyarakat Yang Diterapkan Oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 122-130.
  5. Latifatul, F. N., A. Afriezal., A. Auliya., dan K. R. M. Nur. (2018). Pengaruh Sosialisasi Pemilahan Sampah Organik dan Non Organik Serta Manajemen Sampah Terhadap Penurunan Volume Sampah Di Dusun Krajan Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember. The Indonesian Journal of Health Science, 10(1).
  6. Marwah, S., dan B. Sulistyo. (2020). Korelasi Perilaku Membuang Sampah di Sekolah dengan Perilaku di Luar Sekolah: Studi Kasus Siswa SD dan SMP di Pulau Jawa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 14(2), 156-170.
  7. Nurzanah, E., dan C. Carwadi, (2019). Peran Siswa Sekolah Dasar dalam Perubahan Perilaku Pembuangan Sampah Organik dan Pemanfaatan Pembuangan Akhir. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 9(04), 681-685.
  8. Restuaji, I. M., F. E. Pujiono., T. A. Mulyati., dan P. A. Lukis. (2019). Penyuluhan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(1).
  9. Siagian, I., N. Tambunan., dan B. D. Hatmoko., (2022). Pkm Bank Sampah Koperasi Warga Sadaya (Kowasa) Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(12), 3457-3466.
  10. Widodo, S. (2020). Analisis Perilaku Membuang Sampah dan Dampaknya terhadap Kebersihan Lingkungan Urban. Jurnal Sosiologi Lingkungan, 10(3), 215-230.