Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa SDN 49 Kota Bengkulu mengenai pencegahan penyakit cacingan melalui penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penyuluhan dilakukan secara interaktif dengan metode ceramah, diskusi, dan simulasi praktik cuci tangan enam langkah. Evaluasi dilakukan menggunakan pre-test dan post-test terhadap 25 siswa kelas IV. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman siswa, dari 28% yang lulus pre-test menjadi 80% pada post-test. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas metode edukasi dalam menanamkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sebagai upaya pencegahan penyakit cacingan. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk pola hidup sehat di kalangan siswa dan berkontribusi dalam menurunkan angka kejadian cacingan di lingkungan sekolah.

Keywords

Cacingan PHBS Edukasi Kesehatan Anak Sekolah Pencegahan Penyakit

Article Details

How to Cite
Almaududi, M. T. (2025). EDUKASI DAN PENCEGAHAN CACINGAN MELALUI PROGRAM PHBS (PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT) PADA ANAK SEKOLAH DI SDN 49 KOTA BENGKULU. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 6(1), 87–93. https://doi.org/10.33369/tribute.v6i1.42127

References

  1. Adri, R.F. 2020. Pengaruh Pre-Test terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. MENARA Ilmu, 14(1): 81-85.
  2. Al Faizi, N. M. A., Ibad, M., El Muna, K. U. N., & Setianto, B. (2023). Implementasi Principal Component Analysis dalam Analisis Faktor Kecacingan pada Anak Sekolah Dasar di Kabupaten Jember. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(3), 700-710.
  3. Buntoro, I. F., Handoyo, N. E., Koamesah, S. M. J., Folamauk, C. L. H., Nurina, R., & Muntasir, M. 2025. PKM Edukasi dan PHBS Pencegahan Cacingan Anak Usia Sekolah sebagai Upaya Menanggulangi Stunting.
  4. Hanina, H., Putri Sari Wulandari, R., & Karolina, M. E. 2023. Penyuluhan untuk Mencegah Kecacingan pada Anak SDN 208/IV Telanaipura Guna Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Anak. Medical Dedication, 6(2).
  5. Kabila, I., Fattah, N., Arfah, A. I., Esa, A. H., & Laddo, N. 2023. Faktor Risiko Infeksi Kejadian Kecacingan pada Anak Usia Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Panambungan Makassar. Fakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran, 3(4): 278 – 289.
  6. Kartini, S. 2016. Kejadian Kecacingan pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbar. Jurnal kesehatan komunitas (Journal of community health), 3(2): 53-58.
  7. Magdalena, I., Annisa, M.N., Ragin, G., dan Ishaq, A.R. 2021. Analisi Penggunaan Telnik Pre-Test dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika dalam keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2): 150-165.
  8. Syaputri, K. H., Sari, O. M., Riduan, A., & Muslimawati, K. (2024). Peningkatan Pengetahuan Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Cacingan pada Anak di Posyandu Balita Kartika. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Kesehatan untuk Masyarakat, 2(2), 78-84.
  9. Valenza, N. I., Sumaryono, D., & Marleni, W. A. 2022. Media Lembar Balik Berpengaruh terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Kecacingan pada Siswa SDN 66 Kota Bengkulu. Jurnal Promosi Kesehatan Poltekkes Bengkulu, 2(1).