Main Article Content
Abstract
Literasi dasar merupakan fondasi penting bagi perkembangan akademik dan kognitif anak. Namun, di daerah perdesaan seperti Desa Bukit Peninjauan I, Kabupaten Seluma, masih ditemukan anak-anak sekolah dasar yang belum menguasai kemampuan membaca, menulis, dan berhitung secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan adaptive teaching dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi sebagai strategi peningkatan literasi dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan subjek siswa kelas 1 hingga 3 SD dan lokasi di Perpustakaan Cakrawala desa setempat. Data diperoleh melalui observasi, wawancara informal, dan dokumentasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan adaptive teaching mampu meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa secara signifikan. Pembelajaran yang fleksibel dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa terbukti menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif dan efektif. Temuan ini memperkuat pentingnya strategi pembelajaran adaptif dalam mengatasi tantangan literasi dasar di daerah dengan keterbatasan sumber daya pendidikan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy this form and after filling it, please send it to tributejournal@unib.ac.id
COPYRIGHT TRANSFER STATEMENT
When this article is accepted for publication, its copyright is transferred to TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer statement (Download) for signed by the corresponding author.
The author warrants that this article is original and that the author has full power to publish. The author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. In regard to all kind of plagiarism in this manuscript, if any, only the author(s) will take full responsibility.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)

TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Anggoro, B. S., Zahra, N. F., Muhammad, R. R., Wahyu, R., & Putra, Y. (2025). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA URBAN DAN RURAL : ANALISIS DATA AKM NASIONAL 2021. 3.
- Ariandini, N., & Hidayati, A. (2023). Pembelajaran Adaptif dalam Kurikulum Merdeka: Integrasi Teori Behavioristik, Kognitif, dan Konstruktivis dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 158–164. https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13351
- Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Anzora, Suryani, Hasanah, Hamama, S. F., & Maulida. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas UNAYA, 3(2), 37–41. www.jurnal.abulyatama.ac.id/xxxxxxxx
- Fadillaha, Y. Al, Akbarb, A. R., & Gusmanelic. (2024). Strategi Desain Pembelajaran Adaptif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan, 01(04), 354–362.
- Fikri, K., Rahma, Y. A., Rahfitra, A. A., & Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.4153
- Firyaal, R., Faatin, F., Nurmalia, L., & Hayun, M. (2024). Penggunaan Strategi Pembelajaran Adaptif dalam Mengatasi Tantangan Pembelajaran Siswa Hyperactive Kelas 2B MIS Al- Hidayah. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 295–305. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/viewFile/23530/10875
- Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
- Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436
- Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
- Rakha Aditya Putra, Wildan Satio Siregar, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Adaptif: Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Era Digital. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 01–09. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.832
- Randi, J. (2022). Adaptive Teaching. Adaptive Teaching. https://doi.org/10.4324/9781138609877-ree125-1
References
Anggoro, B. S., Zahra, N. F., Muhammad, R. R., Wahyu, R., & Putra, Y. (2025). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA URBAN DAN RURAL : ANALISIS DATA AKM NASIONAL 2021. 3.
Ariandini, N., & Hidayati, A. (2023). Pembelajaran Adaptif dalam Kurikulum Merdeka: Integrasi Teori Behavioristik, Kognitif, dan Konstruktivis dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 158–164. https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13351
Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Anzora, Suryani, Hasanah, Hamama, S. F., & Maulida. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas UNAYA, 3(2), 37–41. www.jurnal.abulyatama.ac.id/xxxxxxxx
Fadillaha, Y. Al, Akbarb, A. R., & Gusmanelic. (2024). Strategi Desain Pembelajaran Adaptif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan, 01(04), 354–362.
Fikri, K., Rahma, Y. A., Rahfitra, A. A., & Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.4153
Firyaal, R., Faatin, F., Nurmalia, L., & Hayun, M. (2024). Penggunaan Strategi Pembelajaran Adaptif dalam Mengatasi Tantangan Pembelajaran Siswa Hyperactive Kelas 2B MIS Al- Hidayah. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 295–305. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/viewFile/23530/10875
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Rakha Aditya Putra, Wildan Satio Siregar, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Adaptif: Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Era Digital. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 01–09. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.832
Randi, J. (2022). Adaptive Teaching. Adaptive Teaching. https://doi.org/10.4324/9781138609877-ree125-1