Main Article Content

Abstract

Literasi dasar merupakan fondasi penting bagi perkembangan akademik dan kognitif anak. Namun, di daerah perdesaan seperti Desa Bukit Peninjauan I, Kabupaten Seluma, masih ditemukan anak-anak sekolah dasar yang belum menguasai kemampuan membaca, menulis, dan berhitung secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan adaptive teaching dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Literasi sebagai strategi peningkatan literasi dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan subjek siswa kelas 1 hingga 3 SD dan lokasi di Perpustakaan Cakrawala desa setempat. Data diperoleh melalui observasi, wawancara informal, dan dokumentasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan adaptive teaching mampu meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung siswa secara signifikan. Pembelajaran yang fleksibel dan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa terbukti menciptakan suasana belajar yang lebih inklusif dan efektif. Temuan ini memperkuat pentingnya strategi pembelajaran adaptif dalam mengatasi tantangan literasi dasar di daerah dengan keterbatasan sumber daya pendidikan.

Keywords

Literasi Dasar Adaptive Teaching Pembelajaran Perpustakaan Pendidikan Dasar

Article Details

How to Cite
Sulaiman, D., Afrian Al-Haritz, R., Fathurrahman, A., Ebenezer Alessandro Sinaga, G., & Eric Prianto, R. (2025). PENERAPAN PENDEKATAN ADAPTIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DASAR ANAK (STUDI KASUS : DESA BUKIT PENINJAUAN 1 SELUMA). TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 6(2), 109–116. https://doi.org/10.33369/tribute.v6i2.43808

References

  1. Anggoro, B. S., Zahra, N. F., Muhammad, R. R., Wahyu, R., & Putra, Y. (2025). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA URBAN DAN RURAL : ANALISIS DATA AKM NASIONAL 2021. 3.
  2. Ariandini, N., & Hidayati, A. (2023). Pembelajaran Adaptif dalam Kurikulum Merdeka: Integrasi Teori Behavioristik, Kognitif, dan Konstruktivis dalam Teknologi Pendidikan. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 158–164. https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13351
  3. Aryani, I., Nadia, R., Susanti, M., Musriandi, R., Irfan, A., Anzora, Suryani, Hasanah, Hamama, S. F., & Maulida. (2022). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas UNAYA, 3(2), 37–41. www.jurnal.abulyatama.ac.id/xxxxxxxx
  4. Fadillaha, Y. Al, Akbarb, A. R., & Gusmanelic. (2024). Strategi Desain Pembelajaran Adaptif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan, 01(04), 354–362.
  5. Fikri, K., Rahma, Y. A., Rahfitra, A. A., & Rahayu, S. S. (2022). Meningkatkan Minat Baca Anak-Anak Melalui Gerakan Literasi Membaca di SDN 02 Desa Sri Gading. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 6(2). https://doi.org/10.37859/jpumri.v6i2.4153
  6. Firyaal, R., Faatin, F., Nurmalia, L., & Hayun, M. (2024). Penggunaan Strategi Pembelajaran Adaptif dalam Mengatasi Tantangan Pembelajaran Siswa Hyperactive Kelas 2B MIS Al- Hidayah. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 295–305. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/viewFile/23530/10875
  7. Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
  8. Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2436
  9. Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
  10. Rakha Aditya Putra, Wildan Satio Siregar, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Model Pembelajaran Adaptif: Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di Era Digital. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 01–09. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.832
  11. Randi, J. (2022). Adaptive Teaching. Adaptive Teaching. https://doi.org/10.4324/9781138609877-ree125-1