Main Article Content
Abstract
Kemampuan literasi menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran anak sekolah dasar. Namun, rendahnya minat baca dan pemahaman isi bacaan bagi anak-anak menjadi masalah utama disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kegiatan membaca nyaring dengan metode observasi langsung dan wawancara dengan siswa-siswi kelas 3 sampai kelas 5 di SDN 140 Seluma yang dilakukan selama seminggu. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik membaca nyaring yang digunakan yaitu membaca buku dengan memperhatikan intonasi kata dalam menceritakaan isi buku, serta melafalkan huruf vocal maupun konsonan dengan ekspresi menyesuaikan isi buku bacaan yang sedang dibacakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa membaca nyaring sangat berdampak untuk meningkatkan kemampuan literasi dari peningkatan minat baca, memahami isi buku bacaan, memperluas kosa kata dan perkembangan keberanian siswa-siswi serta siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran literasi. Membaca nyaring mampu menjadi salah satu strategi yang efektif dalam membangun budaya literasi di lingkungan sekolah dasar terutama untuk interaksi aktif antar pembaca dan pendengar.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi, Membaca Nyaring, Minat Baca, Teknik Membaca Nyaring, Peningkatan Literasi, Pemahaman Bacaan
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy this form and after filling it, please send it to tributejournal@unib.ac.id
COPYRIGHT TRANSFER STATEMENT
When this article is accepted for publication, its copyright is transferred to TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer statement (Download) for signed by the corresponding author.
The author warrants that this article is original and that the author has full power to publish. The author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. In regard to all kind of plagiarism in this manuscript, if any, only the author(s) will take full responsibility.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)

TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Fatmawati, S., & Hanafiah, N. A. (2022). Metode Membaca Nyaring Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Siswaa SDS Madang Jaya. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 42-51.
- https://journal.almaarif.ac.id/index.php/tadzkirah/article/view/151/118
- Hamdar, E., Hasmah, C., & Faqih, A. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 1(1), 28-37.
- https://academicareview.com/index.php/jh/article/view/5/5
- Harahap, A. L., Monang, S., & Yusniah, Y. (2023). Strategi reading aloud (membaca nyaring) dalam meningkatkan minat baca siswa kelas iii sdn 0906 padang sihopal. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1033-1047.
- Husnussyifa, A., & Rokmanah, S. (2023). PENERAPAN METODE MEMBACA NYARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI PURWAKARTA I. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1134-1143.
- Oktafani, D., Ertanti, D. W., & Cahyanto, B. (2023). Mengasah Kemampuan Membaca Siswa Melalui Membaca Nyaring Di Kelas III Sekolah Dasar. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(4), 24-31.
- Lamis, L., Sutra, E., Atmaja, L. K., & Rustinar, E. (2022). Meningkatkan minat baca siswa kelas V program kampus mengajar angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara menggunakan metode membaca nyaring (reading aloud). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 299-310.
- Rokhmatulloh, E., & Sudihartinih, E. (2022). Membangun literasi membaca pada anak melalui metode membaca nyaring (read aloud). Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 54-61.
- https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/view/703/625
- Sukawana, I. W., Karmini, N. N., & Raka, I. N. (2024). Strategi efektif mengajarkan membaca nyaring dengan model pembelajaran induktif. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 22(3, Edisi Khusus), 441–446.
- Vanya, D. (2025). Penerapan Membaca Nyaring dalam Meningkatkan Minat Baca Anak. Karimah Tauhid, 4(5), 2778-2782.
References
Fatmawati, S., & Hanafiah, N. A. (2022). Metode Membaca Nyaring Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Siswaa SDS Madang Jaya. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 42-51.
https://journal.almaarif.ac.id/index.php/tadzkirah/article/view/151/118
Hamdar, E., Hasmah, C., & Faqih, A. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 1(1), 28-37.
https://academicareview.com/index.php/jh/article/view/5/5
Harahap, A. L., Monang, S., & Yusniah, Y. (2023). Strategi reading aloud (membaca nyaring) dalam meningkatkan minat baca siswa kelas iii sdn 0906 padang sihopal. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1033-1047.
Husnussyifa, A., & Rokmanah, S. (2023). PENERAPAN METODE MEMBACA NYARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI PURWAKARTA I. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1134-1143.
Oktafani, D., Ertanti, D. W., & Cahyanto, B. (2023). Mengasah Kemampuan Membaca Siswa Melalui Membaca Nyaring Di Kelas III Sekolah Dasar. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(4), 24-31.
Lamis, L., Sutra, E., Atmaja, L. K., & Rustinar, E. (2022). Meningkatkan minat baca siswa kelas V program kampus mengajar angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara menggunakan metode membaca nyaring (reading aloud). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 299-310.
Rokhmatulloh, E., & Sudihartinih, E. (2022). Membangun literasi membaca pada anak melalui metode membaca nyaring (read aloud). Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 54-61.
https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/view/703/625
Sukawana, I. W., Karmini, N. N., & Raka, I. N. (2024). Strategi efektif mengajarkan membaca nyaring dengan model pembelajaran induktif. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 22(3, Edisi Khusus), 441–446.
Vanya, D. (2025). Penerapan Membaca Nyaring dalam Meningkatkan Minat Baca Anak. Karimah Tauhid, 4(5), 2778-2782.