Main Article Content

Abstract

Kemampuan literasi menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran anak sekolah dasar. Namun, rendahnya minat baca dan pemahaman isi bacaan bagi anak-anak menjadi masalah utama disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas kegiatan membaca nyaring dengan metode observasi langsung dan wawancara dengan siswa-siswi kelas 3 sampai kelas 5 di SDN 140 Seluma yang dilakukan selama seminggu. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik membaca nyaring yang digunakan yaitu membaca buku dengan memperhatikan intonasi kata dalam menceritakaan isi buku, serta melafalkan huruf vocal maupun konsonan dengan ekspresi menyesuaikan isi buku bacaan yang sedang dibacakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa membaca nyaring sangat berdampak untuk meningkatkan kemampuan literasi dari  peningkatan minat baca, memahami isi buku bacaan, memperluas kosa kata dan perkembangan keberanian siswa-siswi serta siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran literasi. Membaca nyaring mampu menjadi salah satu strategi yang efektif dalam membangun budaya literasi di lingkungan sekolah dasar terutama untuk interaksi aktif antar pembaca dan pendengar.


Kata Kunci: Kemampuan Literasi, Membaca Nyaring, Minat Baca, Teknik Membaca Nyaring, Peningkatan Literasi, Pemahaman Bacaan 

Keywords

literasi membaca nyaring minat baca

Article Details

How to Cite
dwi yulianti, risma sari, dharma, gilang surya, mufida, nada, tambunan, kevin saputra, rafli khadapi, muhammad tegar, & Prianto , R. E. (2025). PENERAPAN PROGRAM MEMBACA NYARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DI SDN 140 SELUMA. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 6(2), 162–171. https://doi.org/10.33369/tribute.v6i2.44138

References

  1. Fatmawati, S., & Hanafiah, N. A. (2022). Metode Membaca Nyaring Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Siswaa SDS Madang Jaya. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 42-51.
  2. https://journal.almaarif.ac.id/index.php/tadzkirah/article/view/151/118
  3. Hamdar, E., Hasmah, C., & Faqih, A. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 1(1), 28-37.
  4. https://academicareview.com/index.php/jh/article/view/5/5
  5. Harahap, A. L., Monang, S., & Yusniah, Y. (2023). Strategi reading aloud (membaca nyaring) dalam meningkatkan minat baca siswa kelas iii sdn 0906 padang sihopal. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1033-1047.
  6. Husnussyifa, A., & Rokmanah, S. (2023). PENERAPAN METODE MEMBACA NYARING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI PURWAKARTA I. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1134-1143.
  7. Oktafani, D., Ertanti, D. W., & Cahyanto, B. (2023). Mengasah Kemampuan Membaca Siswa Melalui Membaca Nyaring Di Kelas III Sekolah Dasar. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(4), 24-31.
  8. Lamis, L., Sutra, E., Atmaja, L. K., & Rustinar, E. (2022). Meningkatkan minat baca siswa kelas V program kampus mengajar angkatan III di SD Negeri 118 Bengkulu Utara menggunakan metode membaca nyaring (reading aloud). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(5), 299-310.
  9. Rokhmatulloh, E., & Sudihartinih, E. (2022). Membangun literasi membaca pada anak melalui metode membaca nyaring (read aloud). Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 16(1), 54-61.
  10. https://cendekia.soloclcs.org/index.php/cendekia/article/view/703/625
  11. Sukawana, I. W., Karmini, N. N., & Raka, I. N. (2024). Strategi efektif mengajarkan membaca nyaring dengan model pembelajaran induktif. Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan, 22(3, Edisi Khusus), 441–446.
  12. Vanya, D. (2025). Penerapan Membaca Nyaring dalam Meningkatkan Minat Baca Anak. Karimah Tauhid, 4(5), 2778-2782.