Main Article Content

Abstract

Pengelolaan sampah rumah tangga di Kelurahan Nusa Indah, Kota Bengkulu masih menghadapi berbagai kendala teknis dan sosial. Program pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Kelompok 85 Universitas Bengkulu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi warga melalui pendekatan edukatif dan partisipatif berbasis kearifan lokal. Kegiatan mencakup edukasi sejak dini, pembentukan bank sampah, pembuatan pupuk cair, serta gotong royong lingkungan. Hasilnya menunjukkan peningkatan perilaku pengelolaan sampah secara mandiri dan kolektif, serta terbentuknya sistem pengelolaan yang berkelanjutan dan bernilai ekonomis. Program ini membuktikan efektivitas sinergi antara strategi teknis dan nilai budaya dalam pengelolaan lingkungan.


 

Keywords

Pengelolaan Sampah Kearifan Lokal Bank Sampah Pengabdian Masyarakat

Article Details

Author Biography

Ananta Triwansya, Universitas Bengkulu

  •  
How to Cite
Dwi, C., & Triwansya, A. (2025). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KELURAHAN NUSA INDAH KOTA BENGKULU. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 6(2), 172–181. https://doi.org/10.33369/tribute.v6i2.44174

References

  1. Hidayati, N. (2019). Model Bank Sampah sebagai Inovasi Sosial dalam Pengelolaan Sampah. Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora, 4(2), 67–75.
  2. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). (2021). Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN).
  3. Nugroho, T., & Amalia, R. (2020). Peran Spanduk dan Media Visual dalam Edukasi Lingkungan. Jurnal Komunikasi Lingkungan, 3(1), 55–62.
  4. Pertiwi, M. (2021). Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 15(2), 99–106.
  5. Prasetyo, H. (2022). Pengelolaan Sampah Berbasis Komunitas: Studi Kasus di Kota Semarang. Jurnal Urban dan Lingkungan, 9(4), 209– 218.
  6. Rahayu, S. (2021). Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Pupuk Cair Ramah Lingkungan. Jurnal Teknologi Lingkungan, 22(2), 111–119.
  7. Ramadhan, L. (2022). Efektivitas Edukasi Lingkungan Berbasis Partisipasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–29.
  8. Safitri, D. (2023). Strategi Sosialisasi Lingkungan di Tingkat RT: Sebuah Studi Lapangan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 4(3), 143–157.
  9. Suryani, E. (2020). Pengembangan Program Edukasi Daur Ulang Sampah di Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 5(3), 88–94.
  10. Wibowo, A., & Kurniasih, A. (2020). Peran Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(1), 34-45.