Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai respons terhadap kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan strategi komunikasi edukatif yang efektif melalui pemanfaatan media infografis sebagai sarana pembelajaran inovatif. Guru memiliki peran strategis sebagai komunikator pendidikan yang berfungsi tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tetapi juga membangun interaksi dan motivasi belajar peserta didik. Hasil identifikasi awal menunjukkan bahwa sebagian guru di MTS Musthafawiyah Bengkulu Tengah masih menghadapi kendala dalam mengimplementasikan komunikasi edukatif yang partisipatif serta dalam mengembangkan media pembelajaran visual yang menarik dan kontekstual. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang, mengelola, dan menerapkan strategi komunikasi edukatif berbasis media infografis. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan workshop partisipatif melalui tiga tahap, yaitu penyampaian materi konseptual, praktik pembuatan infografis dengan aplikasi Canva, serta refleksi dan presentasi hasil karya guru. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru memahami prinsip komunikasi edukatif serta keterampilan dalam merancang infografis pembelajaran yang komunikatif dan persuasif. Media infografis terbukti mampu memperjelas pesan pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan kolaboratif. Kegiatan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan, khususnya dalam penguatan praktik komunikasi edukatif berbasis media visual yang adaptif terhadap perkembangan teknologi pembelajaran modern.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copy this form and after filling it, please send it to tributejournal@unib.ac.id
COPYRIGHT TRANSFER STATEMENT
When this article is accepted for publication, its copyright is transferred to TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature. This is copyright transfer statement (Download) for signed by the corresponding author.
The author warrants that this article is original and that the author has full power to publish. The author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. In regard to all kind of plagiarism in this manuscript, if any, only the author(s) will take full responsibility.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)

TRIBUTE : JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Ariani, N. (2021). Media Pembelajaran Inovatif di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.
- Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Djamarah, S. B. (2017). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Gunawan, I. (2020). Strategi Komunikasi Edukatif dalam Pembelajaran Abad ke-21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 101–110.
- Kusumawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Motivasi dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 45–56.
- Lestari, S., & Mulyani, T. (2021). Desain Infografis sebagai Media Komunikasi Visual dalam Pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(1), 65–76.
- Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. New York: Oxford University Press.
- Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2020). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
- Siregar, E., & Nara, H. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Sukmadinata, N. S. (2021). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Yuliani, T. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Transformasi Digital Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 89–99.
References
Ariani, N. (2021). Media Pembelajaran Inovatif di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Djamarah, S. B. (2017). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, I. (2020). Strategi Komunikasi Edukatif dalam Pembelajaran Abad ke-21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 101–110.
Kusumawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Motivasi dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 45–56.
Lestari, S., & Mulyani, T. (2021). Desain Infografis sebagai Media Komunikasi Visual dalam Pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(1), 65–76.
Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. New York: Oxford University Press.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2020). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Siregar, E., & Nara, H. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sukmadinata, N. S. (2021). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yuliani, T. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Transformasi Digital Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 89–99.