Main Article Content

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai respons terhadap kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan strategi komunikasi edukatif yang efektif melalui pemanfaatan media infografis sebagai sarana pembelajaran inovatif. Guru memiliki peran strategis sebagai komunikator pendidikan yang berfungsi tidak hanya menyampaikan pengetahuan, tetapi juga membangun interaksi dan motivasi belajar peserta didik. Hasil identifikasi awal menunjukkan bahwa sebagian guru di MTS Musthafawiyah Bengkulu Tengah masih menghadapi kendala dalam mengimplementasikan komunikasi edukatif yang partisipatif serta dalam mengembangkan media pembelajaran visual yang menarik dan kontekstual. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang, mengelola, dan menerapkan strategi komunikasi edukatif berbasis media infografis. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan workshop partisipatif melalui tiga tahap, yaitu penyampaian materi konseptual, praktik pembuatan infografis dengan aplikasi Canva, serta refleksi dan presentasi hasil karya guru. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru memahami prinsip komunikasi edukatif serta keterampilan dalam merancang infografis pembelajaran yang komunikatif dan persuasif. Media infografis terbukti mampu memperjelas pesan pembelajaran, meningkatkan keterlibatan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan kolaboratif. Kegiatan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan ilmu pendidikan, khususnya dalam penguatan praktik komunikasi edukatif berbasis media visual yang adaptif terhadap perkembangan teknologi pembelajaran modern.

Keywords

Komunikasi Edukatif Media Infografis Pelatihan Guru Pengabdian Masyarakat

Article Details

How to Cite
Shofinna Nur, W., Lubis, B., & Kurniawan, R. (2025). Pelatihan Penerapan Strategi Komunikasi Edukatif Melalui Media Infografis Bagi Guru di MTS Musthafawiyah Bengkulu Tengah. TRIBUTE: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICES, 6(2), 129–137. https://doi.org/10.33369/tribute.v6i2.45432

References

  1. Ariani, N. (2021). Media Pembelajaran Inovatif di Era Digital. Yogyakarta: Deepublish.
  2. Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  3. Djamarah, S. B. (2017). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Gunawan, I. (2020). Strategi Komunikasi Edukatif dalam Pembelajaran Abad ke-21. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 101–110.
  5. Kusumawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Digital terhadap Motivasi dan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 45–56.
  6. Lestari, S., & Mulyani, T. (2021). Desain Infografis sebagai Media Komunikasi Visual dalam Pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 8(1), 65–76.
  7. Paivio, A. (1986). Mental Representations: A Dual Coding Approach. New York: Oxford University Press.
  8. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2020). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  9. Sanjaya, W. (2021). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
  10. Siregar, E., & Nara, H. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  11. Sukmadinata, N. S. (2021). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Yuliani, T. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Transformasi Digital Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 89–99.