Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi produk, harga dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Makan (RM) Holat Afifah Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Rumah Makan Holat Afifah Rantauprapat sejumlah 96 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Alat analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel variasi produk, harga dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Rumah Makan Holat Afifah Rantauprapat berdasarkan nilai thitung > ttabel (1,984) dan taraf signifikasi < 0,05. Dan secara simultan bahwa variabel variasi produk, harga, dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Makan Holat Afifah Rantauprapat berdasarkan dari nilai Fhitung 51.892 > dari Ftabel 2.70 dan nilai Sig. 0,001 < 0,05. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesarnya 0.555,  ini menunjukkan bahwa variasi produk, harga, dan kepuasan pelanggan memberikan kontribusi terhadap loyalitas pelanggan sebanyak 55,5%, dan sisanya sebesar 44,5% adalah kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci

Harga Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Holat Variasi Produk

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Efrida Julianti Hasibuan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Labuhanbatu
Cara Mengutip
Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. S., & Helvi, B. (2022). PENGARUH VARIASI PRODUK, HARGA, KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN HOLAT AFIFAH RANTAUPRAPAT KABUPATEN LABUHANBATU. Management Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 202–216. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/22963

Referensi

  1. Astari, R., Simanjorang, E. F. S., & Syahputra, R. (2022). The Effect of Price, Quality of Service, and Quality of Service on Customer Satisfaction at Cafe Ranu Raseyan Rantau Prapat | Astari | Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences. Bupadest International Research and Critics Institute, 5(2), 9818–9830. https://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/4777/pdf
  2. Claudia, D., Simanjuntak, Y., Indonesia, U. P., Purba, P. Y., & Indonesia, U. P. (2020). Jurnal Bisnis dan Manajemen PERAN MEDIASI CUSTOMER SATISFACTION DALAM. Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 171–184.
  3. Edwin, J., & Adelia, S. (2020). Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee. Manajemen Pemasaran, 14(1), 35–43. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.35
  4. Fathoni, A., & Haryono, A. T. (2016). KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 2(2).
  5. Fitri, M., Pengajar, S., & Studi, P. (2017). Analisis kepuasan konsumen terhadap produk sembako pada minimarket juan di kecamatan benai kabupaten kuantan singingi. OPTIMA II Mulyeni Fitri, Jamalludin, Dan Chezy WM Vermila (1954),.
  6. Indrasari. (2017). PENGARUH CITA RASA, NILAI GIZI DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA YES DELIVERY DI PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. Ekonomi-Manajemen, 01(07), 2–12.
  7. Junita, Parlaungan Nasution, A., & Florentina Sinaga Simanjorang, E. (2020). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS LAYANAN DAN BRAND PREFERENCE TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PADA TOKO BINTANG TERANG MOTOR RANTAUPRAPAT. ECOBISMA (JURNAL EKONOMI, BISNIS DAN MANAJEMEN), 7(1), 1–8. https://doi.org/10.36987/ECOBI.V7I1.1431
  8. Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.
  9. Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
  10. Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT . Telkomsel di Kota Kediri. Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3(2).
  11. Maulidya, R. N., & Devi, A. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Syariah Di Bogor. JURNAL EKONOMI DAN PERBANKAN SYARI’AH, 11, 221–240. https://doi.org/10.24235/amwal.v11i2.5340
  12. Panjaitan, J. E. (2016). dengan lima dimensi sesuai dengan urutan kepada suatu perusahaan jasa tersebut jauh dibawah. Manajemen, 11(2).
  13. Rachmatiko, Suliyanto, R. (2018). ANALISIS PENGARUH SIKAP, KEPUASAN, KEPERCAYAAN, NILAI, DAN KOMITMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN HUBUNGAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DAN VARIABEL MODERASI (Studi pada Masyarakat Purbalingga). Performance, 25(1), 36–50.
  14. Reventiary, M. P. A. (2016). PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU MEREK CUSTOMADE (STUDI di MEREK DAGANG CUSTOMADE INDONESIA). Manajemen, 6, 1–10.
  15. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. (p. 2017). Alfabeta.
  16. Suharyono, M. L. S. A. H., & Hidayat, K. (2016). DAN DAMPAKNYA PADA LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pengguna sepeda motor Honda Vario all variant di service center Honda AHASS Sukma Motor Jalan Sigura-gura Barat Kota Malang ). Administrasi Bisnis, 39(1), 81–89.
  17. Yuliawati, Y. (2016). PENGARUH MOTIVASI DAN SIKAP TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN. Pendidikan Manajemen Bisnis, 11, 11–14.