Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis mengenai Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Suasana Cafe Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Rai Raka Cafe di Kabupaten Karawang). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Didalam penelitian ini digunakan variabel Kualitas Pelayanan sebagai variabel X1, Suasana Cafe sebagai X2 dan Keputusan Pembelian sebagai variabel Y. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan Rai Raka Cafe tahun 2021 sebanyak 5.435 orang, sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin untuk menentukan jumlah sampel dan diketahui jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 372 responden. Hasil korelasi antara Kualitas Pelayanan (X1) dan Suasana Cafe (X2) sebesar 0,795, menunjukan terdapat korelasi yang kuat antara Kualitas Pelayanan (X1) dan Suasana Cafe (X2). Pengaruh parsial Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) yaitu sebesar 0,409 atau 40,9%. Sedangkan untuk pengaruh parsial Suasana Cafe (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,229 atau 22,9%. Pengaruh simultan Kualitas Pelayanan (X1) dan Suasana Cafe (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) sebesar 0,638 atau 63,8%, sedangkan sisanya 36,2% merupakan variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Shafa Shinta Masriya, Chaerudin .

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
Referensi
- A, B., & Pradhanawati, A. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Peacock Coffee Di Jalan Gajah Mada Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.
- Buchari Alma. (2015). Manajemen Pemasaran. In Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
- Hasibuan, M. . (2016). Manajemen Dasar,Pengertian, dan Masalah.
- Kotler, Amstrong, P., & Wong, V. (2018). Principles of Marketing.
- Kotler. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 2. In Penerbit Erlangga.
- Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen (15th Editi). Person Education.
- Kurniawan, D., & Soekotjo, H. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8, 1–18.
- Lubis, N. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Oke Supermarket Tanjung Morawa. 1–70.
- Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi Edisi 3. Penerbit Salemba.
- Roimatuh, R. (2016). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Rental ATIKA DVD Dan VCD KEDIRI. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.
- Sari, N. K. D. W., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Suasana Toko, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Tokio Barbershop. Values, 1(4), 41–49.
- Studi, K., Medan, K., Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan ). November.
- sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran dan Implementasi. In PT. Prehallindo. Jakarta. https://doi.org/10.1126/science.1084956
- Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.
- Tjiptono, F., & Tjiptono, F. (2012). Service management: mewujudkan layanan prima / Fandy Tjiptono. ,Service Management: Mewujudkan Layanan Prima / Fandy Tjiptono.
- Widyatama, S. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Referensi
A, B., & Pradhanawati, A. (2016). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pada Peacock Coffee Di Jalan Gajah Mada Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip.
Buchari Alma. (2015). Manajemen Pemasaran. In Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Hasibuan, M. . (2016). Manajemen Dasar,Pengertian, dan Masalah.
Kotler, Amstrong, P., & Wong, V. (2018). Principles of Marketing.
Kotler. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid 2. In Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Manajemen (15th Editi). Person Education.
Kurniawan, D., & Soekotjo, H. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8, 1–18.
Lubis, N. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Oke Supermarket Tanjung Morawa. 1–70.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi Edisi 3. Penerbit Salemba.
Roimatuh, R. (2016). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Rental ATIKA DVD Dan VCD KEDIRI. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 1–13.
Sari, N. K. D. W., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). Pengaruh Suasana Toko, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Tokio Barbershop. Values, 1(4), 41–49.
Studi, K., Medan, K., Nasution, A. E., & Lesmana, M. T. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus pada Alfamart di Kota Medan ). November.
sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran dan Implementasi. In PT. Prehallindo. Jakarta. https://doi.org/10.1126/science.1084956
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). In Metodelogi Penelitian.
Tjiptono, F., & Tjiptono, F. (2012). Service management: mewujudkan layanan prima / Fandy Tjiptono. ,Service Management: Mewujudkan Layanan Prima / Fandy Tjiptono.
Widyatama, S. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.