Main Article Content

Abstract

UMKM sebagai sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah mengalami dampak terparah yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Sehingga, penelitian ini ditujukan untuk melihat sejauh mana perkembangan pandemi Covid-19 serta bagaimana dampaknya terhadap perekonomian di Indonesia khususnya bagi UMKM. Penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan gambaran solusi strategi digital marketing yang di fokuskan pada Electronik Marketing (E-Marketing) sebagai solusi jangka pendek dan jangka panjang bagi UMKM. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik studi literatur dengan hasil bahwa pandemi Covid-19 berdampak terhadap penurunan pertumbuhan perekonomian di Indonesia (minus). Banyak pelaku UMKM yang harus menghentikan usahanya karena berbagai permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19. Namun, pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menstimulus UMKM agar dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. Berbagai strategi digital marketing dilakukan salah satunya yaitu strategi e-marketing melalui sosial media dan e-commerce.  Strategi e-marketing dinilai dapat membantu UMKM dalam kegiatan pemasaran dan memperluas pasar di tengah pandemi Covid-19.


Kata Kunci: Covid-19, Perekonomian Indonesia, UMKM, Digital marketing, E-Marketing, Media Sosial, E-Commerce

Article Details

How to Cite
Fiona, F., & Rahmayanti, D. (2022). ANALISIS DAMPAK PANDEMI COVID-19 BAGI UMKM DAN IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM INDONESIA. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2), 298–322. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/23257

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. A.A Manik Pratiwi, Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19, Jurnal Satyagraha, Vol. 03, No. 02, Agustus 2020 – Januari 2021, diakses melaluihttp://www.ejournal.universitasmahendradatta.ac.id/index.php/satyagraha/article/view/179
  3. Abdurrahman Firdaus Thaha, Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia, Jurnal Brand, Volume 2 No. 1, Juni 2020, diakses melalui https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand/article/view/607
  4. Agatha Olivia Victoria, Sri Mulyani Sebut Covid-19 Lebih Kompleks dari Krisis 1998 dan 2008, katadata.co.id: Finansial, Makro, 7 April 2020, diakses melalui : https://katadata.co.id/happyfajrian/finansial/5e9a41f631b5e/sri-mulyani-sebut-covid-19-lebih-kompleks-dari-krisis-1998-dan-2008 pada 7 Desember 2020 pukul 10.00 WIB
  5. Aisyah Nur Afifah, Penerapan Digital Marketing dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sektor Kreatif di Indonesia dan Malaysia, Bogor: Jurnal Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor, 2018
  6. Anisya Al Faqir, Ekonomi Indonesia Diprediksi Tumbuh Minus 0,4 Persen Sepanjang 2020, Merdeka.com: Uang, Juli 2020, diakses melalui
  7. https://www.merdeka.com/uang/ekonomi-indonesia-diprediksi-tumbuh-minus-04-persen-sepanjang-2020.html pada 4 Juli 2020 pukul 09.00 WIB
  8. Arnoldus Kristianus, Kemenkop UKM: 90% UMKM Terdampak Pandemi Covid-19, Investor Daily Indonesia : Business, 30 Oktober 2020, diakses melalui https://investor.id/business/kemenkop-ukm-90-umkm- terdampak-pandemi-covid19
  9. pada 10 Desember 2020 pukul 11.05 WIB
  10. Ayu Fadilatul Miladiah dan Sugeng Riyanto, Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Pemasaran Sayuran Oleh Sayurkita.Mlg Saat Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Indonesia Sosial Sains, Vol 1, No, 3, Oktober 2020, diakses melalui https://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/24
  11. Bagus Ramadhan, Data Internet di Indonesia dan Perilakunya Tahun 2020, diakses melalui https://teknoia.com/data-internet-di-indonesia-dan-perilakunya-880c7bc7cd19 pada 11 Desember 2020 pukul 16.00 WIB
  12. Bank Indonesia dan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Jakarta: Bank Indonesia, 2015
  13. Bank Indonesia, Laporan Kebijakan Moneter Triwulan III 2020, diakses dan diunduh melalui https://www.bi.go.id/id/publikasi/kebijakan- moneter/tinjauan/Pages/Laporan-Kebijakan-Moneter-Triwulan-III- 2020.aspx pada 7 Desember 2020 pukul 11.30 WIB
  14. Bank Indonesia, Survei Prompt Manufacturing Index, diakses melalui
  15. https://www.bi.go.id/id/publikasi/survei/Prompt-Manufacturing Index/Default.aspx#:~:text=Survei, Prompt%20Manufacturing%20Index&text=Prompt%20Manufacturing%20Index%E2%80%93Bank%20Indonesia,ini%20dan%20perkiraan%20tri wulan%20mendatang pada 07 Desember 2020 pukul 15.00 WIB
  16. CNN Indonesia, BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal IV 2020 Positif, CNN Indonesia: Ekonomi, Berita Keuangan, 12 November 2020, diakses melalui https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201111191942-78-568726/bi- optimis-pertumbuhan-ekonomi-kuartal-iv-2020-positif pada 9 Desember 2020 pukul 11.00 WIB
  17. Dani Sugiri, Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19, FokBis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, Vol.19, No.1, Juli 2020diakses dan diunduh melalui https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v19i1.575 pada 10 Desember 2020 pukul 14.00 WIB
  18. Dara Haspramudilla, Menguatkan Sang Pahlawan Ekonomi dari Gempuran Pandemi, Media Keuangan: Transparansi Informasi Kebijakan Fiskal, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Volume XV/No. 158/November 2020, diakses dan diunduh melalui https://www.kemenkeu.go.id/media/16664/media-keuangan-edisi- november-2020.pdf pada 12 Desember 2020 pukul 10.00 WIB
  19. Dave Chaffey dan Peter R. Smith, e-Marketing Excellence, Planning and Optimising Digital Marketing, London dan New York: Routledge Taylor and Francise Group, 2011
  20. Dave Chaffey dan PR Smith, Digital Marketing Excellence Planning, Optimizing, and Integrating Online Marketing, 5th Edition, London and New York: Routledge Taylor & Francis Group, 2017
  21. Dave Chaffey,E-Business and E-Commerce Management, England: Pearson Education Limited
  22. Estro Dariatno Sihaloho, Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia, ResearchGate, April 2020, diakses melalui DOI: 10.13140/RG.2.2.14524.67205
  23. Fadel Prayoga, 5 Jenis UMKM yang Paling Terdampak Covid-19, Okezone.com: Oke Finance, Ekonomy, Sektor Rill, 15 Juli 2020, diakses melalui https://economy.okezone.com/read/2020/07/15/320/2246713/5-jenis-umkm-yang-paling-terdampak-covid-19 pada 10 Desember 2020 pukul 12.01 WIB
  24. Faidah Umu Safuroh, Rektor UI Paparkan Konsep Pemulihan Ekonomi 2020-2021, Detik.com: Detik Finance, Juli 2020, diakses melalui https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5079505/rektor-ui-paparkan-konsep-pemulihan-ekonomi-2020-2021 pada 4 Juli 2020 pukul 11.00 WIB
  25. Fred R David, Strategic Management: Concepts and Cases, England: Prentice Hall, 2008
  26. Gita Laras Widyaningrum, WHO Tetapkan COVID-19 Sebagai Pandemi Global, Apa Maksudnya? National Geographic Indonesia: Kesehatan, Maret 2020, diakses malelui https://nationalgeographic.grid.id/read/132059249/who-tetapkan-covid-19-sebagai-pandemi-global-apa-maksudnya pada 10 April 2020 pukul 11.00 WIB
  27. Gusti, Transaksi Penjualan Online Naik 400 Persen di Masa Pandemi Covid-19, Universitas Gadja Mada: Liputan/Berita, Mei 2020, diakses melalui https://ugm.ac.id/id/berita/19452-transaksi-penjualan-online-naik-400-persen-di-masa-pandemi-covid-19 pada 05 Juli 2020 pukul 09.10 WIB
  28. Haryanto, Dampak Covid-19 terhadap Pergerakan Nilai Tukar Rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Jurnal: The Indonesian Journal of Development Planning, Volume IV No. 2 Juni 2020 diakses melalui DOI: https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.114
  29. Haryati Puspa Sari, 425.796 Kasus Covid-19 di Indonesia, Waspadai Gelombang Kedua, dan Wanti-wanti Jokowi, diakses dari https://nasional.kompas.com/read/2020/11/06/08094281/425796-kasus-covid-19-di-indonesia-waspadai-gelombang-kedua-dan-wanti- wanti?page=all pada 7 Desember 2020 pukul 09.30 WIB
  30. Hendra Kusuma, Ini Prediksi Ekonomi RI Akhir Tahun Versi Sri Mulyani, Plus atau Minus?, detikFinance: Berita Ekonomi Bisnis, 9 Desember 2020, diakses melalui https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5287687/ini-prediksi-ekonomi-ri-akhir-tahun-versi-sri-mulyani- plus-atau-minus pada 9 Desember 2020 pukul 21.00 WIB
  31. Hermawan Kertajaya, Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran Hermawan Kertajaya, Jakarta: Erlangga, 2010
  32. Husni Awali dan Farida Rohmah, Urgensi Pemanfaatan E- Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19, Jurnal Ekonomi dan Bisis Islam, Volume 2 Nomor 1, Janurari Juni 2020
  33. Iskandar, Daftar Platform Belanja Online yang Paling Diburu Orang Indonesia Selama Pandemi, Liputan6.com: Tekno, Internet, 07 Juli 2020, diakses melalui https://www.liputan6.com/tekno/read/4297866/daftar-platform-belanja-online-yang-paling-diburu-orang-indonesia-selama-pandemi pada 15 Desember 2020 pukul 15.00 WIB
  34. Judy Stauss dan Raymond Frost, E-Marketing Seventh Edition, New Jersey: Pearson Education, Inc, 2004
  35. Kazutoshi Chatani, Helena Saenz de Juano, Stephan Ulrich, Januar Rustandie, dan Tendy Gunawan, Ketahanan hidup perusahaan hampir habis, pekerjaan semakin terancam: Temuan-temuan utama survei usaha terdampak Covid-19 dari program ILO-SCORE Indonesia, International Labour Organization: Mei 2020, diakses melalui https://www.ilo.org/jakarta/whatwedo/publications/WCMS_745054/lang-en/index.htm
  36. pada 11 Desember 2020 pukul 09.10 WIB
  37. Kementerian Koperasi dan usaha Kecil dan Menengah, Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017-2018, diakses dan di unduh melalui http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1580223129_ PERKEMBANGAN%20DATA%20USAHA%20MIKRO,%20KECIL,%20MENENGAH%20(UMKM)%20DAN%20USAHA%20BESAR%20(UB)%20TAHUN%202017%20-%202018.pdf pada 10 Desember 2020 pukul 10.30 WIB
  38. Melisa Siska Juminto, Adaptasi UMKM saat New Normal, JawaPos.com: Opini, Juni 2020, diakses melalui https://www.jawapos.com/opini/24/06/2020/adaptasi-umkm-saat-new- normal/ pada 04 Juli 2020 pukul 10.05 WIB
  39. Moh Farhor Rosi dan Masdukil Makruf, Pemanfaatan Media Sosial Untuk Penjualan Kue Kering Bangkit Kacang Di Era Pandemi Covid-19 Di Desa Pangongsean, SENIA: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, Vol 4 No 1,20 November 2020, diakses melalui http://proceeding.uim.ac.id/index.php/senias/article/view/508
  40. Muhammad Hendartyo, Survei BI: 72 Persen Pelaku UMKM Terdampak Pandemi Corona, Tempo: Bisnis, 2020, diakses melalui https://bisnis.tempo.co/read/1357762/survei-bi-72-persen-pelaku-umkm-terdampak-pandemi-corona/full&view=ok pada 10 Desember 2020 pukul 11.05 WIB
  41. Onny Widjanarko, Covid-19 Tekan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020, diakses melalui https://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/Pages/sp_225520.aspx pada 7 Desember 2020 pukul 11.00 WIB
  42. Rais Agil Bahtiar dan Juli Panglima Saragih, Dampak Covid-19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM, Info Singkat: Bidang Ekonomi dan Kebijakan Publik, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Vol. XII, No. 6/II/Puslit/Maret 2020, diakses melalui https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-XII-6-II- P3DI-Maret-2020-1982.pdf
  43. Resha Aditya Pratama, Covid 19 dan UMKM, Media Keuangan: Transparansi Informasi Kebijakan Fiskal, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Volume XV/No. 159/Desember 2020), diakses dan diunduh melalui https://www.kemenkeu.go.id/media/16857/media- keuangan-desember-2020.pdf pada 12 Desember 2020 pukul 10.00 WIB
  44. Riska Rahman, 37.000 SMESs hit by Covid-19 crisis as government prepares aid, The Jakarta Post: Business, 16 April 2020, diakses melalui https://www.thejakartapost.com/news/2020/04/16/37000-smes-hit-by-covid-19-crisis-asgovernment-prepares-aid.html pada 10 Desember 2020 pukul 09.00 WIB
  45. Rudi Yanto Batara Silalahi dan Martuahman Parlindungan Purba, Tren E-Commerce Selama Pandemi Covid 19 Di Indonesia, Jurnal Rekaman, Vol. 4, No. 3, Oktober 2020, diakses melalui http://ojs.jurnalrekaman.com/index.php/rekaman/
  46. Rullu Indrawan, Siap Bersama KUMKM Lawan Corona, Cooperative: Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Edisi No. 02/April2020, diakses dan diunduh melalui http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1592638534_Cooperative%20April%202020%20v2.pdf pada 09 Desember 2020 pukul 12.00 WIB
  47. Sandra Ayu dan Ahamda Lahmi, Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19, Jurnal Kajian Manajemen Bisnis,Vol. 9 (2) 2020), h. 114-123, diakses melalui DOI: https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100
  48. Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Peta Sebaran, diakses dari https://covid19.go.id/peta-sebaran pada 7 Desember 2020 pukul 09.00 WIB
  49. Shifa Nurhaliza, Ini Target Kontribusi UMKM Terhadap Ekonomi di 2020-2024, IDX Channel.com, Market News, 15 Mei 2020, diakses melalui https://www.idxchannel.com/market-news/ini-target-kontribusi- umkm-terhadap-ekonomi-di-2020-2024 pada 12 Desember 2020 pukul 21.15 WIB
  50. Silpa Hanoatubun, “Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia”, (EduPsyCouns Journal: Journal of Education, Psychology and Counselling, Volume 2 Nomor 1 (2020) ISSN Online : 2716-446,2020),h.146-153 diakses melalui
  51. https://ummaspul.e- journal.id/Edupsycouns/article/view/423
  52. Sudaryono., Efana Rahwanto., Ratna Komala., E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Enterpreneur Modern dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline, Jurnal Manajemen dan Bisnis Banten Jaya, Vol 2 No 01, Agustus 2020, diakses melalui DOI: https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis
  53. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1990
  54. Sukmadi, Inovasi dan Kewirausahaan, Bandung: Humaniora Utama Press, 2001
  55. Suryanto, 5 Fakta Menarik Harbolnas 12.12, Antaranews.com, 21 Desember 2020, diakses melalui https://www.antaranews.com/berita/1899664/5-fakta-menarik-harbolnas- 1212 pada 19 Desember 2020 pukul 10.00 WIB
  56. Tim detikcom, Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI?, Detik.com: Detik News,April 2020, diakses melalui https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona- pertama-kali-masuk-ri pada 10 April 2020 pukul 11.00 WIB
  57. Tira Santia, Berapa Jumlah UMKM di Indonesia? Ini Hitungannya, Liputan6.com; Bisnis, Ekonomi, 4 September 2020, diakses melalui https://www.liputan6.com/bisnis/read/4346352/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia-ini- hitungannya#:~:text=Oleh%20sebab%20itu%2C%20Kementerian%20Koperasi,untuk%20masuk%20ke%20ekosistem%20digital pada 10 Desember 2020 pukul 11.00 WIB
  58. Titis Nurdiana, Chatib Basri: Problem riil ekonomi muncul 2021, Indonesia butuh jump start,apa itu?, Kontan.co.id: Nasional/Makroekonomi, Juli 2020, diakses melalui https://nasional.kontan.co.id/news/chatib-basri-problem-riil-ekonomi-muncul-2021-indonesia-butuh-jump-start-apa-itu pada 04 Juli 2020 pukul 10.00 WIB
  59. Vadhia Lidyana, Kemenkeu Prediksi Ekonomi Kuartal IV-2020 Tumbuh 0,31%, detikFinance, Berita Ekonomi Bisnis, 4 November 2020, diakses melalui https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5241322/kemenkeu-prediksi-ekonomi-kuartal-iv-2020-tumbuh-031 pada 9 Desember 2020 pukul 11.00 WIB
  60. Wan Laura Hardilawati, Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19, Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No. 1, Juni 2020, diakses melalui DOI: http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae
  61. Yusuf, Deni Kamaludin, Badriah, dkk, Pengaruh Bencana Covid- 19, Pembatasan Sosial, dan Sistem Pemasaran Online Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Retail, Digital Librari UIN SUnan Gunung Djati, Juli 2020, diakses melalui http://digilib.uinsgd.ac.id/30872/ pada 05 Juli 2020 pukul 09.00 WIB
  62. Zed Mestika, Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004