Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dengan peserta didik kelas VII.A berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.C berjumlah 33 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t independen dan perhitungan nilai N-Gain. Pada uji-t independen untuk hasil postes kedua kelas sampel dengan taraf signifikan (? = 0,05) didapat angka sig.(2-tailed) = 0,011 < taraf signifikan (?) = 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning. Pada perhitungan nilai N-Gain didapat rata-rata angka N-Gain pada kelas eksperimen yakni 0,47 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,33 dengan kategori sedang juga, didapati bahwa angka kenaikan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari angka kenaikan pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.
Kata kunci : hasil belajar, model problem based learning
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O.P. (2013) Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press 2013.
- Andi Yunarsi Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkejene. STKIP Andi Matappa Pangkep.
- Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Fatma Erya dan Edy Surya. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada materi Himpunan Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Universitas Negeri Medan.
- Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mmatematika SD. Universitas Kristen Satya Wacana.
- Hake, Richard R. (1999). Analyzing Change/Gaine Score. Woodlands Hills, CA : American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Metodology.
- Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
- Jihad, Asep & Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
- Kurinasih, Imas dan Sani, Berlin. (2014). Sukses mengimplementasikan Kurikulum 2013.Yogyakarta: Kata Pena
- Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Aditama.
- Muhammad K dan Moch L. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. STKIP Al Hikmah Surabaya.
- Pasaribu, Mariani (2016). Tesis: Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematik Siswa Antara Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Kooperatif Tipe TPS Di SMP SWASTA Ampera Batang Kuis. UNIMED
- Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
- Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
- Ujiyati Cahyaningsih dan Anik Ghufron. (2016). Tesis: Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. UNY.
- Wijaya. (2001). Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.
- Wijayanto, M. (2009). Tesis: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dan Cooverative Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2008/2009. Surakarta: UNS.
Referensi
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O.P. (2013) Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press 2013.
Andi Yunarsi Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkejene. STKIP Andi Matappa Pangkep.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fatma Erya dan Edy Surya. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada materi Himpunan Peserta Didik Kelas VII SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Universitas Negeri Medan.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mmatematika SD. Universitas Kristen Satya Wacana.
Hake, Richard R. (1999). Analyzing Change/Gaine Score. Woodlands Hills, CA : American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Metodology.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Jakni. (2016). Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Jihad, Asep & Abdul Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kurinasih, Imas dan Sani, Berlin. (2014). Sukses mengimplementasikan Kurikulum 2013.Yogyakarta: Kata Pena
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Aditama.
Muhammad K dan Moch L. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. STKIP Al Hikmah Surabaya.
Pasaribu, Mariani (2016). Tesis: Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematik Siswa Antara Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Kooperatif Tipe TPS Di SMP SWASTA Ampera Batang Kuis. UNIMED
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Ujiyati Cahyaningsih dan Anik Ghufron. (2016). Tesis: Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berfikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. UNY.
Wijaya. (2001). Analisis Statistika dengan Program SPSS 10.0. Bandung: Alfabeta.
Wijayanto, M. (2009). Tesis: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dan Cooverative Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2008/2009. Surakarta: UNS.