Journal Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) contains the results of scientific research related to efforts to improve the quality of mathematics learning at the elementary and secondary school levels, as well as analysis of difficulties and abilities in learning school mathematics.


JP2MS was first published in August 2017 by the Department of Mathematics Education in collaboration with Unib Press, University of Bengkulu. JP2MS has been registered with eISSN 2581-253X based on Decree no. 0005.2581253X/JI.3.1/SK.ISSN /2017 starting edition Vol. 1, No. 1, August 2017.

Vol. 8 No. 2 (2024)

Published: August 31, 2024

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA PEMBELAJARAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI

Fina Lutpiani Thohari Fina Lutpiani Thohari (1), Mega Nur Prabawati Mega Nur Prabawati (2), Nani Ratnaningsih Nani Ratnaningsih (3)
(1) Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Siliwangi ,
(2) Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Siliwangi ,
(3) Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Siliwangi
144-152
114

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN

Nurul Wahyuni (1), Dodik Mulyono (2), Dona Ningrum Mawardi (3)
(1) Universitas PGRI Silampari ,
(2) Universitas PGRI Silampari ,
(3) Universitas PGRI Silampari
153-166
344

EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK SMKN 7 SEMARANG

Musyafak Musyafak (1), Supandi Supandi (2), Bayu Wardani (3), Agnita Siska Pramadyahsari (4)
(1) Universitas PGRI Semarang ,
(2) Universitas PGRI Semarang ,
(3) SMKN 7 Semarang ,
(4) Universitas PGRI Semarang
167-176
172

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SMP KELAS VIII PADA KONTEN BILANGAN DITINJAU DARI GENDER

Mayada Mayada (1), Fithria Ulfah (2), Arif Ganda Nugroho (3)
(1) UM Banjarmasin ,
(2) UM Banjarmasin ,
(3) UM Banjarmasin
177-190
166

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD

Royana Nafisa Sabiela (1), Rohani Anggita Permadani (2), Diana Ermawati (3)
(1) Universitas Muria Kudus ,
(2) Universitas Muria Kudus ,
(3) Universitas Muria Kudus
191-198
111

PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Muhammad Khaza Ilfa (1), Rasiman Rasiman (2), Hartati Hartati (3), Henry Januar Saputra (4)
(1) Universitas PGRI Semarang ,
(2) Universitas PGRI Semarang ,
(3) SD Negeri Tawangmas 01 ,
(4) Universitas PGRI Semarang
199-206
64

PENGEMBANGAN MEDIA MANIPULATIF DONTIK (DONAT STATISTIK) PADA MATERI STATISTIKA UNTUK KELAS VIII SMP/MTS

Farabi Muhammad Al (1), Fuadah Alifah Shofia (2), Khoirunnisak (3)
(1) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ,
(2) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ,
(3) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
207-217
271

IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTU MEDIA BAAMBOOLOZE TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDN TAWANG MAS 01

Shifliya Baroroh Rizqiyani (1), Khusnul Fajriyah (2), Hartati Hartati (3)
(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang ,
(2) Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang ,
(3) Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
218-225
111

ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN DATAR

Muhammad Boy Saputro (1), Rizky Esti Utami (2), Nora Widyastuti (3), Arfilia Wijayanti (4)
(1) Universitas PGRI Semarang ,
(2) Universitas PGRI Semarang ,
(3) SDN Gemah ,
(4) Universitas PGRI Semarang
226-233
111

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES LITERASI MATEMATIS BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK SISWA SD/MI

Risma Firda Diana (1), Siti Lailatul Fitriani (2)
(1) Prodi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Al Fithrah Surabaya ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Al Fithrah Surabaya
234-241
131

EFEKTIVITAS MEDIA KONKRET JELLYFISH MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS 1 MATERI PENGURANGAN SD NEGERI TAWANGMAS 01 SEMARANG

Novida Ismiyana (1), Agnita Siska Pramasdyahsari (2), Hartati Hartati (3), Henry Januar Saputra (4)
(1) Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang ,
(2) Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang ,
(3) Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang ,
(4) Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang
242-249
63

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK PEMAHAMAN NUMERASI MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS 2 SDN SARIREJO SEMARANG

Chlaresa Larasati (1), Ngurah Ayu Nyoman Murniati (2), Afina Farkhahani (3), Aryo Andri Nugroho (4)
(1) Universitas PGRI Semarang ,
(2) Universitas PGRI Semarang ,
(3) SDN Sarirejo Semarang ,
(4) Universitas PGRI Semarang
250-257
120

HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY (HLT) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Hikmi Inayah Hikmi (1), Mega Nur Prabawati (2), Nani Ratnaningsih (3)
(1) Prodi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi ,
(2) Prodi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi ,
(3) Prodi S2 Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi
258-267
133

PRAKTIKALITAS E-MODUL STATISTIKA SMK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

Nurul Shakinah (1), Sefna Rismen (2), Mulia Suryani (3)
(1) Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat
268-275
61

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN BERDASARKAN KRITERIA NEWMAN KELAS X E10 SMA KARTIKA 1-5 PADANG

Fauza Yolanda putri (1), Sefna Rismen (2), Ainil Mardiyah (3)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Sumatera Barat
276-283
6
View All Issues