Journal Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) contains the results of scientific research related to efforts to improve the quality of mathematics learning at the elementary and secondary school levels, as well as analysis of difficulties and abilities in learning school mathematics.


JP2MS was first published in August 2017. JP2MS has been registered with eISSN 2581-253X based on Decree no. 0005.2581253X/JI.3.1/SK.ISSN /2017 starting edition Vol. 1, No. 1, August 2017.

Vol. 7 No. 3 (2023)

Published: December 26, 2023

PENINGKATAN PRESTASI SISWA MENGGUNAKAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Amelia Shofie Maulida Baroroh (1), Sri Hariyani (2), Timbul Yuwono (3)
(1) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang ,
(2) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang ,
(3) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
323-334
37

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATERI BENTUK ALJABAR MELALUI STAD DI SMP SUNAN BONANG KRATON

Amaliyah Mukmilah (1), Andika Setyo Budi Lestari (2)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Wiranegara ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Wiranegara
335-344
61

ANALISIS PENTINGNYA SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMPN 14 KOTA SERANG PADA MATERI PYTHAGORAS

Novaliyosi Novaliyosi (1), Oom Romsih (2), Evia Yunita (3), Kiki Rizki Widiyastini (4), Athiyyah Nur Rahma (5), Syifa Subhiyati Syam (6), Mita Mita (7)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ,
(2) SMPN 14 Kota Serang ,
(3) SMPN 14 Kota Serang ,
(4) SMPN 14 Kota Serang ,
(5) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ,
(6) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ,
(7) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
345-354
45

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEMBAR KERJA PESETA DIDIK BERBASIS GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR

Riva Aulia (1), Maryana Maryana (2), Erna Isfayani (3), Fajriana Fajriana (4), Wulandari Wulandari (5)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIMAL ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIMAL ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIMAL ,
(4) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIMAL ,
(5) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIMAL
355-362
30

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SOAL PENALARAN MATEMATIS PADA MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK KEMAMPUAN PENALARAN

Sonia Anggraini Mundanti (1), Winda Ramadianti (2), Rahmat Jumri (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Bengkulu ,
(2) Universitas Muhammadiyah Bengkulu ,
(3) Universitas Muhammadiyah Bengkulu
363-370
83

PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERKONTEKS BENGKULU DAN TIDAK BERKONTEKS BENGKULU

Lusiyanti (1), Teddy Alfra Siagian (2), Dewi Rahimah (3), Ringki Agustinsa (4), Edi Susanto (5)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(4) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(5) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB
371-384
53

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Yunitha Centriana Uskono (1), Justin Eduardo Simarmata (2), Ferdinandus Mone (3)
(1) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Timor ,
(2) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Timor ,
(3) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Timor
385-394
28

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA

Maria Lidu (1), Justin Eduardo Simarmata (2), Eduardus Beo Seso Delvion (3)
(1) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Timor ,
(2) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Timor ,
(3) Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Timor
395-402
51

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Fitria Mardika (1), Sity Rahmy Maulidya (2)
(1) Prodi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang ,
(2) Prodi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang
403-411
34

ANALISIS EFEK POTENSIAL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Rine Jesika (1), Nyayu Masyita Ariani (2), Masri (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Bengkulu ,
(2) Universitas Muhammadiyah Bengkulu ,
(3) Universitas Muhammadiyah Bengkulu
412-420
69

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

Rora Rizki Wandini (1), Amandha Fhadillah Siregar (2), Fitri Ramadhani (3)
(1) PGMI UIN Sumatera Utara ,
(2) PGMI UIN Sumatera Utara ,
(3) PGMI UIN Sumatera Utara
421-426
79

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Intan Tiara Sakti (1), Zamzaili (2), Teddy Alfra Siagian (3), Hari Sumardi (4), Nur Aliyyah Irsal (5), Tria Utari (6)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(2) Universitas Bengkulu ,
(3) Universitas Bengkulu ,
(4) Universitas Bengkulu ,
(5) Universitas Bengkulu ,
(6) Universitas Bengkulu
427-440
35

PENGARUH GAME BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

Tri Atmajaya (1), Agus Susanta (2), Tria Utari (3), Edi Susanto (4), Della Maulidiya (5)
(1) Universitas Bengkulu ,
(2) Universitas Bengkulu ,
(3) Universitas Bengkulu ,
(4) Universitas Bengkulu ,
(5) Universitas Bengkulu
441-449
38

PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMAN 4 KOTA BENGKULU

Rika Fransiska (1), Ringki Agustinsa (2), Nurul Astuty Yensy (3), Dewi Rahimah (4), Ratnah Lestary (5), Effie Efrida Muchlis (6)
(1) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(4) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(5) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB ,
(6) Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP UNIB
450-461
34

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Yusnia Yusnia (1), Ike Kurniawati (2), Neza Agusdianita (3), Irfan Supriatna (4)
(1) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB ,
(2) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB ,
(3) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB ,
(4) Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNIB
462-467
8
View All Issues