Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik dengan analisi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII E tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 orang. Peningkatan aktivitas peserta didik siklus I sampai siklus II secara berturut-turut: 29,5 (kriteria cukup);35 (kriteria cukup). Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : memberikan soal latihan, meminta peserta didik bertanya tentang kesulitan yang mereka hadapi, dan memberikan perhatian khusus. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata latihan dan tes hasil belajar peserta didik siklus I sampai siklus II yaitu 60,06;dan 67,09 persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus II yaitu 41,93%; dan 70,09%. Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : membuat lembar kerja peserta didik yang bersesuaian dengan langkah- langkah model pembelajaran Group Investigation, menggunakan alat-alat ataupun media-media bantu dalam pembelajaran, membentuk kelompok heterogen, melibatkan peserta didik secara aktif, dan memberi hukuman.
Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Group Investigation.Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto ,S., Suhardjono., dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara.
- Aqib, Z., & Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrma Widya.
- Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 Mata pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
- Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
- Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Haridi. (2018). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Banyuwangi. Jurnal pendidikan dan matematikan Glasser, 7(2), 1 – 12.
- Nurlianti, L. E. Rusdi dan Susanta Agus.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 02 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.2. Hal (251-257).
- Rahmawati, N, Rusdi dan Hanifah.(2019). Penerapan Active Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.1. Hal (99-109).
- Budiman, R, Rusdi dan Muchlis, Effie.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.2. Hal (218-227).
References
Arikunto ,S., Suhardjono., dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Aqib, Z., & Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrma Widya.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 Mata pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Haridi. (2018). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Banyuwangi. Jurnal pendidikan dan matematikan Glasser, 7(2), 1 – 12.
Nurlianti, L. E. Rusdi dan Susanta Agus.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 02 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.2. Hal (251-257).
Rahmawati, N, Rusdi dan Hanifah.(2019). Penerapan Active Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.1. Hal (99-109).
Budiman, R, Rusdi dan Muchlis, Effie.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.2. Hal (218-227).