Main Article Content

Abstract

ABSTRAK   

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   meningkatkan   aktivitas   dan   hasil   belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik dengan analisi deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII E tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 orang. Peningkatan aktivitas peserta didik siklus I sampai siklus II secara berturut-turut: 29,5 (kriteria cukup);35 (kriteria cukup). Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : memberikan soal latihan, meminta peserta didik bertanya tentang kesulitan yang mereka hadapi, dan memberikan perhatian khusus. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai rata-rata latihan dan tes hasil belajar peserta didik siklus I sampai siklus II yaitu 60,06;dan 67,09 persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus II yaitu 41,93%;  dan 70,09%. Peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : membuat lembar kerja peserta didik yang bersesuaian dengan langkah- langkah model pembelajaran Group Investigation, menggunakan alat-alat ataupun media-media bantu dalam pembelajaran, membentuk kelompok heterogen, melibatkan  peserta  didik  secara  aktif,  dan  memberi  hukuman.  

Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Group Investigation.

Article Details

How to Cite
Agus Chandra, A. A., Rusdi, R., & Susanta, A. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKTAKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 179–189. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.179-189

References

  1. Arikunto ,S., Suhardjono., dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. PT Bumi Aksara.
  2. Aqib, Z., & Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrma Widya.
  3. Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 Mata pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  4. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  5. Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
  6. Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  7. Haridi. (2018). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA 1 MAN 2 Banyuwangi. Jurnal pendidikan dan matematikan Glasser, 7(2), 1 – 12.
  8. Nurlianti, L. E. Rusdi dan Susanta Agus.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 02 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.2. Hal (251-257).
  9. Rahmawati, N, Rusdi dan Hanifah.(2019). Penerapan Active Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.1. Hal (99-109).
  10. Budiman, R, Rusdi dan Muchlis, Effie.(2019). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMPN 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.2. Hal (218-227).