Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 36 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar dengan analisis deskriptif. Peningkatan rata-rata lembar observasi siklus I yaitu 20,125 (kriteria cukup) dan siklus II 25,875 (kriteria baik). Aktivitas ini ditingkatkan dengan cara memberikan LKPD yang berisikan masalah kontekstual, membentuk diskusi kelompok yang heterogen berdasarkan kemampuan akademis dan kedekatan antar peserta didik, peserta didik diminta agar ikut andil dan bekerja sama dalam kegiatan kelompok dan menuliskan nama-nama yang ribut saat diskusi kelompok, serta peserta didik disetiap kelompok menyampaikan pertanyaan atau tanggapan kepada penyaji saat diskusi kelas berlangsung. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai rata-rata tes hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 62,80; 73,75 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II yaitu 52,77%; 69,44%. Hasil belajar peserta didik ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi sebelumnya, mengkaitkan manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan soal latihan, memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Realistic Mathematics Education
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT RajaGrafindo
- Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: CV Yrama Widya
- Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Culemborg: Technipress
- Hasibuan, E. Muchlis, E. dan Yensy, N.A 2019. Validitas LKPD dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol. 3, No. 3, Hal 315-328
- Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
- Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
- Mulyasa. 2017. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
- Mutiara, P. Hanifah. dan Maizora, S. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition dan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.3, Hal 306-314
- Ningsih, Puji R. 2013. Penerapan Metode Realistic Mathematic Education (RME) Pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai di Kelas VII E SMP Impies Surabaya. Gamatika. Vol.3, No.2, Hal 177
- Ningsih, Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran di Sekolah. JPM IAIN Antasari. Vol.1, N0.2, Hal 73-94
- Rista dan Ariyanto. 2018. Pentingnya Pendidikan dan Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa. Vol.1, No.2, Hal 139-140
- Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
- Setiani, D. Hanifah dan Muchlis, Effie. 2017. Upaya meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.1, No.2, Hal (190-196)
- Shandy, May. 2016. Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.1, No.1, Hal 47-58
- Sudjana, nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Sudjiono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
- Undang-undang Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA-MA. 2013
- Wijaya, A. 2012. Pendidikan Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
- Yelli, Almi. 2019. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas VII.6 di SMP Negeri 1 Rambah . Jurnal Pendidikan Rokania. Vol.4, No.3. Hal 142
References
Adisusilo, Sutarjo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT RajaGrafindo
Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: CV Yrama Widya
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Culemborg: Technipress
Hasibuan, E. Muchlis, E. dan Yensy, N.A 2019. Validitas LKPD dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol. 3, No. 3, Hal 315-328
Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Lestari dan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama
Mulyasa. 2017. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Mutiara, P. Hanifah. dan Maizora, S. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition dan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.3, No.3, Hal 306-314
Ningsih, Puji R. 2013. Penerapan Metode Realistic Mathematic Education (RME) Pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai di Kelas VII E SMP Impies Surabaya. Gamatika. Vol.3, No.2, Hal 177
Ningsih, Seri. 2014. Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran di Sekolah. JPM IAIN Antasari. Vol.1, N0.2, Hal 73-94
Rista dan Ariyanto. 2018. Pentingnya Pendidikan dan Meningkatkan Motivasi Belajar Anak. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa. Vol.1, No.2, Hal 139-140
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Setiani, D. Hanifah dan Muchlis, Effie. 2017. Upaya meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol.1, No.2, Hal (190-196)
Shandy, May. 2016. Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.1, No.1, Hal 47-58
Sudjana, nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjiono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 2013 tentang KD dan Struktur Kurikulum SMA-MA. 2013
Wijaya, A. 2012. Pendidikan Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yelli, Almi. 2019. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas VII.6 di SMP Negeri 1 Rambah . Jurnal Pendidikan Rokania. Vol.4, No.3. Hal 142