Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik dari pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas VIII A dan Kelas VIII B, dimana kelas VIII A berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII B berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan uji-t independen, pada uji-t independen untuk hasil belajar kedua kelas sampel dengan taraf signifikan (? = 0,05) didapat nilai maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik dari hasil belajar matematika pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Ana, W., Nissa, I., & Abidin, Z. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 57-61.
- Efrida Muchlis, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, 136-139.
- Fathurahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
- Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Technipress
- Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
- Hanifah. (2019). Buku Model APOS: Pembelajaran Berbantuan Komputer. Bengkulu: CV. Zigie Utama.
- Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
- Israk'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Pendekatan Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
- Kusuma, N. (20013). pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Terhadap hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 104-113.
- Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
- Mudjiono, & Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Mujis, D., & Reynolds, D. (2011). Effective Teaching Evidence and Practice. london: SAGE Publication.
- Mutiara, P., Hanifah, & Mayzora, S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectualy Repetition dan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 306-314.
- Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Pendidik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
- Sri Anita Sari, B., Mayzora, S., & Hanifah . (2019). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dan Pendekatan Saintifik di Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 157-161.
- Setiani, D., Hanifah, & Efrida Muchlis, E. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 190-196.
- Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
- Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Wibowo, A., Hanifah, & Efrida Muchlis, E. (2019). Perbandingan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan realistic mathematics education dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 14 kota Bengkulu. Journal of Science Education.
- Wijaya, A. (2012). Pendidikan Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Referensi
Ana, W., Nissa, I., & Abidin, Z. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 57-61.
Efrida Muchlis, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, 136-139.
Fathurahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Technipress
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Hanifah. (2019). Buku Model APOS: Pembelajaran Berbantuan Komputer. Bengkulu: CV. Zigie Utama.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Israk'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Pendekatan Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusuma, N. (20013). pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Terhadap hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 104-113.
Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mudjiono, & Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mujis, D., & Reynolds, D. (2011). Effective Teaching Evidence and Practice. london: SAGE Publication.
Mutiara, P., Hanifah, & Mayzora, S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectualy Repetition dan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 306-314.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Pendidik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Sri Anita Sari, B., Mayzora, S., & Hanifah . (2019). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dan Pendekatan Saintifik di Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 157-161.
Setiani, D., Hanifah, & Efrida Muchlis, E. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 190-196.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, A., Hanifah, & Efrida Muchlis, E. (2019). Perbandingan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan realistic mathematics education dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 14 kota Bengkulu. Journal of Science Education.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.