Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education lebih baik dari pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling, kelas yang terpilih sebagai sampel adalah kelas VIII A dan Kelas VIII B, dimana kelas  VIII A berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII B berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan uji-t independen, pada uji-t independen untuk hasil belajar kedua kelas sampel dengan taraf signifikan (? =  0,05) didapat nilai  maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education lebih baik dari hasil belajar matematika pembelajaran ekspositori di kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu.

Keywords

hasil belajar Pendekatan RealisticMathematics Education Pembelajaran Ekspositori.

Article Details

How to Cite
Sari, D. M., Hanifah, H., Muchlis, E. E., & Siagian, T. A. (2021). Perbandingan Hasil BelajarMatematika antara Pendekatan Realistic Mathematics Education dan Pembelajaran Ekspositori di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(3), 452–461. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.3.452-461

References

  1. Ana, W., Nissa, I., & Abidin, Z. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 57-61.
  2. Efrida Muchlis, E. (2012). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Perkembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas II SD Kartika 1.10 Padang. Jurnal Exacta, 136-139.
  3. Fathurahman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
  4. Gravemeijer, K. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Technipress
  5. Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
  6. Hanifah. (2019). Buku Model APOS: Pembelajaran Berbantuan Komputer. Bengkulu: CV. Zigie Utama.
  7. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
  8. Israk'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Pendekatan Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Kusuma, N. (20013). pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Terhadap hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 104-113.
  10. Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
  11. Mudjiono, & Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Mujis, D., & Reynolds, D. (2011). Effective Teaching Evidence and Practice. london: SAGE Publication.
  13. Mutiara, P., Hanifah, & Mayzora, S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectualy Repetition dan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 306-314.
  14. Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan Profesionalitas Pendidik. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
  15. Sri Anita Sari, B., Mayzora, S., & Hanifah . (2019). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dan Pendekatan Saintifik di Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 157-161.
  16. Setiani, D., Hanifah, & Efrida Muchlis, E. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 190-196.
  17. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  18. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitiatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  19. Wibowo, A., Hanifah, & Efrida Muchlis, E. (2019). Perbandingan hasil belajar matematika peserta didik menggunakan pendekatan realistic mathematics education dengan pendekatan saintifik di SMP Negeri 14 kota Bengkulu. Journal of Science Education.
  20. Wijaya, A. (2012). Pendidikan Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.