Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 18 Kota Bengkulu. Teknik  pemilihan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling sehingga terpilih peserta didik kelas VIII.2 berjumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan pendekatan kontekstual tidak lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik menggunakan pembelajaran ekspositori, dengan  = 0,05 diperoleh perhitungan thitung = 1,67686 dan ttabel = 2,010635. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 89,84 dan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol adalah 85,04.

Article Details

How to Cite
Utami, P. S., Muchlis, E. E., & Rusdi, R. (2021). PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 18 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 202–212. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.202-212

References

  1. Anggreni, Winda. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Negeri 06 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.
  2. Bakhtiar, Faisal Azmi. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Strategi Team Games Tournament Berbasis Cartoon Art dan Elektro pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  3. Herawati, Anisa., Rusdi & Yensy, Nurul Astuty. 2019. Pengaruh Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Example Non Example di SMP N 7 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.
  4. Hosnan, M. 2016. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  5. Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung:Alfabeta
  6. Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  7. Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  8. Mahardhika, Winda Fadia. 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019.
  9. Mulyasa, E. 2017. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  10. Nugroho, Bayu Ardi. 2009. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Pokok Teorema Phytagoras SMP Negeri 2 Pemalang Tahun Ajaran 2008/2009. Universitas Negeri Semarang
  11. Riduwan & Sunarto. 2017. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi. Bandung: Alfabeta
  12. Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, praktik dan penilaian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  13. Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor. Ghalia Indonesia
  14. Sari, Ita Permata., Maizora, Syafdi & Yensi, Nurul Astuty. 2019. Perbandingan hasil Belajar Matematika Antara Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dengan Pembelajaran Ekspositori. Universitas Bengkulu.
  15. Sari, Santi Afrilia., Agustinsa, Ringki & Yensy, Nurul Astuty. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numered Heads Together (NHT) Berbasis Kontekstual dengan Pembelajaran Ekspositori di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu.
  16. Situmorang, Adi Suarman. 2016. Efektivitas Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen. Universitas HKBP Nommensen
  17. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
  18. Sukandarrumidi. 2012. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  19. Sundayana, Rostina. 2015. Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
  20. Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran : Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  21. Susetyo, Budi. 2015. Prosedur Penyusunan & Analisis Tes Untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: PT Refika Aditama.