Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas matematika peserta didik dengan menerapkan model Inquiry Learning di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 14 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 9,4%; dan 43,75%. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara : menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan permasalahan yang berkaitan dengan konsep, memberikan soal latihan, dan memberikan bimbingan kepada peserta didik yang kesulitan dengan membahas soal latihan. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar matematika peserta didik siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 28,75 ( kriteria cukup) dan 37,1 ( kriteria aktif). Peningkatan aktivitas peserta didik dapat dilakukan dengan cara : memberikan LKPD yang sesuai dengan langkah-langkah Inquiry Learning, menggunakan alat peraga atau media pembelajaran, melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Agju Jihan Indri Fashali, Syfadi Maizora, Effie Efrida Muchlis, Elwan Stiadi, Tria Utari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditam
- Hartati, Puji. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Guide Inquiry.(JP2MS). Vol 3, No.2.
- Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Kartini, Tahmid Sabri dan Zainuddin.(2015). Penggunaan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd 51 Sungai Kunyit.(Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa).Vol 4, No. 6.
- Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Aditama.
- Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
- Sari, Rahmi Maiyunda. Rusdi, Rusdi dan Maulidiya, Della. ( (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kota Bengkulu (JP2MS).Vol. 3, No. 1.
- Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Siagian, Roida Eva Flora dan Nurfitriyanti, Maya. (2012). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar.(Jurnal Formatif).Vol.2, No.1.
- Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Suhada, Hidayati. (2017). Model Pembelajaran Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA.Jurnal Pendidikan Dasar.Vol 8, No.2.
- Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
- Trinofita, Bella, Susanta A dan Hanifah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 11 Kota Bengkulu.(JP2MS).Vol.3, No.1
References
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditam
Hartati, Puji. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Guide Inquiry.(JP2MS). Vol 3, No.2.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kartini, Tahmid Sabri dan Zainuddin.(2015). Penggunaan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sd 51 Sungai Kunyit.(Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa).Vol 4, No. 6.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Aditama.
Sardiman, A.M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sari, Rahmi Maiyunda. Rusdi, Rusdi dan Maulidiya, Della. ( (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kota Bengkulu (JP2MS).Vol. 3, No. 1.
Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Siagian, Roida Eva Flora dan Nurfitriyanti, Maya. (2012). Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kreativitas Belajar.(Jurnal Formatif).Vol.2, No.1.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suhada, Hidayati. (2017). Model Pembelajaran Inquiry dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA.Jurnal Pendidikan Dasar.Vol 8, No.2.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Trinofita, Bella, Susanta A dan Hanifah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 11 Kota Bengkulu.(JP2MS).Vol.3, No.1