Main Article Content

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan aktivitas belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan lembar tes kemampuan pemahaman konsep akhir siklus. Aktivitas belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara melakukan tindakan pada setiap tahap model TTW, yaitu tahap Think peserta didik dituntut untuk membaca masalah, menanya dan mengumpulkan data secara mandiri, tahap Talk guru membimbing dan menghampiri peserta didik yang mengalami kesulitan dalam mengasosiasi serta membagi kelompok secara heterogen, tahap Write peserta didik dituntut untuk mengerjakan soal secara mandiri. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dengan rata-rata skor pada lembar observasi peserta didik siklus I sampai siklus II secara berturut-turut: 20,75 (kriteria cukup aktif); 27,87 (kriteria cukup aktif). Kemampuan pemahaman konsep dapat ditingkatkan dengan cara memancing pengetahuan awal, menemukan konsep dan penyelesaian soal. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dapat dilihat dari siklus I sampai siklus II dengan rata-rata persentase yaitu 53,07%; 71,85% dan ketuntasan belajar klasikal yaitu 28,5%; 57,1%.

Article Details

How to Cite
Sartika, F. F., Maizora, S., & Siagian, T. A. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP KOTA BENGKULU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TTW. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 394–404. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.394-404