Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek pada penelitian yaitu peserta didik kelas VII.5 yang berjumlah 37 orang. Materi pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah perbandingan dan atirmatika sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik. Indikator keberhasilan tindakan pada penelitian ini yaitu jika rata-rata aktivitas peserta didik berada pada kategori aktif dan rata-rata hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 dan ketuntasan belajar secara klasikal 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata aktivitas peserta didik di siklus I adalah 32,75 (cukup aktif) dan meningkat pada siklus II menjadi 45 (aktif). Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 64,57 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 59,46% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 72,05 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 70,27%.

 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ramadhanti, R., Rusdi, R., Hanifah, H., Siagian, T. A., & Lestary, R. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII. JP2MS, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.13-22

Referensi

  1. Aqib, Z., Jaiyarohi, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
  2. Ayuwanti, I. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan Vol.1 No.2, 105-114.
  3. Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
  4. Lestari, S. (2017). Penerapan Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifkan Siswa Materi Statistika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 156.
  5. Rahmah, A., Muchlis, E. E., & Herawaty, D. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Menggunakan Soal Cerita. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah, 117.
  6. Rahmawati, N., Rusdi, & Hanifah. (2019). Penerapan Model Active Learning With A Question Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 105.
  7. Saraswati, A. M., & Saefudin, A. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 91.
  8. Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan oleh Narulita Yusron. 2016. Bandung: Penerbit Nusa Media.
  9. Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  10. Utami, A. T., Rusdi, & Agustinsa, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 25.