Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C SMPN 7 Kota Bengkulu. Pemahaman konsep ditingkatkan dengan peserta didik belajar dengan media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), soal latihan yang memuat indikator pemahaman konsep dan diberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKPD dan memahami materi. Persentase pencapaian seluruh peserta didik untuk setiap indikator pemahaman konsep dari pra siklus hingga siklus I secara berturut-turut yaitu 46,09%;61,22% dengan pencapaian tiap indikator yaitu ; (1) menyatakan ulang konsep : 57,14%;69,09%. (2) mengklarifikasi objek atau sifat sesuai konsepnya : 60,71%;85,71%. (3) memberikan contoh dan bukan contoh : 80,95%;88,1%. (4) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis : 53,37%;66,67% (5) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup : 33,33%;70,24%. (6) menggunakan atau memanfaatkan operasi tertentu : 15,47%;17,86%. (7) mengaplikasikan konsep dan algoritma dalam pemecahan masalah 21,43%; 30,85%.
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arikunto S., & Jabbar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
- Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara
- Aqib Z, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : Yrama Widya
- Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media
- Djamilah, Soraya., & Zulkarnain, Iskandar. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 03 (01), 105-107.
- Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R., (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (2). 141.
- Hamzah, A., & Muhlisraini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Raja Grafindo
- Hendriana & Soemarno. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
- Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
- Mawaddah, S., & Maryanti, R. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Matematika. 04 (1), 76-85.
- Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
- Salsabillah, F.S., Yensy B, N.A., & Maizora, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assisted Individualized) Berbantuan LKPD Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (1). 112.
- Setiabudi, A., Susanta, A., & Maulidiya, D. (2019). Efektivitas LKPD dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (2). 229-230.
- Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
- Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Referensi
Arikunto S., & Jabbar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara
Aqib Z, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung : Yrama Widya
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media
Djamilah, Soraya., & Zulkarnain, Iskandar. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 03 (01), 105-107.
Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R., (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (2). 141.
Hamzah, A., & Muhlisraini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Hendriana & Soemarno. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Mawaddah, S., & Maryanti, R. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Matematika. 04 (1), 76-85.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Salsabillah, F.S., Yensy B, N.A., & Maizora, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assisted Individualized) Berbantuan LKPD Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas VIII.2 SMPN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (1). 112.
Setiabudi, A., Susanta, A., & Maulidiya, D. (2019). Efektivitas LKPD dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 03 (2). 229-230.
Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya