Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat kognitif soal latihan dan persentase pada masing-masing tingkat kognitif soal latihan buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi. Jenis penelitian ini yakni studi literatur. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal latihan materi lingkaran. Sumber data pada penelitian ini yaitu buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VIII yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkat kognitif Taksonomi Bloom diperoleh bahwa pada buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 kelas VIII semester II telah memuat enam kategori tingkat kognitif tersebut yang meliputi tingkat kognitif C1(mengingat/remember),C2 (memahami/understand), C3(mengaplikasikan/apply), C4 (menganalisis/analyze), C5 (mengevaluasi/evaluate), dan C6 (mencipta/create). Persentase kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi lingkaran yakni C1 (remember) 2,30%, C2 (understanding) 12,64%, C3 (applying) 72,41%, C4 (analyze) 4,60%, C5 (evaluate) 4,60 %, dan C6 (create) 3,45%. Berdasarkan persentase soal tersebut menunjukkan bahwa proporsi soal-soal pada pokok bahasan lingkaran belum memenuhi kriteria perbandingan soal yang mendukung Kompetensi Dasar pembelajaran terutama dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.

Keywords

Analisis Soal Taksonomi Bloom Tingkat Kognitif

Article Details

How to Cite
Lestari, G. P., Yensy, N. A., Hanifah, H., Agustinsa, R., & Susanto, E. (2022). ANALISIS SOAL LATIHAN BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VIII MATERI LINGKARAN BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 23–31. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.23-31

References

  1. Ahmad, Iqbal F. 2019. Analisis Higher Order Thinking Skills (hots) Pada Soal Ujian Akhir Siswa Kelas 6 KMI dalam Kelompok Mata Pelajaran Dirasah Islamiyah di Pondok Modern Tazakka Batang. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 16 Nomor 2.
  2. Alfajri, A.R, Maizora, S, & Agustinsa, R. 2019. Kepraktisan Soal-Soal Higher Order Thinking Untuk Menghasilkan Soal Yang Praktis Untuk Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Volume 3, Nomor 2.
  3. BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
  4. BSNP. 2014a. Deskripsi Instrumen I Penilaian Buku Teks Matematika. Jakarta : Badan Standar Nasional Pendidikan.
  5. Giani, Zulkardi, dan Hiltrimartin. 2015. Analisis Tingkat Kognitif Soal-soal Buku Teks Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 9 no 2.
  6. Islah, Zamsir, Mukhsar, & Rahman. 2019. Klasifikasi Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Anderson Di SMP Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 4 No 2.
  7. Isrok’atun, & Rosmala, A. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  8. Kemendikbud. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  9. Lestari, K. E., Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  10. Permendiknas Nomor 11 Tahun 2005 tentang Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
  11. Suharman, A & Romadhona, R. 2020. Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester I Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom, Jurnal Tanjak: Journal of Education and Teaching, Vol 1 No. 1.
  12. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  13. Utami, F.R, Susanta Agus, Yensy, N.A. 2017. Pengaruh Pembelajaran Dengan Teknik Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Volume 1 Nomor 2.
  14. Wulandari, Hanifah, & Maizora, S. 2019. Deskripsi Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. Volume 3, No. 2.
  15. Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia