Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal beserta persentase soal pada masing-masing tingkat kognitif dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (descriptive research). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika kelas VIII kurikulum 2013 Semester II revisi 2017 yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkat kognitif pada Taksonomi Bloom revisi, soal-soal pada pokok bahasan Teorema Pythagoras berada pada kategori tingkat kognitif C1-Mengingat sebesar 1,80% (2 butir pertanyaan), C2-Memahami sebesar 8,11% ( 9 butir pertanyaan), C3-Mengaplikasikan sebesar 75,68% (84 butir pertanyaan), C4-Menganalisis sebesar 8,10% (9 butir pertanyaan), C5-Mengevaluasi sebesar 6,31% (7 butir pernyataan) dan C6-Mencipta tidak ada sama sekali.
Kata kunci: Analisis Soal, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Taksonomi Bloom

Article Details

How to Cite
rahayu, lussiya sri, susanta, agus, & Yensy, N. A. (2021). ANALISIS SOAL PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 50–57. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.50-57

References

  1. Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Effendi, Ramlan . (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mtematika. Vol 2 no 1
  3. Fitraningrum, N., Sunarno, W., & Wibowo, D. H. (2013). Analisis Miskonsepsi Gerak Melingkar pada Buku Sekolah Elektronik Fisika SMA Kelas X Semester 1. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 1, No. 1.
  4. Islah, Zamsir, Mukhsar, & Rahman. (2019). Klasifikasi Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi Anderson Di SMP Kota Kendari . Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 4, No. 2 .
  5. Kemendikbud. (2017). Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
  6. Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 71 tahun 2013.
  8. Peraturan Pemerintah nomor 32 tahun 2013.
  9. Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosdakarya.
  10. Suharman, Agus & Ramadhona, Rezky. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. Jurnal Tanjak: Journal of Education and Teaching , Vol 1, No.1.
  11. Susanti, N.Y., Trapsilasiwi, & D., Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol 6, No.1.
  12. Wijayanto, Wibisono, A., & Menarianti, I. (2016). Pengembangan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Dilengkapi Media Evaluasi Mandiri Peserta didik Berbasis Protable Docoment Format. Jurnal Informatika UPGRIS, Vol 2, No 2.