Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Jenis penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam  penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 29 peserta didik. Materi pelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah bangun ruang sisi datar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta didik. Indikator keberhasilan tindakan pada penelitian ini yaitu jika rata-rata aktivitas peserta didik berada pada kategori aktif dan rata-rata hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70 dan ketuntasan belajar secara klasikal 70%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata aktivitas peserta didik di siklus I adalah 24,87 (cukup aktif)) dan meningkat pada siklus II menjadi 27,12  (cukup aktif). Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 57,27 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 37,93% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 62,17 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 64,28%.

 

Kata kunci : Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Numbered Head Together

 

Article Details

How to Cite
Putri, H. D., Maizora, S., Irsal, N. A., & Utari, T. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 30–40. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.30-40

References

  1. Aqib, Z. & Diniati, E & Jaiyaroh, S. & Khotimah, K. 2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  2. Arikunto, S. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Bumi Aksara.
  3. Lukito, Sandi., Maizora, Syafdi., & Hanifah.2019. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 296.
  4. Mu’alimin & Cahyadi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Pasuruan: Ganding Pustaka.
  5. Nikmatinafiah, Rizki., Maizora, Syafdi., & Yensy B, Nurul Astuty. 2019. Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Make A Match dan Scramble. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 276.
  6. Rahmah, A., Muchlis, E. E., & Herawaty, D.2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Menggunakan Soal Cerita. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sekolah, 1(2), 117.
  7. Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  8. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
  9. Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
  10. Yudiastuti, Gusti Ayu Kd, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Benda Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Gugus 1 Dalung Kecamatan Kuta Utara, (Online), Vol.2, No.1, (https://ejournal.undiksha.ac.id),diakses 6 Desember 2018).