Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan lingkaran kelas VIII SMPN 7 Kota Bengkulu Tahun ajaran 2019/2020. Sebanyak 29 peserta didik kelas VIII C dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tentang lingkaran yaitu: a) kesalahan menentukan unsur juring lingkaran dilakukan oleh 65,52% peserta didik, b) kesalahan menentukan tali busur lingkaran dilakukan oleh 20,69% peserta didik, c) kesalahan dalam menentukan konsep hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama dilakukan oleh 17,24% peserta didik, d) kesalahan dalam operasi bilangan bulat dilakukan oleh 31,03% peserta didik, e) kesalahan dalam menentukan rumus panjang lintasan pada roda yang berputar dilakukan oleh 31,03% peserta didik, f) kesalahan dalam menentukan rumus keliling atau luas lingkaran dilakukan oleh 24,14% peserta didik, g) kesalahan dalam menggunakan rumus untuk menentukan luas tembereng dilakukan oleh 37,93% peserta didik, dan h) kesalahan dalam menggunakan konsep untuk menghitung keliling daerah yang diarsir dilakukan oleh 13,79% peserta didik.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afandi, Muhammad & Chamalah, Evi & Puspita Wardani, Oktarina (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di sekolah.Semarang: Unissula Press.
- Anwar, Z, & Hidayani.(2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Jurnal Mercumatika 4, 71-79.
- Arifin, Zainal (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Arikunto, Suharsimi (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
- Hanifah (2019). Buku Model APOS Pembelajaran Berbantuan Komputer. Bengkulu: Zigie Utama.
- Harahap, Z.I.S., Muchlis, E.E., & Maulidiya, Della (2019). Faktor-faktor Penyebab Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Kubus dan Balok. JP2MS 3, 342-352.
- Jayanti, R.A, & Hidayat, W.(2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran. JPMI 3, 259-272.
- Kusuma, M.(2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan.
- Nurianti,E.,Halini & Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal FKIP Matematika Untan, 1-11.
- Pratiwi, S.E.P., Muchlis, E.E., & Susanta, Agus (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Pecahan. JP2MS 3, 384-392.
- Ramadhani, W.(2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Universitas Medan, 1-9.
- Saktiawan, O.S., Maulidiya, Della. & Siagian, T.A. (2019). Jenis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel. JP2MS 3, 393-401.
- Salle, N, & Pai’pinan, M.(2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Topik Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas VIII C SMP YPK HEDAM Semester Genap. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya 3, 23-30.
- Soedjadi (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas.
- Sudjana, Nana (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Susanto, E, & Rusdi (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
- Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
- Troutman, Andria, P. & Lichtenberg, Betty, K. (1982). Mathematics A Good Beginning. California: Wadsworth, Inc.
- Widdiharto,Rachmadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remedinya. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.
- Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
References
Afandi, Muhammad & Chamalah, Evi & Puspita Wardani, Oktarina (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di sekolah.Semarang: Unissula Press.
Anwar, Z, & Hidayani.(2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran. Jurnal Mercumatika 4, 71-79.
Arifin, Zainal (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Hanifah (2019). Buku Model APOS Pembelajaran Berbantuan Komputer. Bengkulu: Zigie Utama.
Harahap, Z.I.S., Muchlis, E.E., & Maulidiya, Della (2019). Faktor-faktor Penyebab Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Kubus dan Balok. JP2MS 3, 342-352.
Jayanti, R.A, & Hidayat, W.(2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran. JPMI 3, 259-272.
Kusuma, M.(2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Multi Kreasi Satudelapan.
Nurianti,E.,Halini & Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas VIII SMP. Jurnal FKIP Matematika Untan, 1-11.
Pratiwi, S.E.P., Muchlis, E.E., & Susanta, Agus (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Pecahan. JP2MS 3, 384-392.
Ramadhani, W.(2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Universitas Medan, 1-9.
Saktiawan, O.S., Maulidiya, Della. & Siagian, T.A. (2019). Jenis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel. JP2MS 3, 393-401.
Salle, N, & Pai’pinan, M.(2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Topik Keliling dan Luas Lingkaran di Kelas VIII C SMP YPK HEDAM Semester Genap. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pembelajarannya 3, 23-30.
Soedjadi (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta : Depdiknas.
Sudjana, Nana (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susanto, E, & Rusdi (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning. Bengkulu: Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Troutman, Andria, P. & Lichtenberg, Betty, K. (1982). Mathematics A Good Beginning. California: Wadsworth, Inc.
Widdiharto,Rachmadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remedinya. Yogyakarta : PPPPTK Matematika.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.