Main Article Content
Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyelesaiakan soal tentang segi empat dan segitiga sehingga melakukan kesalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal segiempat dan segitiga berdasarkan teori Newman. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII.3 SMP Negeri 14 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik data menggunakan tes tertulis dan wawancara. Instrumen pada penelitian ini adalah soal tes yang dianalisis menggunakan indikator kesalahan Newman. Berdasarkan hasil analisis data bahwa peserta didik melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 30%;(2) pemahaman pemahaman soal sebesar 41%; (3) kesalahan transformasi soal sebesar 0%; (4) proses kesalahan keterampilan sebesar 20%; dan (5) kesalahan jawaban jawaban akhir sebesar 9%
Kata kunci: Diagnosis 1, Teori Newman, Segiempat dan Segitiga.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.