Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal dan persentase soal yang terdapat dalam buku teks matematika Kelas VIII berdasarkan taksonomi Bloom yang telah direvisi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal pada buku teks matematika SMP/MTs Kelas VIII edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkatan proses kognitif pada taksonomi Bloom Revisi, soal latihan Matematika SMP kelas VIII semester 1 materi koordinat Kartesius pada soal esai menunjukkan tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak 67,74% (21 butir soal), C2 (memahami) sebanyak 19,35% (6 butir soal), C3 (menerapkan) sebanyak 9,68 % (3 butir soal), C4 (menganalisis) sebanyak 3,23 % (1 butir soal) dan pada level C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta) sebanyak 0% (0 butir soal). Dari 20 soal pilihan ganda diperoleh tingkat kognitif C1 (mengingat) sebanyak 100% (20 butir soal), C2 (memahami) sebanyak 0% (0 butir soal), C3 (menerapkan) sebanyak 0 % (0 butir soal), C4 (menganalisis) sebanyak 0 % (0 butir soal) dan pada level C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta) sebanyak 0% (0 butir soal).

Kata kunci : Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

Article Details

How to Cite
Rani, A. Y., Maizora, S., & Rusdi, R. (2021). Analisis Soal Latihan Buku Teks Matematika Kelas VIII Materi Koordinat Kartesius Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 213–220. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.213-220

References

  1. Afrita, M., Darussyamsu, R. 2020. Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu. Vol. 4(2). 129-142.
  2. Ahmad, I. F & Sukiman. 2019. Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Soal Ujian Akhir Siswa Kelas 6 KMI dalam Kelompok Mata Pelajaran Dirasah Islamiyah di Pondok Modern Tazakka Batang. JPAI. Vol. XVI (2). 137-164.
  3. Anderson, L.W., dan Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  4. Depdiknas. 2008. Permendiknas Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku. Jakarta: Depdiknas.
  5. Kemendikbud. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
  6. Lukito, S., Hanifah, H., Maizora, S. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol. 3 (3). Hal 293-300.
  7. Pradita, M, R., Lubis, F. 2018. Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Basastra. Vol. 7 (4). 281-294.
  8. Redhana, I.W. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol. 13 (1). 2239-2253.
  9. Setiawati, Wiwik dkk. 2018. Buku Penilaian Beroerientaasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.