Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi kegiatan mengamati pada buku teks matematika SMP kelas VII semester 2 berdasarkan Pendekatan Saintifik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman analisis materi kegiatan mengamati pada buku teks matematika SMP Kelas VII Semester 2 berdasarkan Pendekatan Saintifik. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs Kelas VII yang di susun oleh Abdur Rahman As’ari, dkk. Penerbit  Pusat Kurikulum dan Perbukuan, balitbang, Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi kegiatan mengamati dalam buku teks matematika pada bab perbandingan terdapat beberapa subbab yang masih memerlukan peyempurnaan materi kegiatan mengamati yaitu subbab 5.1; subbab 5.2; subbab 5.3; subbab 5.4; dan subbab 5.5.  dalam bab garis dan sudut terdapat beberapa subbab yang masih memerlukan  penyempurnaan materi kegiatan mengamati pada subbab 7.3 dan 7.4 bagian pertama. Dan dalam bab segiempat dan segitiga terdapat subbab yang masih memerlukan penambahan materi untuk penyempurnaan materi kegiatan mengamati pada subbab 8.1 dan subbab 8.2.

Keywords

Analisis Kegiatan Mengamati Buku Teks Pendekatan Saintifik

Article Details

How to Cite
Astria, R., Rusdi, R., Irsal, N. A., & Siagian, T. A. (2022). ANALISIS MATERI KEGIATAN MENGAMATI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII SEMESTER 2 BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 32–39. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.32-39

References

  1. Anisah, A & Aziza, (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon : Jurnal Logika, Vol 18, No 3 :1-18
  2. Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta : Gava Media.
  3. Fitriana, dkk. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Melihat Berpikir Kritis Siswa Materi Perbandingan. Universitas Sriwijaya.
  4. Ikhwandi, Dkk. (2015). Telaah Kesesuaian Buku Guru Matematika Kelas X Kurikulum 2013 Berdasarkan Pendekatan Saintifik. Universita Jember : Pancaran, Vol. 4, No. 1 : 117-128
  5. Limiansih, K. (2016). Analisis Buku : Bagaimana Kurikulum 2013 memfasilitasi Berkembangnya Keterampilan Mengamati Pada Siswa Kelas 1, 2, 4, dan 5?. Universitas Sanata Dharma. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol.1, No.1, hal : 51-62.
  6. Muklis, Y, M & Setyaningsih, N. (2015). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Implementasi Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Auntentik. Universitas Muhammadiyah Surakarta : Prosiding Seminar Nasional Matematka dan Pendidikan Matematika UMS 2015, ISBN : 978.602.361.002.0
  7. Oktavia, R., Maizora, S., & Rusdi. (2019). Deskripsi Kesalahan Siswa SMP Dalam Mengidentifikasi Segiempat Dan Segtiga Berdasakan Sifat Sisi Dan Sudut. Universitas Bengkulu : Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol.3, No.3, hal : 335-341.
  8. Rhosalia, L, A. (2017). Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban : JTIEE, Vol.1, No.1, hal : 59-77.
  9. Sari, BSA., Maizora, S., & Hanifah. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Dan Pendekatan Saintifik Di Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Universitas Bengkulu : Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No. 2, hal :157-161
  10. Silaen, DY., Hanifah., & Maulidiya, D. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW). Universitas Bengkulu : Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol.2, No.1, hal : 68-75.
  11. Susilana, R. & Ihsan, H. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Imlementasi Kurikulum 2013 Berdasarkan Kajian Teori Psikologi Belajar. Universitas Pendidikan Indonesia : Edutech, Vol.1, No.2, hal : 183-195.
  12. Utami, AT., Rusdi., & Agustinsa, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Uniersitas Bengkulu : Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No. 1, hal :21-30
  13. Utami, T. (2017). Penanaman Kompetensi Inti Melalui Pendekatan Saintifik Di Paud Terpadu An-Nuur. IAIN Surakarta.Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol.1, No.2, hal :91-100
  14. Wahyuningrum, H. & Murtiyasa, B. (2017). Analisis Materi dan Soal Matematika Dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi TIMSS. Universitas Muhammadiyah Surakarta, ISSN : 2502-6526.